Home Mobil Rem Blong pada Kendaraan, Penyebab dan Langkah Darurat

Rem Blong pada Kendaraan, Penyebab dan Langkah Darurat

0 88

Rem Blong, Kendaraan membutuhkan perhatian dan perawatan berkala yang harus dipahami oleh pemilik. Hal ini dikarenakan komponen mobil maupun sepeda motor tidak selamanya berfungsi secara prima. Dengan adanya perawatan, pemilik dapat mengetahui apakah ada atau tidak permasalahan pada kendaraannya. Seperti yang diketahui, kecelakaan masih marak terjadi di jalanan.

Seperti yang baru-baru ini terjadi di kawasan Megamendung, Puncak pada Sabtu (22/04) kemarin. Peristiwa mengejutkan itu berawal dari sebuah bus pariwisata yang mengalami rem blong. Akibatnya laju kendaraan tidak dapat dihentikan dan menabrak kendaraan yang ada di sekitarnya. Setidaknya ada 13 unit kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan tersebut, dengan korban jiwa sebanyak empat orang dan belasan orang luka-luka.

Rem blong bisa menimpa pada bus maupun mobil. Rem mobil blong terjadi tidak begitu saja. Dikatakan ada hal yang bisa membuat kendaraan kehilangan fungsi pengereman.

Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan bahwa rem blong bisa terjadi lantaran pemilik tidak pernah memeriksakan kondisi kendaraan secara berkala.

“Bahkan, misalnya pengemudi memiliki kebiasaan rem mendadak yang membuat kampas rem cepat habis, jika servis berkala rutin akan ketahuan sebelum rem bermasalah,” jelasnya, dilansir dari Liputan6.

 

Sementara itu, pendapat serupa juga disampaikan mekanik Datsun, Agit Prasetya. Ia mengungkapkan bahwa tidak ada perilaku dalam berkendara yang dapat membuat rem blong. Yang paling berpengaruh adalah rajin atau tidaknya pemilik kendaraan melakukan servis rutin.

Ia mencontohkan, saat pengereman terasa muncul bunyi seperti gesekan besi yang merupakan indikasi kampas rem habis. Maka sang pemilik harus membawanya ke bengkel untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Apabila tidak melakukannya, harus siap menerima masalah pada pengereman nantinya.

Iwan mengatakan, gejala permasalahan pada rem yang dapat dirasakan pengemudi adalah kinerja pengereman yang berkurang. Apabila merasakannya, Iwan menyarankan untuk segera melakukan pengecekan. “Pokoknya jangan main-main sama rem karena sangat vital,” sarannya.

Mengenai penyebab lain rem blong, kami sudah pernah mengulasnya pada artikel sebelumnya. Silakan klik tautan berikut untuk membaca selengkapnya.

Baca juga: 4 Penyebab Rem Mobil Blong

Langkah Darurat

Apabila Anda berada di situasi darurat saat kondisi rem tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya, ada langkah-langkah yang bisa Anda upayakan. Dolf Valentino, Kepala Bengkel Daihatsu Pangeran Jayakarta mengungkapkan, di saat seperti itu pengemudi harus menggunakan berbagai cara supaya kecepatan mobil dapat berkurang hingga akhirnya berhenti.

“Jika rem gagal bekerja pengemudi masih punya pilihan lain untuk memperlambat laju kendaraan. Ada opsi engine break dan rem parkir,” saran Dolf.

Langkah ini dilakukan dengan menggunakan gigi terendah untuk mengurangi laju mobil. Apabila mobil bergerak, jangan sekali-kali berpindah menggunakan gigi transmisi melebihi gigi pertama. Disarankan memindahkan dari gigi tertinggi ke gigi pertama secara bertahap dan perlahan-lahan.

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan memakai rem tangan. Langkahnya tahan tombol rem tangan supaya roda mobil tidak terkunci dan perlahan-lahan kurangi kecepatan sambil mengarahkan kendaraan menuju jalur yang aman. Tarik dan turunkan tuas rem tangan berkali-kali dengan menyesuaikan laju kendaraan.

“Jangan panik. Usahakan terus menggunakan dua opsi tadi hingga mobil berhenti. Dalam kondisi darurat mau tidak mau arahkan ke bagian jalan yang dapat mengurangi laju mobil seperti pembatas jalan atau parit,” jelasnya.

Itulah penyebab dan penanganan rem blong pada mobil ataupun bus. Semoga bermanfaat untuk Anda dan selalu berkendara dengan aman. Jangan lupa untuk memperhatikan perawatan mobil secara berkala supaya kejadian semacam ini tidak menimpa Anda saat di perjalanan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply