Home Auto News BMW G310R Buatan India, Bagaimana Kualitasnya?

BMW G310R Buatan India, Bagaimana Kualitasnya?

0 305

BMW G310R, BMW Motorrad Indonesia menghadirkan motor baru untuk pecinta roda dua. BMW G310R akhirnya resmi hadir untuk masyarakat yang ingin motor Eropa dengan harga lebih terjangkau. Motor ini diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 dan sukses mendapat respons positif. Bahkan jumlah pemesanan motor sport naked ini memenuhi target yang ditetapkan BMW Motorrad.

”Selama pameran terlihat pengunjung terkesan dengan kualitas motor ini. Terlebih banyak yang memang penggemar BMW sejak lama jadi mereka yakin,” ungkap Joe Frans, CEO Maxindo Moto, dilansir dari Otomania.

Sekilas informasi, motor BMW terbaru ini dipersenjatai dengan mesin satu silinder DOHC berpendingin air. Tenaga yang dapat diletuskan mencapai 34 hp dengan torsi puncak 28 Nm. BMW G310R diklaim dirancang sehingga mudah untuk dikendalikan dan lebih lincah saat dikendarai. Tidak hanya itu, Joe mengungkapkan bahwa mesin motor baru ini terhitung mask moge, bukan motor kecil.

Harga BMW G310R Indonesia mencapai Rp 99 juta off the road. Seperti yang diinformasikan sebelumnya, motor ini merupakan hail kerjasama BMW dan TVS. Untuk urusan desain hingga mesin merupakan hasil pekerjaan dari BMW. Sementara TVS bertugas sebagai rekanan untuk membantu produksi lantaran pabrik BMW di Jerman tidak cukup untuk memenuhi permintaan.

Dengan kata lain, meskipun motor naked sport bermesin 313 cc ini hadir dengan nuansa ala Eropa, akan tetapi produk ini merupakan buatan India. BMW menyadari bahwa ada pihak yang memandang sebelah mata motor terbarunya ini. Akan tetapi Joe menyarankan untuk mencoba motor baru ini lebih dahulu sebelum memberikan pendapat.

“Ya kan hak orang mau ngomong motor ini ok tidak ok. Tetapi sebelum menilai hendaklah mencoba dulu,” kata dia, mengutip dari DetikOto.

BMW Motorrad juga memastikan dari beberapa konsumen yang sudah melakukan pengujian merasa sangat puas. “Kalau dari beberapa orang yang sudah riding nih, yang kita undang untuk test ride sebelum IIMS, mereka sih pada suka manuver motornya,” ungkapnya.

Baca juga: Kelebihan Motor BMW G310R

Apabila ada yang mengatakan produksi India kurang baik, BMW pastikan nama besar yang akan menjadi taruhannya. “Ya samalah dengan Harley-Davidson India, KTM India, Kawasaki India, Suzuki India. Tidak masalah, kan BMW tetap jaga kualitas dan nama besar,” ujarnya.

Fitur Tetap Melimpah

Joe mengatakan bahwa BMW G310R pada dasarnya tergolong motor sederhana dibandingkan motor BMW lainnya. Kendati begitu ada beberapa karakter khas BMW Motorrad yang bisa ditemui pada motor sport termurah BMW ini. Contohnya adalah rem ABS, tempat duduk ergonomis dan suspensi jenis upside down.

“Seperti standar rem ABS yang ada pada motor, sehingga memastikan standar keselamatan pada saat pengereman. Tempat duduk ergonomis membuat pengendara tidak mudah lelah, pada saat berkendara di kota. Suspensi upside down kualitas tipikal BMW Motorrad yang membuat kelincahan dan kestabilan pada saat bermanuver di jalan,” paparnya.

Selain itu mesin G310R juga menawarkan sesuatu yang tak kalah menarik. Dijelaskan bahwa mesin yang diputar 180 derajat dan sedikit dimiringkan itu tetap memiliki tenaga yang maksimal serta menghemat pemakaian bahan bakar. Mesin pada BMW G310R Indonesia ini menggunakan bahan bakar minimum oktan 91 dengan standar Euro 4. Juga terdapat lever brake dan kopling yang mempunyai titik penipisan sehingga pada saat patah masih dapat digunakan.

Hal lainnya yang terdapat pada mesin motor BMW ini adalah indikator dasbor hitam dan putih model digital. Indikator ini memberikan informasi yang akurat terkait sisa bensin, transmisi, kecepatan, RPM dan lain sebagainya. Untuk informasi, berikut adalah detail spesifikasi motor ini.

Spesifikasi BMW G310R

Mesin
Type:Water-cooled, single-cylinder 4-stroke engine, four valves, two overhead camshafts, wet sump lubrication
Bore x stroke:80 mm x 62,1 mm
Capacity:313 cc
Rated Output:25 kW (34 PS) at 9500 rpm
Max. Torque:28 Nm at 7500 rpm
Compression Ratio:10,9 : 1
Engine Management:Electronic fuel injection, BMS-E2
Emission Control:Closed-loop 3-way catalytic converter, emission standard EU-4
Performance/Fuel Consumption
Max Speed:143 km/h
Fuel Type:Unleaded petrol, minimum octane rating 91 (RON)
Consumption:3.33 Litre for 100 km
Power transmission
Clutch:Multiple-disc clutch in oil bath, mechanically operated
Gearbox:Synchromesh 6-speed transmision Integrated in the motor housing
Drive:Endless O-ring chain with shock damping in rear wheel hub
Chassis / brakes
Frame:Bolted steel frame, drive unit load-bearing, tubular steel rear frame
Front wheel suspension:Upside down fork , Ø 41 mm
Rear wheel suspension:Solid die-cast aluminum swingarm, directly hinged monoshock, adjustable preload
Suspension travel front/rear:140 mm / 131 mm
Wheelbase:1,366 mm
Castor:103 mm
Brake, front:Single disc, diameter 300 mm, 4-piston fixed caliper, radially bolted
Brake, rear:Single disc, diameter 240 mm, single-piston floating caliper
ABS:BMW Motorrad ABS
Dimensions / weights
Length:2.005 mm
Width (incl. mirrors):820 (849) mm
Height (excl. mirrors):1.080 mm
Seat height, unladen weight:785 mm
Permitted total weight:345 kg
Usable tank volume:11 L

Meskipun diproduksi TVS di India, ternyata BMW G310R tetap memiliki fitur dan spesifikasi khas motor BMW pada umumnya. Hal ini cukup menarik, terlebih harga motor ini lebih terjangkau dibanding motor BMW lainnya.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply