Home Mobil City Car First Impression Suzuki Ignis 2017 Indonesia

First Impression Suzuki Ignis 2017 Indonesia

0 388

Suzuki Ignis 2017, Suzuki Ignis resmi meluncur di Indonesia. Kehadiran mobil baru ini sekaligus tanda memanasnya persaingan di pasar city car. Walaupun tidak masuk ke dalam kategori low cost green car (LCGC), mobil Suzuki terbaru ini mempunyai harga jual yang tak kalah terjangkau.

Sebagai informasi, harga Suzuki Ignis ini mulai dari Rp 139,5 juta untuk tipe GL MT. Berikutnya ada tipe GX MT yang dipatok Rp 159,5 juta dan varian GX AGS yang dibanderol dengan harga Rp 169,5 juta. Sementara pilihan warnanya ada 6 jenis untuk tipe GL dan 7 warna untuk tipe GX.

Mengandalkan banderol harga yang murah saja tidak cukup. Oleh karenanya Suzuki Ignis Indonesia membawa sederet keunggulan yang cukup meyakinkan. Salah satunya adalah desain ala mobil SUV yang gagah. Konsep tersebut dikombinasikan dengan dimensi mobil yang kompak. Tidak hanya itu, mobil baru Suzuki ini mempunyai ground clearance yang juga tinggi.

Supaya lebih dikenal masyarakat, beberapa waktu yang lalu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengadakan kegiatan media drive Suzuki Ignis di Jakarta. Lantas seperti apa kesan pertama menggunakan mobil berjuluk urban SUV ini? Silakan simak ulasan selengkapnya berikut ini, dilansir dari laman Dapurpacu.

Interior

Dalam sesi tersebut, Suzuki Ignis yang didapat adalah tipe GX M/T warna Arctic White Pearl. Memasuki interiornya, salah satu kesan positif dari mobil mungil ini adalah posisi duduk dengan pengaturan manual. Kabin mobil perkotaan ini masih cukup nyaman diduduki penumpang dengan ketinggian 172 cm.

Tidak hanya itu, posisi mengemudi juga nyaman berkat ruang kaki dan kepala yang terbilang lega. Ruang penumpang belakang juga terbilang lapang. Posisi duduk dirancang sehingga menawarkan kenyamanan. Hanya saja sandaran kepala perlu diatur ulang untuk memperoleh posisi yang sesuai.

Tampilan interior Suzuki Ignis juga cukup cantik. Desain dasbor yang minimalis digabungkan dengan warna interior yang menarik sehingga cukup stylish untuk dipandang. Selain itu juga ada permainan warna putih cerah dan juga hitam yang dibuat dalam komposisi yang tepat.

Baca juga: Spesifikasi Suzuki Ignis 2017 vs Honda Brio RS

Lapisan jok mobil ini juga berbeda dari mobil LCGC kebanyakan sehingga membuatnya terlihat lebih menarik. Suzuki juga menyertakan pendingin ruangan yang akan memberikan kenyamanan selama perjalanan. Supaya tidak cepat bosan, Suzuki Ignis 2017 dibekali dengan sistem hiburan head unit standar.

Sektor ini bisa menjadi catatan tersendiri bagi Anda yang tidak ingin mengabaikan kelengkapan fitur hiburan. Untungnya pihak SIS juga menawarkan head unit versi touch screen berukuran 6 inci. Jika tertarik membelinya konsumen dikenai biaya tambahan sebesar Rp 7 juta.

Performa

Berlanjut ke sisi performa, Suzuki Ignis juga menawarkan hal yang cukup menarik. Menghidupkan mesin lebih praktis dengan hadirnya engine start button. Alhasil pengemudi hanya perlu menginjak pedal kopling sambil menekan tombol engine start tersebut. Sementara mesin K12M 4-silinder VVT mengeluarkan suara yang halus dan memacu hasrat pengguna untuk segera memacunya ke aspal hitam.

Mesin mobil Suzuki ini menawarkan performa yang halus di putaran bawah. Hal ini sudah merupakan karakter dari mesin 4-silinder. Performanya juga memuaskan saat mobil dipacu hingga putaran mesin di atas 5.000 rpm.

Pengendalian

Dalam sesi test drive, mobil juga sempat melalui jalan berlubang. Dari kondisi jalan semacam itu diketahui bahwa suspensi Ignis terbilang keras. Kendati begitu kenyamanan di dalam kabin masih terjaga. Termasuk ketika diajak untuk bermanuver.

Suspensi yang keras dikombinasikan dengan rigiditas sasis baru, Heartect. Alhasil efek limbung (body roll) menjadi berkurang, walaupun ground clearance lebih tinggi di kelasnya. Hal ini akan membuat pengemudi lebih percaya diri untuk mengendalikannya.

Donny Saputra, Direktur Marketing SIS mengatakan bahwa setelan spring rate di suspensi Suzuki Ignis sudah disesuaikan sedemikian rupa sehingga cocok dengan medan di Indonesia. “Kemudian, dengan ground clereance 180 mm dan pengaplikasian sasis generasi baru Heartect yang lebih rigid, menawarkan sensasi bermanuver yang asik lewat minimalisir efek limbung,” ujarnya.

Masih penasaran dengan mobil baru Suzuki ini? Silakan simak artikel kami sebelumnya tentang detail Suzuki Ignis 2017 Indonesia. Berminat untuk membeli mobil mungil yang satu ini?

Source: first impression suzuki ignis, gambar detail interior suzuki ignis, modifikasi belakang suzuki ignis, sasis ignis, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply