Home Honda Honda Rebel 500 Indonesia, Keunikan Hingga Tips Perawatan

Honda Rebel 500 Indonesia, Keunikan Hingga Tips Perawatan

0 329

Honda Rebel 500, Belum lama ini PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan produk terbarunya. Motor tersebut adalah Honda CMX500 Rebel atau juga dikenal dengan nama Rebel 500. Sebelum resmi diluncurkan, motor baru ini sudah menarik rasa penasaran banyak pecinta roda dua di Tanah Air.

President Director PT AHM, Toshiyuki Inuma mengatakan motor Honda terbaru ini hadir untuk mereka yang mencari individualitas berupa motor custom yang siap memberikan sensasi berkendara yang berbeda. Bagi Anda yang masih penasaran dan ingin tahu lebih jauh seputar motor gede berlambang sayap mengepak ini, pada artikel ini akan disampaikan sederet daya tarik dari CMX500 Rebel.

Di samping itu juga akan disertakan panduan servis untuk pemilik motor ini sehingga tidak kebingungan. Selengkapnya berikut adalah ulasan dari kami, dilansir dari Otomotifnet.

Keunikan Honda CMX500 Rebel

  1. Pengaplikasian Ban Ala Motor Bobber

Kesan pertama yang membuat motor ini menarik adalah penggunaan ban berukuran gendut yang dipadukan ukuran ring kecil. Ban memakai produk Dunlop ring 16 inci. Di sisi depan ukurannya 130/90 dan bagian belakang 150/80. Alhasil tampilan khas motor custom bergaya bobber tampak jelas pada produk ini.

Ban yang terlihat gambot ini dipadukan dengan pelek palang berdesain seperti kipas. Jari-jarinya kecil miring dan berjumlah 10. Supaya tampil serasi, disc brake juga mengusung motif yang serupa dengan pelek.

Daya tarik lainnya terletak pada lengan ayun. Honda menyematkan besi bulat dengan setelan rantai yang menyesuaikan model bulat. Sementara saluran gas buang atau knalpot mengusung konfigurasi 2-1 silincer yang juga didesain membulat.

  1. Posisi Kunci Kontak

Selanjutnya, Honda Rebel 500 ini juga kental dengan tampilan layaknya motor jadul alias jaman dulu. Pasalnya letak kunci kontak berada di sisi kiri belakang komstir, tepatnya berada di bawah tangki. Posisi seperti ini tampak persis dengan motor custom ataupun motor lama seperti Honda CB100. Bahkan juga terdapat kunci setang yang berada di segitiga bawah sisi kanan yang memperkuat kesan jadul.

  1. Jok Rendah

Motor Honda ini memiliki jok yang dibuat sangat rendah, yakni hanya 690 mm. Alhasil pengendara dengan postur tubuh tidak terlalu tinggi tetap dapat menggunakan CMX500 Rebel ini. Sementara bagian belakang ada jok yang dapat dibongkar pasang. Jok rendah ini dikombinasikan dengan setang tinggi yang membuat posisi berkendara lebih santai. Lalu untuk tangki bahan bakar dirancang ramping dan memiliki kapasitas hanya sebesar 11,2 liter saja.

Baca juga: Detail Spesifikasi Honda CMX500 Rebel

  1. Indikator Klasik

Bagian indikator motor juga cukup mengundang rasa penasaran. Pada bagian setang terdapat spidometer yang dibuat minimalis. Desainnya tampak klasik, akan tetapi sudah menggunakan negative LCD dan blue blacklight. Selain desain yang sederhana, informasi yang tersaji di dalamnya juga tergolong simpel.

  1. Usung Mesin CB500 Series

Siapa sangka Honda CMX500 Rebel ini mengandalkan mesin dari CB500 series. Dengan kata lain motor bergaya custom ini membawa dapur pacu dua silinder segaris DOHC 8 klep dengan pendingin cairan. Kendati begitu mesin berkapasitas 471 cc milik Rebel ini sudah mendapat sentuhan penyesuaian sehingga cocok dengan karakter motor.

Sarwono Edhi, Technical Service Division PT AHM menjelaskan bahwa mesin Honda Rebel 500 memiliki torsi yang besar di putaran bawah sampai menengah. Itulah mengapa ada perbedaan spesifikasi antara motor ini dengan Honda CBR500R

Berbekal mesin tersebut, CMX500 Rebel ini dapat menyajikan tenaga 47,2 dk pada putaran 8.500 rpm dan torsi puncak 45,8 Nm pada 5.500 rpm. Untuk tenaganya sedikit lebih rendah dari CBR500R yang mempunyai daya 49,7 dk pada 8.500 rpm. Akan tetapi torsinya memang lebih besar di putaran bawah. Untuk torsi mesin CBR500R mencapai 44,5 Nm pada 7.000 rpm.

Perbedaan karakter ini ada karena sejumlah ubahan yang dilakukan oleh Honda. Edhi mengatakan, sentuhan penyesuaian itu meliputi camshaft dan timing buka tutup klep yang juga diatur ulang. Supaya torsi besar, sudut overlap dibuat kecil. Di samping itu ada penyesuaian di map ECM dan setingan final gear. Untuk Rebel memakai final gear 40/15, lebih berat dari CBR500R yang menggunakan 41/15.

Perawatan

Selesai membahas daya tarik dari Honda CMX500 Rebel, kini saatnya membahas seputar perawatan. Perawatan merupakan hal mutlak yang tidak boleh diabaikan oleh pemilik motor jika ingin kendaraan kesayangan tetap memiliki performa prima. Nah, berikut ini adalah penjelasan seputar perawatan moge Honda terbaru itu.

Servis 1.000 km

Tidak berbeda dengan motor baru pada umumnya, pemilik harus melakukan servis di kilometer awal. Untuk servis 1.000 km, yang diganti adalah oli mesin dan saringan oli mesin. “Karena pasti ada sisa gram perakitan, meskipun oli masih bening tetap harus ganti,” jelas Widodo Tri Lumaksono, mekanik Big Bike Honda 0001 Dewi Sartika, Jakarta Timur.

Pada servis pertama ini disebutkan bahwa tidak ada pengecekan. Honda memberikan gratis jasa servis dan oli mesin. Pemilik Honda Rebel 500 hanya perlu membeli saringan oli mesin yang dibanderol Rp 217 ribu.

Servis 6.000 km

Untuk servis ini, tidak ada penggantian part. Menurut buku manual servis, pada kelipatan ini hanya perlu membersihkan pernafasan crankcase. Di samping itu juga dilakukan pengecekan volume minyak rem dan memeriksa keausan brake pad.

“Umur kampas rem terbilang relatif tidak ada patokan. Namun umumnya habis dan perlu di kisaran 4.000–6.000 km.  Kebanyakan yang terlebih dahulu habis adalah bagian depan,” ungkap M. Mappalinrungi yang juga merupakan mekanik Big Bike Honda 0001. Sebagai informasi, harga kampas rem depan mencapai Rp 820 ribu dan belakang Rp 300 ribu.

Berikutnya adalah mengecek sistem kopling dengan memberi jarak bebas sekitar 10-20 mm yang diukur dari ujung handel kopling. Penyetelan kecil dapat dilakukan melalui bagian atas handel koping dengan cara melonggarkan mur pengunci. Apabila dirasa masih kurang, maka bisa dilakukan penyetelan besar dengan memutar mur pengunci yang berada di clutch lifter arm.

Servis 12.000 km

Untuk servis ketiga, sudah ada banyak pengecekan yang perlu dilakukan, salah satunya adalah pemeriksaan cara kerja gas tangan. Idealnya, handel gas memiliki jarak main bebas sekitar 2-6 mm. Apabila kurang atau lebih dari angka tersebut, maka dilakukan penyetelan kecil melalui rumah kabel gas. Apabila kurang, maka dapat dilanjutkan ke penyetelan besar pada throttle body.

Pada kilometer tersebut juga dilakukan penggantian oli mesin dan filter oli mesin. Pelumas yang direkomendasikan adalah yang memiliki viskositas SAE 10W-30. Untuk oli tersebut Honda memiliki AHM Oil tipe SPX1.

Penggantian periodik membutuhkan 2,5 liter oli. Apabila dengan penggantian saringan oli mesin maka menjadi 2,7 liter. Sedangkan apabila mesin bongkar total, oli yang dibutuhkan menjadi 3,2 liter. Apabila motor Honda Rebel 500 sering digunakan di jalanan macet, maka ada pemeriksaan cairan pendingin radiator. Seperti yang diketahui, air radiator bisa berkurang karena penguapan. Untuk itulah perlu dilakukan pemeriksaan.

Rekomendasi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penggantian oli dilakukan setiap kelipatan 12.000 km. Angka tersebut terbilang sangat panjang. Untuk itu para pemilik dianjurkan untuk melakukan penggantian lebih cepat. M. Mappalinrungi mengatakan, jarak di odometer saat ini sudah tidak dapat dijadikan patokan untuk penggantian oli. Terlebih saat ini kondisi jalanan tidak terlepas dari debu polusi.

Saat ini mesin menyala lebih lama daripada jarak yang tertera pada odometer. Untuk itu ia menyarankan untuk melakukan penggantian oli setiap 3.000 km. apabila filter udara terlihat kotor maka perlu dilakukan servis juga.

Laris Manis

Walaupun terbilang baru, catatan penjualan Honda CMX 500 Rebel ABS ternyata cukup baik. Bahkan angka penjualannya bisa dikatakan banyak untuk sebuah motor dengan harga di atas Rp 100 juta. Menurut informasi, moge Honda ini sudah terjual 51 unit secara nasional. Sebagai informasi, harga Honda Rebel 500 mencapai Rp 147,3 juta on the road (OTR) Jakarta.

“Batch pengiriman bulan Juni sudah habis terjual. Sedang inden untuk bulan Juli,” kata Adrian Suriantio, Big Bike Manager Astra Motor Center Jakarta.

Memang motor baru yang satu ini cukup menarik untuk dilihat. Tawaran desain yang bergaya motor custom dan sensasi berkendara berbeda berkat sederet fitur menarik siap menemani pemilik. Apakah Anda tertarik untuk menjadi salah satu pemilik Honda Rebel 500 ini?

Source: custom bobber indonesia, honda rebel Indonesia, silincer for cmx500, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply