Home Auto News Honda CB650F 2017 Tawarkan Performa Menjanjikan

Honda CB650F 2017 Tawarkan Performa Menjanjikan

0 306

Honda CB650F, Di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Honda CB650F terbaru. Motor bermesin besar ini hadir dengan membawa sejumlah fitur dan memiliki tenaga yang lebih baik. Seperti apa detail motor Honda terbaru ini? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Moge Honda ini mengandalkan dapur pacu berkapasitas 650 cc DOHC 4 silinder baru. Mesin ini dapat menghembuskan tenaga sebesar 68,4 kW pada putaran mesin 11.000 rpm dan torsi maksimum 63,2 Nm pada 8.000 rpm. Peningkatan dimulai dari 5.000 rpm karena diusungnya sistem baru pengaturan aliran udara masuk dan keluar dari pembakaran.

Saluran asupan udara dibuat lebih pendek untuk menyuplai empat bukaan throttle 32 mm dari kotak udara dan memasuki ssi kiri knalpot dengan konfigurasi 4-1 yang memakai dual-pass stuktur internal pada knalpot, mengurangi tekanan balik. Rancangan tersebut membuat final ouput motor menjadi lebih besar.

Dijelaskan bahwa Honda CB650F 2017 ini menggunakan arsitektur internal yang kompak, engan 6-percepatan 4 silinder dan memiliki sudut kemiringan ke depan 30 derajat. Untuk kepala silinder mesin DOHC 16 katup menggunakan direct cam actuation. Ukuran diameter dan langkahnya mencapai 67 mm x 46 mm dan memiliki kompresi rasio 11:4:1.

Dinding piston asimetris yang disematkan pada motor Honda ini meminimalkan kontak dengan diameter sekaligus mengurangi gesekan. Ferrous spiner di bagian luar permukaan silinder juga dibuat sehingga mengurangi pemakaian oli dan gesekan, serta meningkatkan perpindahan panas. SV cam chain yang halus juga mengurangi hilangnya gesekan dengan aplikasi dari lapisan Vanadium di pin.

Bagaimana dengan konsumsi bahan bakar moge ini? CB650F terbaru diklai memiliki konsumsi BBM mencapai 21 km/liter (mode WMTC). Dengan tangki berkapasitas 17,3 liter, maka motor ini dapat dipakai untuk berkendara hingga jarak 350 km.

Melihat rancangannya, Honda membekali salah satu produk terbarunya ini dengan rangka baja tipe diamond berukuran ganda 54 mm x 30 mm berbentuk elips. Suspensi depan mengandalkan Showa Dual Bending Valve (SDBV) 41 mm. Untuk peredam kejut dapat diatur 7 tingkatan dengan single-tube monoshock yang menggerakkan lengan ayun secara langsung.

Untuk sektor roda, motor ini mengandalkan pelek aluminium palang enam yang dikombinasikan dengan ban depan radial berukuran 120/70-17 dan belakang radial 180/55-17. Untuk system pengeerman mengandalkan caliper rem depan berpiston ganda yang mempunyai disk berukuran 320 mm dengan alur bergelombang. Sedangkan bagian belakang mengusung piston tunggal dengan disk 240 mm. Menariknya Honda CB650F ini juga sudah dilengkapi ABS 2-channel sebagai standar.

Baca juga: Moge Honda Terbaru CBR650F dan CB650F Dirilis

Kini mari kita lihat bagaimana tampilan moge terbaru ini. Honda mendesainnya sehingga terlihat kompak. Terdapat tangka bahan bakar yang memiliki dimensi proporsional, ditemani dengan garis tajam yang dinamis dari shroud, cover headlight hingga ke bagian belakang motor. Di samping itu bagian cowl dibuat lebih kecil sehingga menghadirkan kesan agresif mulai dari fuel tank.

Mesin CB650F tampak menonjol berkat jok berdesain pendek dan potongan belakang spatbor depan diletakkan dengan posisi pemusatan massa ke depan. Tampilannya semakin menarik dengan lensa bening, lampu senja dan belakang LED. Lalu lampu depan mengusung desain garis dan sudut yang tajam sehingga tampak menarik.

Posisi berkendara motor gede ini terlihat sedikit condong ke bagian depan, sehingga menempatkan pengendara dekat dengan roda depan. Lalu setang motor dibuat tinggi, berbentuk tabung datar yang akan memudahkan pengendara untuk mengendalikan motor. TIdak hanya itu, jok pembonceng juga menawarkan ruang yang cukup plus tali untuk keamanan. Profil jok pengendara dibuat dengan pas sehingga akan memudahkan njangkauan kaki ke tanah. Ketinggian jok motor ini mencapai 810 mm.

Melihat bagian setang, terdapat spidometer dengan dual screen berukuran lebar. Di bagian kiri terdapat informasi seputar putaran mesin dan informasi kecepatan. Sedangkan bagian kanan terdapat informasi bahan bakar, odometer, jam dan informasi penting lainnya. Dua isi motor juga diterangi pencahayaan lampu bagian belakang berwarna putih.

Supaya tampak lebih menarik, Honda mengaplikasikan warna hitam di bagian frame, lengan ayun dan warna penutup mesin berwarna perunggu. Honda CB650F terbaru ini juga dilengkapi kunci kontak berbentuk gelombang yang menawarkan keamanan serta mengurangi risiko kerusakan kunci.

Bagi konsumen yang tertarik, harga Honda CB650F mencapai 235 juta on the road Jakarta. Motor Honda ini tersedia dalam dua warna baru, yakni Millenium Red dan Matte Gunpowder Black.

Source: gambar motor gede honda, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply