Home Motor Motor Sport Beda Dua Varian Yamaha Vixion Terbaru 2017 Indonesia

Beda Dua Varian Yamaha Vixion Terbaru 2017 Indonesia

Yamaha Vixion Terbaru, Untuk menghadapi persaingan dari kubu Honda yang memiliki CB150R, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi menghadirkan All New V-Ixion. Menariknya motor sport naked 150 cc ini hadir dalam dua varian, yakni standar dan R. Sekilas tampilan keduanya memang mirip. Akan tetapi bila ditelaah lebih jauh rupanya ada banyak perbedaan antara Yamaha Vixion standar dan R.

Lantas apa saja perbedaan tersebut? Berikut adalah detail selengkapnya yang dapat Anda simak, dilansir dari sejumlah sumber.

Tampilan

Dua varian motor Yamaha terbaru ini sama-sama mengusung konsep desain yang serupa. Terdapat tarikan garis di bagian tangka bahan bakar yang dibuat memanjang hingga bagian belakang. Konsep ini disebut sebagai New Sport Style. Hanya saja pada All New V-Ixion R sudah dilengkapi emblem 3D dan tulisan VVA. Lain halnya dengan varian standar yang masih dipermanis stripping biasa.

Dimensi

Yamaha Vixion 2017 standar mempunyai ukuran panjang 1.955 mm, dengan lebar 720 mm dan tinggi 1.025 mm. Sedikit berbeda dengan All New Vixion R yang mempunyai panjang 1.950 mm, lebar 720 mm dan tinggi 1.025 mm. Dari data tersebut diketahui varian R lebih pendek dari varian standar. Akan tetapi versi R justru mempunyai wheelbase yang lebih panjang, yakni mencapai 1.320 mm. Sementara pada versi standar hanya mencapai 1.295 mm.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Yamaha Vixion Terbaru

Perbedaan lainnya terdapat pada bobot motor. Apabila All New V-Ixion standar mempunyai berat 132 kg. Lalu pada All New V-Ixion R sedikit lebih ringan, yakni 131 kg. Selain itu kapasitas tangki bahan bakarnya juga berbeda tipis. Pada Yamaha Vixion terbaru versi standar 12 liter, sementara All New V-Ixion R 11 liter.

Mesin

Perbedaan berikutnya terdapat pada sektor dapur pacu. Yamaha Vixion Indonesia varian standar mengandalkan mesin berkapasitas 149,8 cc, dengan bore x stroke 57 x 58,7 mm, SOHC. Sementara All New V-Ixion R mengusung mesin 155,1 cc, bore x stroke 58 x 58,7 mm. Itulah mengapa tenaga varian R lebih besar.

Menurut data spesifikasi, Yamaha Vixion R dapat mengeluarkan tenaga sebesar 19,1 dk pada 10.000 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Lalu untuk Vixion standar mencapai 16,4 dk pada 8.500 rpm dan torsi 14,5 Nm pada 7.500 rpm.

Fitur

Kedua motor sport Yamaha ini sudah dilengkapi dengan fitur Assist & Slipper Clutch pada sektor mesin. Hadirnya fitur ini diklaim membuat pengoperasian kopling menjadi lebih ringan. Perpindahan gigi juga digadang-gadang lebih halus dan akselerasi semakin optimal.

Perbedaannya, All New V-Ixion R mengandalkan transmisi 6-percepatan dengan teknologi tambahan seperti yang ada pada All New R15, yaitu Variable Valve Actuation (VVA). Teknologi tersebut diklaim dapat mempertahankan performa mesin ketika berada di putaran bawah hingga atas.

Kaki-kaki

Yamaha Vixion 2017 standar mengusung ban berprofil 90/80-17M/C 46P di bagian depan dan 120/70-17M/C 58P di bagian belakang. Sedangkan Vixion R dilengkapi ban yang lebih besar. Untuk bagian depan berukuran 90/80-17M/C 46P dan 130/70-17M/C 62P belakang.

Tidak hanya itu, Al New vixion R juga dilengkapi dengan banana swing arm. Mirip dengan milik Yamaha R15 yang dijual di Indonesia. Sementara untuk All New Vixion masih mengusung lengan ayun berbentuk kotak. Perbedaan lainnya ada pada footstep, under cowl, knalpot dan cover bak kopling.

Silincer knalpot milik Yamaha Vixion R mempunyai bentuk yang lebih pendek. Hal ini membuat tampilannya lebih sporty dibandingkan varian standar. Sementara cover bak kopling Vixion dibalut dengan warna hitam. Sedangkan Vixion R mengusung warna gold atau emas.

Warna

Pilihan warna yang ditawarkan YIMM untuk Yamaha Vixion terbaru juga sedikit berbeda antar varian. Untuk All New Vixion R dijual dalam tiga pilihan warna, antara lain matte red black, blue silver dan green white. Sedangkan versi standar juga ada tiga warna, yaitu matte silver, red black dan matte black.

Harga

YIMM meluncurkan All New Yamaha Vixion standar dengan harga Rp 26 juta on the road (OTR) Jakarta. Rencananya motor sport 150 cc ini akan disalurkan ke dealer Yamaha pada awal Mei 2017. Sedangkan All New Vixion R belum diketahui berapa banderol harganya. Akan tetapi menurut informasi motor Yamaha ini baru akan didistribusikan pada Juni 2017 mendatang.

Demikian perbedaan dua varian Yamaha Vixion terbaru. Mana yang paling menarik bagi Anda?

Source: varian vixion 2017, varian yamaha vixion, varian vixion, new vixion 2017 mendatang, perbedaan vixion terbaru 2017, varian warna v ixion new 2017, varian yamaha vixion terbaru, vixion 2017 warna silver matte, vixion varian, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply