Home Mobil City Car First Drive Mobil Toyota Agya 2017, Benarkah Naik Kelas?

First Drive Mobil Toyota Agya 2017, Benarkah Naik Kelas?

0 541

Mobil Toyota Agya, Toyota Agya yang merupakan salah satu pemain di segmen low cost green car (LCGC) baru saja mendapat penyegaran. Mobil baru Toyota ini mendapat beberapa sentuhan penyegaran, mulai dari bagian eksterior, interior dan juga mesin yang cukup menyita perhatian pecinta otomotif. Dengan pembaruan tersebut, Agya terbaru diklaim sudah naik kelas dan berbeda dengan mobil LCGC lainnya.

Untuk membuktikan hal tersebut, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengadakan acara first drive dengan mengundang sejumlah media. TAM memperkenankan awak media untuk merasakan sensasi berkendara dengan mobil Toyota terbaru ini. Ada 5 mobil yang disediakan, yakni Agya transmisi manual dan otomatis tipe G 1.2 L dan 1 unit TRD.

Lantaran bukan sesi test drive, maka rute yang dipilih tidak terlalu jauh, yakni sekitar Ancol saja. Lantas seperti apa kesan berkendara dengan Toyota Agya terbaru ini? Berikut adalah ulasan selengkapnya, melansir dari laman DetikOto.

Eksterior

Salah satu yang menjadi penarik perhatian tentu saja bagian luarnya. Melihat sekilas, sudah terlihat apa yang berbeda dari mobil LCGC Toyota ini. Untuk versi TRD, grille depan dan grille belakang mendapat ubahan. Termasuk desain lampu depan yang dibuat lebih runcing dibandingkan model lama. Sentuhan baru juga terdpat pada lampu kabut dan lampu belakang.

Tampilan mobil baru Toyota ini semakin menarik dengan spoiler belakang yang lebih tipis dan memanjang dibanding Agya lama. Bumper belakang yang mengusung desain sporty turut membuat tampilan pesaing Honda Brio Satya, Datsun GO Panca dan Suzuki Karimun Wagon R ini semakin menarik.

Melihat bagian kaki-kaki, terdapat pelek berdesain baru yang lebih stylish. Tawaran ini ada pada mobil Toyota Agya tipe 1.2 G dan 1.2 TRD S. Disebutkan bahwa eksterior Agya terbaru mengadopsi dari gerakan orang membungkuk atau gerakan menukik seseorang. Gerakan tersebut menggambarkan kelincahan meski dalam posisi diam sekalipun.

Baca juga: Detail Spesifikasi Toyota Agya 2017

“Gerakan menukik itu menggambarkan suatu kelincahan, jadinya dia itu pengin mobil mungil itu terlihat lincah, walaupun diam itu terlihat ada movement lah ada pergerakan gitu diterapkan di otomotif,” papar Prana Jiwandhana, Officer Styling Design Section C&A Planning and Design Division TAM.

Interior

Sekarang giliran interior yang dibahas. Terdapat beberapa penyegaran yang dilakukan pabrikan mobil raksasa asal Jepang itu. Contohnya adalah bangku semi bucket untuk pengemudi dan penumpang depan. Hadirnya bangku jenis ini akan menawarkan kesan berkendara yang berbeda. Pasalnya jok semi-bucket memiliki kenyamanan yang baik, empuk saat diduduki dan seperti dipeluk.

Berbeda dengan model sebelumnya, door trim New Agya tampak lebih segar. Tidak didesain datar seperti pada model lama. Lalu untuk sistem hiburan audio juga tak luput dari pembaruan. Desainnya dibuat berbeda, serta ada fitur yang lebih canggih seperti Bluetooth Call untuk tipe 1.2 L. Hanya saja sistem audio Agya belum membawa fitur layar sentuh, alias masih manual dengan cara diputar dan ditekan. Padahal saudara kembarnya, Daihatsu Ayla 2017 memiliki fitur tersebut.

Ada alasan tersendiri mengapa layar sentuh absen dari mobil Toyota Agya terbaru. Tomy Hermansyah, Product Knowledge TAM mengatakan konsumen Agya sudah cukup dengan fitur Bluetooth, tidak perlu layar sentuh.

“Jadi dia tuh sebenernya kalau disini tuh masih fungsional kalau buat audio jadi yang penting tuh radio masih oke, tambahin Bluetooth, aux udah oke daripada touchscreen. Kalau touch screen di Yaris misalnya itu kan ada navigasi, mirroring itu baru kepake, tapi kan speknya terlalu tinggi,” paparnya.

Pembaruan lainnya terdapat pada meter cluster yang tampak lebih memikat. Guna memudahkan pengemudi selama perjalanan, setir kemudi dilengkapi dengan steering switch untuk varian mesin 1.2 L.

Mesin

Walaupun rute first drive Toyota Agya 2017 tidak terlalu jauh, ada hal positif dari mobil ini. Kabin mobil LCGC Toyota ini lebih kedap suara. Selain itu setir juga relatif enteng untuk dikendarai di jalanan perkotaan, terutama untuk versi manual.

Untuk pilihan mesin, TAM menawarkan dua versi. Yakni mesin 1.000 cc dan 1.200 cc. Untuk versi 1.000 cc mengusung teknologi VVT-i dengan ECU. Lalu mesin 1.200 cc mempunyai teknologi Dual VVT-i yang juga diadopsi Toyota Calya maupun Daihatsu igra.

Untuk performanya, mesin 1.0 liter memiliki tenaga sebesar 67 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm. Lalu mesin 1.2 liter mempunyai tenaga yang lebih melimpah, yakni 88 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 108 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Fitur keamanan

Walaupun merupakan mobil LCGC, Toyota tidak ingin mengabaikan keselamatan pengguna. Untuk itu fitur keamanan yang cukup lengkap dihadirkan pada mobil baru ini. Bahkan Toyota Agya berhasil meraih 4 bintang dari ASEAN NCAP. Fitur keamanan yang dimiliki Agya ini sudah disesuaikan dengan permintaan konsumen.

Beberapa tawaran fitur keselamatan pada mobil Toyota ini adalah Dual SR Airbag, 3-point seatbelt, Isofix, head rest untuk seluruh penumpang, driver seatbelt warning sign dan Power door lock yang tersedia untuk seluruh tipe. Khusus untuk tipe 1.2 TRD S Toyota membenamkan fitur tambahan ABS. Masih ada tawaran fitur lain, yakni immobilizer dan wireless door lock yang terdapat pada seluruh varian kecuali 1.0 L tipe E.

“Safety juga udah jadi pertimbangan mereka (konsumen Agya) jadi mobil ini true five seater jadi nggak two point seatbelt nih, udah ABS, immobilizer diminta karena banyak mobil hilang jadi maling nggak bisa langsung harus matching lebih aman dengan immobilizer jadi safety Agya benar-benar diperhatiin,” jelas Tomy.

Secara keseluruhan mobil ini menawarkan pembaruan di sisi fitur dan spesifikasi yang memang membuatnya naik kelas dibandingkan model sebelumnya. Berminat membeli mobil Toyota Agya terbaru ini?

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply