Home Auto News Data Spesifikasi Honda CR-V 2017 vs X-Trail dan Santa Fe

Data Spesifikasi Honda CR-V 2017 vs X-Trail dan Santa Fe

Honda CR-V, Sudah menjadi rahasia umum bahwa ada pergeseran tren di pasar mobil, termasuk di Indonesia. Apabila sebelumnya mobil MPV masih menjadi primadona, kini perlahan masyarakat mulai terpikat dengan mobil SUV. Alhasil banyak produsen ternama yang meluncurkan mobil baru yang memanaskan segmen SUV di Tanah Air.

Tentu bukan tanpa alasan mobil bertubuh kekar ini disukai banyak orang. Performanya yang tangguh, ground clearance yang tinggi dan kabin yang lapang menjadi salah satu kunci mengapa mobil SUV mulai dibanjiri peminat. Dengan ground clearance yang tinggi mobil dapat melahap medan on-road maupun off-road dengan lebih mudah.

Jika melirik berita otomotif belakangan ini, kita dibuat penasaran dengan rumor akan hadirnya All New Honda CR-V. Di kelasnya mobil Honda ini bersaing dengan Nissan X-Trail dan Hyundai Santa Fe. Harus diakui bahwa penyegaran yang dilakukan Honda cukup terlambat. Pasalnya sebelumnya Nissan Indonesia menawarkan varian Xtremer sebagai pilihan baru untuk X-Trail. Sementara Hyundai Santa Fe sudah mendapat penyegaran sebanyak dua kali dengan tawaran varian Sport dan Limited Edition.

Walaupun demikian bukan berarti Honda tidak mempertimbangkan segala aspek. Menurut kabar mobil SUV Honda ini akan menawarkan spesifikasi yang mendapat ubahan signifikan. Untuk lebih lengkap Anda bisa membaca ulasan kami sebelumnya pada tautan di bawah ini.

Baca juga: Honda CR-V 2017 Indonesia, Bocoran Varian dan Harga

Pada kesempatan kali ini akan dikupas perbandingan spesifikasi antara Honda CR-V generasi terbaru dengan Nissan X-Trail dan Hyundai Santa Fe. Berikut ulasan selengkapnya yang dapat Anda baca, sebagaimana melansir dari Dapurpacu.

Eksterior

Tidak cukup sulit untuk mencari gambaran desain eksterior CR-V terbaru. Mobil ini sebelumnya sudah hadir di negara tetangga, Thailand. Kemungkinan desain Honda CR-V Indonesia tidak akan berbeda jauh dengan yang dijual di sana. Honda melakukan ubahan desain dengan sentuhan lebih tegas. Juga tampak kesan futuristik yang membuatnya lebih menarik dibandingkan model sebelumnya.

Melirik bagian depan, mobil Honda ini dilengkapi dengan lampu jenis projector Halogen dan LED DRL plus fitur auto on/off. All New CR-V juga dilengkapi dengan shark fin antena, dual exhaust untuk varian turbo, sunroof dan velg berdiameter 18 inci. Alhasil tampilannya tidak hanya modern, namun juga terkesan mewah. Disebutkan bahwa ground clearance-nya lebih tinggi dari model sebelumnya yang mencapai 170 mm. Hanya saja kemungkinan tidak lebih tinggi dari kompetitor.

Sementara Nissan X-Trail juga memiliki desain yang cukup menarik. Dibandingkan dengan desain model lamanya, X-Trail tampil lebih segar dan terbebas dari gaya desain kaku. Hanya saja desain SUV Nissan ini masih dirasa minim tarikan panjang dan aksen. Grille berbentuk ‘V’ yang menjadi ciri khas mobil Nissan juga disematkan pada mobil ini.

Khusus untuk varian Xtremer hadir dengan tampilan yang lebih berkelas. Pasalnya model ini sudah dilengkapi body Xtremer kit, lampu utama LED dan DRL. Juga tersedia fitur auto on/off dan follow me home yang menjadi kelengkapan standar untuk semua model.

Supaya lebih terlihat menarik, Nissan menyematkan single exhaust with finishing dan pelek berukuran 17 inci. Ground clearance Nissan X-Trail cukup tinggi, yakni mencapai 210 mm. Hal ini membuat mobil bisa dengan mudah melalui jalanan yang tidak rata.

Dari ketiga mobil SUV ini, Hyundai Santa Fe boleh jadi mengusung desain yang paling menggoda. Perlu diketahui, desain Santa Fe ini merupakan hasil tangan desainer andal dari salah satu produsen mobil Eropa ternama, Audi. Mobil asal Negeri Ginseng ini kental dengan unsur elegan.

Di bagian depan terdapat grille hexagonal yang khas, dengan aksen krom dan lampu persegi jenis projector dan juga tambahan LED. Tidak hanya itu, Hyundai juga membenamkan panoramic sunroof, dual exhaust dan pelek 18 inci. Untuk ground clearance sama seperti X-Trail, mencapai 210 mm.

Interior

Untuk urusan interior, ketiga mobil ini juga bersaing cukup ketat. Baik CR-V generasi terbaru, X-Trail maupun Santa Fe sudah memberikan akomodasi tujuh penumpang. Hal ini membuat pengguna tidak perlu khawatir bila ingin membawa keluarga pergi rekreasi.

Nissan X-Trail dan Hyundai Santa Fe yang ada di Indonesia sudah dilengkapi dengan konfigurasi tempat duduk 5 + 2. Nantinya Honda CR-V juga akan hadir dengan konfigurasi 3 baris bangku.

Sementara untuk bagian dasbor Santa Fe mengusung desain yang terkesan lebih menarik. Unsur futuristik dibubuhkan di bagian ini, dengan tarikan yang lebih memikat. Lalu untuk sistem hiburan sudah tersedia head 2 DIN yang sudah dilengkapi pemutar audio modern. Untuk X-Trail Xtremer lebih menarik karena mengusung layar 10 inci. Sementara CR-V terbaru kabarnya akan mengusung layar berukuran 7 inci dan 9 inci.

Mesin

Berpindah ke dapur pacu, Nissan X-Trail menjadi jawaranya. Betapa tidak, mobil asal Jepang ini ditawarkan dalam dua varian mesin, yakni bensin 2.0 liter dan 2.5 liter dengan transmisi X-Tronic CVT. Selain itu juga tersedia pilihan mesin Hybrid yang modern. Menurut data, X-Trail dapat mengeluarkan tenaga sebesar 143 hp hingga 171 hp untuk versi mesin 2.5 liter. Sementara torsi paling tinggi menembus angka 224 Nm.

Tak mau kalah, Hyundai Santa Fe juga memiliki dua pilihan mesin. Yakni 2.4 liter bensin dan 2.2 liter diesel. Untuk versi mesin bensin mempunyai tenaga sebesar 176 hp. Lalu mesin diesel mempunyai daya 196 hp.

Fitur

Beralih ke urusan fitur, lagi-lagi Nissan X-Trail lebih unggul. Mobil SUV Nissan ini memiliki tawaran fitur yang lebih banyak dibandingkan Santa Fe. Baik fitur keamanan maupun kenyamanan. Akan tetapi khusus Hyundai Santa Fe edisi terbatas dilengkapi dengan fitur eagle eye view yang cukup menarik. Fitur ini akan membantu pengemudi saat hendak parkir.

Sedangkan Honda CR-V 2017, menurut data spesifikasi yang bocor dilengkapi dengan sederet fitur yang hampir seluruhnya terdapat pada rivalnya. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan ada fitur menarik lain pada mobil Honda ini. Untuk lebih pastinya bisa ditunggu saat resmi dirilis nanti.

Harga

Hyundai Santa Fe Indonesia tersedia dalam 4 tipe. Antara lain Santa Fe Gasoline AT yang dibanderol Rp 495 juta, Santa Fe CRDi AT Rp 539 juta dan Santa Fe Gasoline Limited Rp 506 juta. Lalu untuk harga Hyundai Santa Fe CRDi Limited menjadi yang termahal dengan banderol Rp 550 juta.

Sama seperti rivalnya, Nissan X-Trail juga tersedia dalam 4 tipe. Antara lain 2.0 M/T Rp 404,5 juta, 2.0 CVT Rp 429,45 juta, 2.5 CVT Rp 461,85 juta, 2.5 Xtremer Rp 477,15 juta, dan 2.0 Hybrid Rp 645,85 juta.

Lalu bagaimana dengan harga Honda CR-V terbaru?

Menurut informasi yang beredar, mobil SUV Honda ini akan dijual dalam 3 tipe. Untuk CR-V 2.0 AT Prestige dilepas sekitar Rp 460 jutaan. Berikutnya CR-V 1.5 CVT Turbo (7-seat) dipatok Rp 462 jutaan dan CR-V 1.5 CVT Turbo Prestige (7-seat) akan dijual dengan harga Rp 510 jutaan.

Itulah komparasi mobil SUV Honda CR-V vs Nissan X-Trail dan Hyundai Santa-Fe. Apabila Anda tertarik dengan All New CR-V, Anda bisa menunggu hingga waktu peluncurannya tiba. Dari informasi yang ada, mobil baru ini siap menyapa pecinta SUV Tanah Air bertepatan digelarnya ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 yang akan dimulai penghujung April ini.

Source: antara nisan xtrsil dgn crv 2017, hyundai santa crv turbo 2017, nissan x trail vs honda crv 2017, perbandingan all new xtrail dengan crv 7 penumpang, perbandingan hyundai santa fe 2017 vs crv turbo 2017, x trail vs crv 2017, xtrial 2017 vs crv 2017, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply