Home Auto News Suzuki Ignis 2017 Indonesia Akan Punya Varian Matic Murah?

Suzuki Ignis 2017 Indonesia Akan Punya Varian Matic Murah?

0 193

Suzuki Ignis 2017, PT Suzuki Indomobil Sale (SIS) tengah menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini. Pasalnya agen tunggal pemegang merek Suzuki di Indonesia itu baru aja menghadirkan Suzuki Ignis yang terjun di pasar city car. Mobil baru ini sukses menyita perhatian masyarakat Tanah Air dengan desain yang menarik dan sederet keunggulan.

SIS menawarkan Suzuki Ignis 2017 dalam tiga tipe. Antara lain GL transmisi manual, GX manual dan GX AGS. Menariknya, walaupun baru saja resmi meluncur Suzuki Indonesia memiliki rencana untuk menawarkan satu tipe lagi. Varian ini nantinya diposisikan di antara GL manual dan GX manual.

Informasi ini disampaikan langsung oleh Setiawan Surya, 4W Marketing Deputy Managing Director SIS, dalam sebuah kesempatan khusus bersama media di Nusa Gastronomy, Kemang, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu. Ia mengungkapkan akan ada tambahan untuk tipe GL yang menggunakan transmisi otomatis.

”Harusnya memang ada (tipe) GL AGS (Automated Gear Shift), cuma mungkin baru ada di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show). Dari situ loncat ke GX manual, dan GX AGS,” jelas Setiawan, dikutip dari laman Kompas Otomotif. Untuk diketahui, GIIAS 2017 rencananya akan diselenggarakan pada Agustus mendatang.

Pertimbangan SIS untuk menghadirkan tipe baru dengan transmisi otomatis tentu bukan tanpa sebab. Jika melihat komposisi penjualannya, Suzuki Ignis Indonesia dengan transmisi AGS lebih banyak diminati masyarakat. Konsumen saat ini mulai banyak yang menyukai mobil baru dengan transmisi otomatis.

Mobil matic disukai lantaran pengemudi tidak akan terlalu capek lantaran harus menginjak peal kopling. Hal ini akan memudahkan pengemudi saat melintas di jalanan padat.

Setiawan mencontohkan komposisi penjualan Ignis di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 selama beberapa hari. Dari tiga tipe yang ditawarkan, Suzuki Ignis 2017 tipe GX AGS yang menjadi pilihan tertinggi paling banyak dibeli, dengan total sekitar 70 persenan. Sementara tipe GX manual mencapai 20 persen, sisanya memilih GL manual.

Akan tetapi perlu dicatat bahwa itu merupakan penjualan di IIMS 2017 saja. Sementara bila digabungkan dengan penjualan seluruh Indonesia, Ignis versi manual justru lebih laris. Ignis GX AGS tetap yang paling tinggi, yakni mencapai 45 persen. Sementara tipe GX manual 35 persen dan GL 20 persen. Bila digabungkan Suzuki Ignis versi manual menyumbang penjualan sebesar 55 persen.

Baca juga: First Impression Suzuki Ignis 2017 Indonesia

Apabila tipe GL AGS resmi dipasarkan di Indonesia, maka masyarakat akan memiliki pilihan baru jika tertarik membeli Ignis dengan dukungan transmisi otomatis dan harga yang lebih terjangkau. Sebagai informasi, harga Suzuki Ignis 2017 Indonesia tipe GX AGS mencapai Rp 169,5 juta. Banderol harganya lebih tinggi Rp 10 jutaan dari tipe GX manual yang dijual Rp 159,5 juta.

Sementara untuk tipe GL manual dipatok Rp 139,5 juta. Tidak menutup kemungkinan jika harga Suzuki Ignis GL AGS nanti juga lebih mahal Rp 10 juta dari tipe GL atau sekitar Rp 149,5 juta.

Untuk tambahan informasi, Suzuki Ignis Indonesia hadir dengan desain ala SUV yang dipadukan dengan dimensi seperti city car pada umumnya. Mobil ini juga mempunyai sejumlah kelebihan yang menjadi modal untuk bersaing dengan kompetitor.

Salah satunya adalah ground clearance yang tinggi. Mobil Suzuki terbaru ini mempunyai jarak bebas ke tanah mencapai 180 mm. lebih tinggi dari city car pada umumnya yang punya ground clearance sekitar 150 mm hingga 165 mm. menariknya lagi ground clearance mobil baru ini sedikit lebih tinggi dari Honda CR-V 2016 yang berada di angka 170 mm.

Di samping itu mobil ini mengusung mesin yang diklaim irit bahan bakar. Suzuki Ignis Indonesia membawa dapur pacu K12 4 silinder segaris, DOHC, VVT dengan kapasitas sebesar 1.197 cc. Dengan mesin yang terbuat dari bahan aluminium tersebut, Ignis dapat mengeluarkan tenaga sebesar 83 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak 113 Nm.

Konsumsi bahan bakar Suzuki Ignis 2017 Indonesia dapat mencapai 23,64 km/liter untuk transmisi manual. Sedangkan versi AGS dapat mencapai 23,44 km/liter. Hasil ini diambil dari pengujian bersama dengan BT2MP-BPPT.

Source: penjualan ignis, rencana ignis versi murah, suzuki mobil terbaru murah, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply