Home Motor Tips Pengiriman Motor untuk Mudik, Cermati Biaya dan Waktu

Tips Pengiriman Motor untuk Mudik, Cermati Biaya dan Waktu

0 180
Jasa Pengiriman Motor

Pengiriman Motor, Menjelang bulan Ramadhan dan lebaran, biasanya masyarakat Indonesia mempersiapkan diri untuk mudik. Segala keperluan mudik atau pulang ke kampung halaman harus dipersiapkan sejak awal sehingga rencana bisa berjalan dengan lebih baik. Anda yang juga berencana mudik tahun 2017 ini juga patut untuk bersiap diri.

Hal yang perlu dipikirkan meliputi alat transportasi yang hendak dipakai, pemesanan tiket bila mengandalkan transportasi massal, mencatat barang yang akan dibawa saat mudik nanti dan lain sebagainya. Termasuk jasa ekspedisi pengiriman sepeda motor jika memang diperlukan. Di saat-saat menjelang Hari Raya Idul Fitri, jasa pengiriman motor akan mengalami peningkatan secara signifikan. Bahkan peningkatannya dapat mencapai 100 persen.

Kisaran Ongkos Pengiriman Motor

Untuk itu supaya berjalan dengan lancar Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti ongkos pengiriman motor. Toto Aryanto, pegawai PT Lintas Nusantara Perdana mengatakan bahwa ongkos kirim kendaraan roda dua bisa bervariasi. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor, seperti kota tujuan, serta jenis dan dimensi motor. Tidak hanya itu, kapasitas mesin motor juga bisa mempengaruhi biaya yang harus dikeluarkan pengguna jasa.

“Kalau bebek dan matik itu harganya sama. Tapi kalau sudah skuter kaya Vespa, Yamaha NMax dan jenis sport, itu pasti beda-beda,” ujar Toto, dilansir dari laman Liputan6.

Sebagai informasi, biaya pengiriman motor bebek atau matic bisa mencapai Rp 350 ribu dari Jakarta ke Jawa Tengah. Sementara untuk tujuan Jawa Timur ongkos yang dibebankan kepada konsumen mencapai Rp 450 ribu dan Rp 750 ribu untuk tujuan Bali.

Jasa Pengiriman Motor

Khusus pengiriman motor Vespa dan Yamaha NMAX rata-rata dipatok mencapai Rp 450 ribu untuk Jawa Tengah, Rp 550 ribu Jawa Timur dan Rp 850 ribu untuk destinasi ke Bali. Sementara motor sport bermesin 250 cc dibanderol mulai Rp 650 ribu untuk wilayah Jawa Tengah, Rp 800 ribu untuk Jawa Timur dan Rp 1,3 juta untuk wilayah Bali.

Baca juga: Tips Mudik dengan Motor Matik

Khusus pemilik motor sport di atas 250 cc atau motor gede, biayanya berkisar mulai Rp 1,3 juta sampai Rp 4 jutaan. Tentu saja tergantung seberapa jauh jarak yang dituju. Toto mengungkapkan, tarif jasa pengiriman bisa bertambah Rp 50-100 ribuan jika jaraknya dekat dengan perbatasan.

Waktu Kirim Motor yang Tepat

Pertanyaan selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah kapan waktu yang tepat untuk melakukan pengiriman motor. Apabila Anda memang berniat melakukan mudik dengan membawa motor dan memanfaatkan jasa ekspedisi, maka penting bagi Anda untuk mengetahui jadwal aktivitas dari jasa ekspedisi. Menurut penuturan Toto, jasa layanan ekspedisi biasanya buka hanya di dua minggu di awal bulan Ramadhan.

“Nah sisanya, dua minggu jelang Ramadan kami tidak tutup, tapi ada kerja sama dengan pihak Dishub atau lainnya, soal arus mudik atau mudik gratis, yang motornya dikirim juga,” kata Toto.

Selain itu Toto juga mengakui bila saat musim mudik Lebaran tiba, pengiriman sepeda motor melalui ekspedisi terganggu. Alasannya jumlah barang yang diangkut kereta menjadi lebih banyak. Selain sepeda motor, pengiriman barang-barang lainnya juga menjadi lebih banyak di saat-saat seperti imtu.

Hal ini mengakibatkan barang atau sepeda motor yang seharusnya dikirim hari ini terpaksa diundur esok hari.

“Kalau sudah bulan puasa pengiriman tidak bisa janji satu hari atau sesuai estimasi. Kadang bisa jadi lebih lama lagi. Selain itu, harga pengiriman di bulan puasa bisa saja naik Rp 100-300 ribu dari harga standar,” ungkapnya. Ia mengatakan, biasanya jasa ekspedisi akan kembali beroperasi normal satu minggu sesudah lebaran.

Sekian informasi seputar biaya kirim motor dan waktu yang tepat untuk melakukan pengiriman. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bermanfaat untuk Anda, terutama yang berencana membawa motor pulang ke kampung halaman dengan memanfaatkan jasa ekspedisi.

Source: tips mudik dengan motor matic, Tips mudik motor sport, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply