Home Motor Motor Cross Tips Memilih Motor Trail, Bisa Jadi Masukan

Tips Memilih Motor Trail, Bisa Jadi Masukan

0 216

Motor Trail, Saat ini motor matic tetap menjadi raja di pasar sepeda motor. Akan tetapi di samping skuter matik, masyarakat juga meminati motor trail. Beberapa tahun belakangan motor jenis ini menarik perhatian konsumen sehingga produsen roda dua berlomba menghadirkan motor baru trail untuk para penggemar di Indonesia.

Umumnya motor trail digunakan untuk melibas medan yang berat atau off road. Supaya petualangan pemilik bisa memuaskan, penting untuk memilih motor trail yang sesuai dengan kebutuhan. Harga motor trail di pasaran bervariasi, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan dana. Lantas apa yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli motor trail? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Baru atau Bekas?

Mengenai tips memilih motor trail, ada perbedaan di kalangan masyarakat. Ada yang beranggapan lebih baik memilih motor bekas, dengan tujuan nantinya akan dimodifikasi. Akan tetapi juga ada yang menilai lebih baik memilih motor baru. Alasannya motor trail baru dianggap lebih aman lantaran mesin dan performa masih bagus.

“Mending beli baru, karena pastinya lebih enak, lebih mantap dibawanya. Lalu, kalau sudah tahu juga teknik membawa motornya saat trabas, dan pastinya tahu kondisi mesin motor,” ungkap Sofyan MX dari Roby Steam, bengkel khusus motor trail, mini moto dan ATV, dikutip dari laman Liputan6.

Ia juga menyarankan kepada calon pembeli untuk memilih motor trail 250 cc ke atas. Motor dengan mesin berkapasitas seperempat liter dinilai mumpuni untuk melibas jalur offroad.

Mesin 2-Tak atau 4-Tak

Motor trail ada yang dijual dengan dukungan mesin 2-Tak dan juga ada yang 4-Tak. Keduanya sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Menurut Sofyan, mesin 2-Tak lebih enak untuk digunakan. Sebab tenaga mesin lebih agresif dan enteng dibawa. Akan tetapi hal tersebut juga tergantung dari trek atau lintasan yang dilalui.

Perlu diketahui, mesin 2-Tak memiliki karakter yang cocok untuk medan yang ekstrem. Berbeda dengan mesin 4-Tak yang lebih cocok untuk kondisi jalanan yang lebih landai.

“Semua balik lagi ke trek, dan pastinya skill si riders. Semua pilihan mesin, ada kelebihan dan kekurangannya,” ungkapnya.

Meski begitu bukan berarti mesin 4-Tak tidak punya sesuai untuk diunggulkan. Kelebihan dapur pacu jenis ini adalah perawatan yang tidak terlalu rumit. Berbeda dengan motor bermesin 2-Tak yang perlu perawatan radiator, oli mesin dan juga oli samping. “Begitu juga dengan perawatan berkala, servis, itu penting dilakukan,” kata Sofyan.

Masih ada kelebihan dan kekurangan lainnya. Untuk motor trail bermesin 4-Tak harus dilakukan penggantian oli setiap dipakai berpetualang. Sementara mesin 2-Tak tidak perlu terlalu sering ganti oli mesin. Hanya saja motor trail 2-Tak biasanya mengalami kendala busi mati ketika sedang melibas trek. Hal ini menuntut pemilik untuk selalu memperhatikan perawatan motor. Lain halnya dengan motor 4-Tak yang lebih aman dan tidak merepotkan.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, motor trail baru ataupun bekas, mesin 2-Tak maupun 4-Tak sama-sama mempunyai plus dan minus. Jika Anda tertarik untuk membeli motor trail 2-Tak, pastikan untuk paham betul seputar perawatannya. Seperti anjuran penggantian oli mesin, cek karburator, memanaskan motor, membersihkan blok dan head mesin, periksa oli mesin, kabel koil, dan busi secara teratur.

Harga motor trail di Indonesia tidak seluruhnya terjangkau. Kawasaki KLX 150 yang menjadi salah satu motor trail paling banyak dicari dibanderol dengan harga di atas Rp 25 juta. Apabila Anda mempertimbangkan untuk membeli motor trail bekas, silakan simak tips pada tautan berikut.

Baca juga: Tips Beli Motor Trail Bekas

Demikian informasi seputar memilih motor trail. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Source: gambar motor trail, Raja motor trail, trail dijual, trail 2tak bekas, sepeda motor bekas trail, motor trail yg cocok buat trabas, motor trail mini, kawasaki klx bekas, jual beli motor trail bekas matik, harga2 motor trail, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply