Home Auto News Detail Motor Matic Honda Terbaru SH150i, Skutik Premium Ala Eropa

Detail Motor Matic Honda Terbaru SH150i, Skutik Premium Ala Eropa

0 216

Motor Matic Honda Terbaru, Pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, PT Astra Honda Motor (AHM) selaku agen pemegang merek Honda meluncurkan produk baru. Motor baru ini merupakan premium skuter yang dihadirkan untuk menemani Honda PCX, yakni SH150i. Kehadiran motor matic ini di Tanah Air akan menjadi lawan dari Piaggio Medley.

Mungkin sebagian masyarakat masih asing dengan motor Honda yang satu ini. Wajar, Honda SH150i sebelumnya dipasarkan di Eropa. Pantas saja bila dimensi skuter matik alias skutik ini tampak lebih tinggi. Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur PT AHM menerangkan bahwa SH150i untuk pasar Indonesia mengusung spesifikasi yang hampir mirip dengan yang dijual di Benua Biru, bahkan mendekati serupa.

Hanya saja perbedaannya terdapat pada bracket pelat motor. Selain itu dapur pacu motor ini juga disesuaikan dengan standar Euro yang berlaku di Indonesia. Penasaran seperti apa motor matic yang satu ini? Mari kita berkenalan lebih dekat.

Tampilan

Motor Honda terbaru ini menyapa pecinta roda dua dengan desain ala Eropa. SH150i mengusung tema styling Dynamic dan Light Feeling yang terlihat dari garis body yang melengkung dari depan sampai ke belakang. Untuk sisi depan, belakang dan lampu senja sudah mengandalkan lampu jenis LED.

Keunggulan dari Honda SH150i terletak pada rangka yang memakai high-tensile steel tubular underbone. Rangka ini diklaim kuat dan rigid. Lalu untuk sektor kaki-kaki Honda menyematkan pelek die-cast aluminium berukuran 16 inci yang dikombinasikan dengan ban tubeless. Ban depan berukuran 100/80-16 dan belakang 120/80-16. Untuk wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 1.340 mm.

Lantaran sebelumnya ditujukan untuk pasar Eropa yang kebanyakan masyarakatnya memiliki postur tubuh tinggi, maka motor ini sedikit tinggi jika dipakai untuk masyarakat Indonesia. Ketinggian joknya mencapai 799 mm dengan jarak terendah ke tanah 146 mm dan permukaannya yang lebar. Untuk rider dengan postur 173 cm masih sedikit jinjit saat menduduki motor ini.

Motor matic Honda terbaru ini dibekali juga dengan suspensi belakang dual damper swing arm dengan 5 langkah pre-load yang dapat disesuaikan. Lalu untuk bagian depan mengandalkan suspensi teleskopik fork berukuran 33 mm. Untuk sistem pengereman mengusung diameter 240 mm dengan 2 piston kaliper dan 1 piston caliper untuk rem belakang. Menariknya Honda juga membenamkan fitur Antilock Braking System (ABS) pada motor ini.

Mesin dan Fitur

Honda SH150i dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 150 cc, liquid cooled 4-stroke, SOHC. Mesin ini juga sudah dipadukan dengan teknologi eSP (Enhanced Smart Power). Hasilnya SH150i dapat mengeluarkan tenaga sebesar 14,6 hp pada putaran mesin 8.250 rpm dengan torsi puncak 13,9 Nm pada 6.500 rpm.

Baca juga: Motor Terbaru Honda SH150i Dirilis

Di samping itu teknologi eSP juga terintegrasi dengan ACG Starter dan menjadi basis penggunaan fitur ISS (Idling Stop System). Fitur ISS bertujuan untuk mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari 3 detik. Untuk menghidupkan mesin kembali cukup dengan menarik tuas gas. Hadirnya fitur ini akan berdampak positif terhadap konsumsi bahan bakar.

Motor matic ini diklaim mempunyai efisiensi bahan bakar paling irit di kelasnya. Angka konsumsi BBM-nya tercatat mencapai 40,9 km/liter dengan metode pengetesan EURO 3 (tes internal AHM). Angka tersebut diraih dengan mengaktifkan fitur ISS.

Fitur lain yang terdapat pada skutik Honda ini adalah fitur standar samping otomatis atau Side Stand Switch. Fitur yang lazim dijumpai pada motor matic Honda ini dapat membuat mesin tidak dapat menyala jika standar samping dalam posisi turun. Motor matic Honda terbaru ini memiliki spidometer dengan kombinasi analog dan digital. Juga tersedia power charger yang berada di dalam console box.

Tidak cukup sampai di situ, Honda SH150i juga membawa tangki bahan bakar berkapasitas 7,5 liter yang merupakan terbesar di kelasnya. Juga ada bagasi yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk menyimpan barang. Menariknya bagasi ini dapat memuat helm full face.

Guna memudahkan pemilik, kunci kontak mengadopsi teknologi smart key system. Dengan fitur ini tidak diperlukan lagi kunci mekanis untuk menghidupkan mesin, membuka jok, tangki bensin maupun mengunci kemudi. Kenop kontaknya bisa menyala dengan warna biru. Honda juga menyertakan tombol alarm dan answer back system pada smart key tersebut untuk memudahkan pengguna.

Dari sederet tawaran di atas, ada sedikit catatan dari motor Honda 2017 ini. Seperti yang sudah dijelaskan, SH150i mengusung pelek berukuran 16 inci. Sebelumnya motor matic yang menggunakan pelek 16 inci adalah Suzuki Skywave. Sayangnya pelek ukuran tersebut minim pilihan merek pemasok dan juga tidak semua toko ban memiliki stoknya. Hal ini mengharuskan pemilik untuk mempunyai perlengkapan dan pemahaman tambal ban tubeless mandiri untuk kebutuhan darurat.

Harga dan Varian Warna

Honda SH150i ditawarkan dalam 3 pilihan warna. Antara lain Pearl Jarmine White, Candy Luster dan Poseidom Black Metallic. Untuk konsumen yang berminat, harga motor Honda ini mencapai Rp 44,9 juta OTR Jakarta. Unit akan tersedia pada Juni 2017 di Wing Dealer Honda.

Source: skuter matic honda terbaru, honda matic sh, honda matik baru, matic honda premium, motor baru matic honda, motor matic honda terbaru style eropa, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply