Home Motor Motor Matic Berkenalan dengan Yamaha XMAX 250 Indonesia 2017

Berkenalan dengan Yamaha XMAX 250 Indonesia 2017

Yamaha XMAX 250 Indonesia, Walaupun belum resmi dirilis, Yamaha XMAX 250 Indonesia sudah sukses membuat pecinta otomotif di Tanah Air penasaran. Senjata baru Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dari lini Maxi Scooter ini membawa sejumlah keunggulan yang meyakinkan. Melihat tampilannya, motor matic Yamaha terbaru ini mengusung desain yang agresif dan berpadu dengan dimensi yang besar.

Untuk sektor dapur pacu motor Yamaha terbaru ini mengandalkan mesin berkapasitas 250 cc. Selain mesin yang besar, fitur XMAX 250 juga tak kalah menarik. Salah satu yang menggoda adalah hadirnya dua lampu utama berdesain gahar yang mengandalkan lampu LED. Tak mengherankan bila banyak masyarakat yang berminat untuk membeli motor baru yang satu ini.

Sebelum memutuskan untuk membelinya, tidak ada salahnya untuk berkenalan lebih dekat dengan Yamaha XMAX 250 2017 ini. Berikut adalah detail selengkapnya.

Sekilas Yamaha X-MAX 250

Selain mengandalkan lampu LED yang membuatnya terlihat modern, motor matic ini juga dibekali dengan windshield tinggi. Di sisi kanan dan kiri dudukannya terdapat semacam telinga yang membuatnya tampak unik. Bukan sekadar hiasan, ‘telinga’ ini berfungsi untuk menghalau angin yang akan menerpa tangan.

Sementara panel spidometer mengandalkan kombinasi analog dan digital. Di sisi kiri terdapat spidometer yang menunjukkan angka hingga 160 km/jam. Lalu sebelah kanan terdapat takometer dengan redline sampai 9.000 rpm. Di bagian tengah Yamaha menyematkan fuel meter, odometer, tripmeter, suhu, jam dan informasi lainnya.

Motor ini juga mempunyai setang yang terbilang cukup lebar. Setang ini memuat banyak saklar di kedua sisinya. Hanya saja pabrikan motor berlambang tiga garputala itu belum menyematkan fitur parking brake lock pada motor ini. Menariknya, motor Yamaha ini mengusung Smart Key System. Maka jangan heran bila tidak menjumpai lubang kunci pada motor ini.

Lalu untuk bagian kanan kenop atau panel kanan terdapat konsol berisi power outlet untuk charger gadget. Bagian dek dirancang memanjang seperti NMAX yang akan memberikan fleksibilitas pada kaki. Lalu jok dirancang lebar yang membuat posisi duduk dan kaki turun menjadi mengangkang dan sedikit jinjit. Di balik jok lebar ini ada bagasi luas yang dapat menampung 2 helm full face sekaligus.

Baca juga: Harga Resmi Yamaha XMAX Indonesia 2017

Sementara bagian belakang terapat lampu rem yang terpisah kanan dan kiri. Desainnya cukup menarik dengan ukuran yang besar. Kaki-kaki belakang mengusung dua sokbreker dengan setelan preload. Menariknya Yamaha XMAX Indonesia ini sudah dilengkapi dengan rem cakram dan teknologi ABS.

Fitur-Fitur

Agar menarik hati konsumen, motor matic Yamaha ini dibekali dengan sederet fitur unggulan. Untuk lebih lengkapnya berikut adalah tawaran fitur Yamaha XMAX 250 terbaru:

  1. Windshield dan Setang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, skuter matik ini memiliki windshield yang tinggi dan setang lebar. Akan tetapi ada keunikan tersendiri dari dua hal ini. Windshield XMAX dapat diatur atau digeser naik 5 cm. hanya saja penyetelan dilakukan secara manual. Pemilik harus melepas baut baru bisa mengaturnya. Di samping itu setang kemudi juga dapat digeser mundur hingga 2 cm.

  1. Panel Instrumen

Yamaha XMAX 250 tidak hanya memiliki ukuran bodi yang besar saja. Panel instrumennya juga terlihat besar sehingga mudah dipantau. Informasi yang tersemat di dalamnya juga lengkap. Ada spidometer di sebelah kiri dan takometer di sebelah kanan. Lalu untuk bagian tengah terdapat layar LCD yang memuat berbagai informasi. Antara lain fuelmeter, suhu mesin, odometer, tripmeter, trip oil, trip v-belt, trip time, fuel consumption, jam, tegangan aki, suhu udara, TCS.

  1. Traction Control System (TCS)

Tidak hanya mengandalkan tampang, motor ini juga memiliki fitur keselamatan yang memadai. Salah satunya adalah Traction Control System atau TCS. Cara kerja fitur ini, ECU akan memantau kecepatan kedua roda. Apabila terdeteksi beda kecepatan karena selip, TCS akan langsung bekerja mengurangi tenaga ke roda.

Ridwan Arifin, Staf Service Education PT YIMM menjelaskan, TCS pada XMAX 250 merupakan generasi 1.5G. Yang dibaca oleh peranti ECU adalah putaran mesin, kecepatan roda dan sistem injeksi. Saat selip, untuk mengurangi tenaga maka ECU akan memundurkan ignition timing dan mengurangi semprotan bensin.

TS dapat diaktifkan dan dimatikan oleh pengguna. Caranya dengan tekan dan tahan tombol di setang. Status fitur hidup atau mati akan ditampilkan di layar spidometer dengan tanda TCS ON atau TCS OFF. Fitur yang canggih bukan?

  1. Smart Key System

Motor matic Yamaha terbaru ini juga mengusung fitur Smart Key System. Fitur ini sebelumnya hadir pada Yamaha Aerox 155 VVA yang resmi dijual di Indonesia. Anak kunci hanya perlu dimasukkan saku saja. Dengan radius 120 cm ke depan dan belakang atau 100 cm ke samping maka akan terbaca oleh receiver. Dengan begitu kenop kontak dapat diaktifkan.

Di bawah keno kontak terdapat 2 tombol. Satunya berfungsi untuk membuka jok dan satunya lagi untuk tangki bensin. Bila dalam keadaan darurat atau aki bermasalah, pengguna Yamaha XMAX 250 Indonesia bisa membuka jok dengan memanfaatkan kunci cadangan. Lubangnya berada di bawah sebelah kanan, di atas mesin dekat dinamo starter.

  1. Power Outlet 12 Volt

Daya Tarik lain dari motor Yamaha terbaru ini adalah hadirnya power outlet di sebelah kiri bawah setang. Seperti yang sudah diterangkan, dengan fitur ini pengguna bisa melakukan pengisian daya gadget. Di samping itu juga bisa dimanfaatkan untuk menghidupkan GPS.

  1. Mesin

Menurut informasi, Yamaha akan membenamkan mesin berkapasitas 250 cc 4 langkah 1 silinder SOHC 4 klep berpendingin cairan pada motor matic bongsor ini. Jantung pacu ini merupakan versi lebih kecil dari XMAX 300 yang ditujukan untuk pasar Eropa. Menariknya kedua jenis mesin tersebut sama-sama diproduksi di Pulogadung, Jakarta Timur.

  1. Lampu LED

Kesan modern hadir melalui lampu LED. Tidak hanya menarik dipandang, lampu ini dikenal terang dan hemat listrik. Tidak hanya itu, Yamaha juga menyertakan DRL garis di bagian depan dan belakang. Lampu ini didesain dengan bentuk yang garang serta mempermanis tampilan motor.

  1. Bagasi

Pemilik Yamaha XMAX 250 dipastikan tidak terlalu kesulitan untuk membawa barangnya. Pasalnya bagasi skutik Yamaha ini bisa menampung hingga 2 helm full face. Menariknya lagi masih tersisa ruang yang bisa digunakan untuk menyimpan barang. Supaya terang, disematkan lampu LED pada bagasinya.

  1. Ban dan rem

Melirik bagian roda, motor matic baru ini dibekali dengan ban berukuran gambot. Di bagian depan mengusung ukuran 120/70-15 dan belakang 140/70-14. Sedangkan pengereman mengandalkan cakram 267 di sisi depan dan 240 mm di bagian depan. Sudah terdapat Anti-lock Brake System (ABS) sehingga perjalanan lebih aman.

  1. Suspensi

Untuk bagian suspensi, Yamaha XMAX 250 ini mengandlakan suspensi depan teleskopik panjang yang tampak seperti motor sport. Diameter asnya mencapai 33 mm. Lalu bagian belakang mengandalkan suspensi ganda dengan setelan pre-load.

Beda dengan XMAX 300

Yamaha XMAX 250 dan 300 merupakan hasil produksi PT YIMM. Hanya saja untuk varian mesin 300 ditujukan untuk pasar ekspor. Sudah pasti ada perbedaan di antara keduanya. Yang paling jelas terlihat adalah sektor mesin.

 

Yamaha XMAX 300 mengusung mesin yang lebih besar. Kapasitasnya mencapai 292 cc dan sudah memenuhi standar Euro4. Lain halnya dengan XMAX 250 yang membawa dapur pacu 249 cc dengan standar emisi Euro3.

Perangkat lalu lintasnya juga terdapat perbedaan. Khusus XMAX ekspor, terdapat mata kucing di bagian fender belakang guna memenuhi regulasi di Eropa. Kelengkapan tersebut tidak ditemui pada Yamaha XMAX Indonesia bermesin 250 cc.

Pilihan warna yang ditawarkan rupanya juga berbeda. Yamaha XMAX 250 Indonesia mempunyai 3 pilihan warna umum dan satu tambahan warna kuning. Sementara varian mesin 300 cc memiliki tiga varian warna. Antara lain  Grey, Milky White, dan Quasar Bronze. Hanya itu saja perbedaannya. Untuk hal lain, baik dimensi, desain maupun fitur sama persis.

Itulah seputar Yamaha XMAX 250 Indonesia dari kami. Apabila Anda tertarik membeli motor ini, bisa langsung mendatangi booth Yamaha di pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2017. Sembari menanti resmi dirilis, Anda bisa mulai mengumpulkan dana untuk membeli motor baru ini.

Source: Cara buka jok nmax, Cara kunci setang xmax250, cara membuka begasi kreta yamaha xmanx, cara membuka kunci stang yamaha xmax 250, cara mengunci stang xmax, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply