Home Auto News Klasemen MotoGP Terbaru 2017 Usai Race Jerez

Klasemen MotoGP Terbaru 2017 Usai Race Jerez

0 253

Klasemen MotoGP Terbaru, Duo pembalap Honda, Dani Pedrosa dan Marc Marquez berhasil finish di posisi 1-2 pada MotoGP Jerez 2017, Spanyol. Dengan hasil ini, persaingan di puncak klasemen sementara MotoGP 2017 semakin memanas.

Jika melihat daftar klasemen, pembalap Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales masih tetap berada di peringkat 1 dan 2. Hanya saja keberadaannya mulai terancam oleh Marquez. Pasalnya rider Honda asal Spanyol itu sukses meraih 20 poin di MotoGP 2017 Jerez. Tidak hanya itu, Marquez juga terbantu lantaran Vinales dan Rossi gagal menembus lima besar. Seperti yang diketahui, Vinales hanya berhasil finish di posisi enam, lalu Rossi berada di urutan ke-10.

Rossi mengantongi 62 poin dan tetap membuatnya bertahan di puncak klasemen MotoGP 2017. Sementara Vinales berada di peringkat kedua dengan perolehan 60 poin, hanya selisih 2 poin dari rekan satu timnya. Sementara Marquez berada di peringkat ketiga dengan mengantongi 58 poin. Itu artinya hanya selisih empat poin dengan Rossi.

Pedrosa yang berhasil memenangkan MotoGP Jerez naik dua peringkat dan menduduki urutan keempat. Rekan satu tim Marquez ini mengantongi tambahan 25 poin sehingga mengumpulkan total 52 poin. Selisih 10 poin dari Rossi. Perolehan positif juga dialami Lorenzo yang mengamankan podium ketiga. Atas keberhasilannya tersebut ia berpindah posisi dari peringkat ke-13 menjadi ke-9 dengan total 28 poin.

MotoGP 2017 seri Jerez merupakan hari baik bagi Pedrosa. Selain meraih kemenangan mulai dari pole position, ia juga mencetak fastest lap dalam perjalanan untuk meraih kemenangan ke-10 di MotoGP atau ke-53 dalam kariernya di ajang balap motor. Tidak hanya itu, ia juga menjadi pemenang balapan Grand Prix ke-3.000 yang pernah diselenggarakan.

Hal ini membuatnya bersanding dengan kemenangan bersejarah Michael Doohan di balapan ke-2.000 di Suzuka dan Angel Nieto di balapan ke-1.000 di Hockenheim. Di samping itu ini menjadi kemenangan ke-100 bagi tim Repsol Honda di kelas MotoGP. Perolehan lainnya adalah ia menjadi satu-atunya pembalap yang memenangkan setidaknya satu balapan selama 16 tahun berturut-turut.

Baca juga: Hasil MotoGP Jerez 2017

Kebahagiaan juga dirasakan oleh Jorge Lorenzo. Walaupun meraih podium tiga, ia merasa seperti juara. Bahkan ia tidak menduga berhasil masuk tiga besar.

“Anda tahu, ini seperti sebuah kemenangan. Mencicipi podium bersama Ducati, sebuah motor yang spesial, motor yang sulit, membuat saya sangat-sangat bangga, sangat-sangat gembira,” ungkapnya, dilansir dari laman Bola.com. Lebih lanjut Lorenzo mengungkapkan bahwa sebelumnya ia memprediksi hanya berhasil meraih posisi kelima atau keenam.

Hal ini juga sekaligus menjadi jawaban dari Lorenzo untuk pihak yang mengkritik ia lamban beradaptasi dengan motor Ducati. Untuk diketahui, prestasi terbaik pembalap Spanyol ini pada tiga seri MotoGP 2017 sebelumnya adalah finish di posisi kesembilan di MotoGP Austin.

Sementara pada MotoGP Qatar yang menjadi seri pembuka di musim ini, Lorenzo hanya berhasil menempati posisi ke-11. Ia juga pernah gagal finish pada seri Argentina lantaran mengalami insiden.

Ducati terakhir kali meraih podium di MotoGP Jerez pada taun 2011 melalui Nicky Hayden. Seperti yang diungkapkan beberapa pihak, sirkuit Jerez dinilai tidak cocok dengan karakter motor Ducati. Akan tetapi Jorge Lorenzo mematahkan anggapan tersebut sekaligus menjadi akhir penantian Ducati selama enam tahun untuk merasakan podium MotoGP Jerez kembali.

Klasemen MotoGP 2017 usai seri Jerez

PosisiPebalapTimNegaraPoin
1Valentino RossiMovistar YamahaItalia62
2Maverick VinalesMovistar Yamaha Spanyol60
3Marc MarquezRepsol Honda Spanyol58
4Dani PedrosaRepsol Honda Spanyol52
5Andrea Dovizioso DucatiItalia 41
6Johann ZarcoYamaha Tech 3Prancis35
7Cal CrutchlowLCR Honda Inggris29
8Jonas Folger Yamaha Tech 3Jerman29
9Jorge LorenzoDucati Spanyol 28
10Danilo Petrucci Pramac RacingItalia 26
11Scott Redding Pramac RacingInggris 26
12Jack  Miller Marc VDS Australia 21
13Aleix EspargaroAprilia Spanyol17
14Alvaro Bautista Aspar MotoGPSpanyol14
15Loriz BazAvintia RacingPrancis12
16Hector Barbera Avintia RacingSpanyol 12
17Andrea IannoneSuzuki Italia 9
18Karel Abraham Aspar MotoGP Rep. Ceska 9
19Tito RabatMarc VDSSpanyol8
20Alex RinsSuzukiSpanyol7
21Bradley SmithKTMInggris3
22Sam LowesKTMSpanyol 1
23Sam LowesApriliaInggris0
24Takuya TsudaSuzukiJepang 0

Itulah daftar klasemen MotoGP terbaru 2017 setelah race Jerez. Tampaknya persaingan memperebutkan gelar juara dunia ke depannya akan semakin sengit. Kita lihat saja nanti.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply