Home Auto News Komparasi Motor Listrik Viar Q1 vs Terra Motors

Komparasi Motor Listrik Viar Q1 vs Terra Motors

0 493

Motor Listrik, Motor listrik memang masih sedikit asing di Indonesia. Sebab masyarkat sendiri masih banyak yang menggunakan kendaraan berbahan bakar bensin. Akan tetapi bukan berarti tidak ada merek yang mencoba memasarkan motor listrik buatannya di Tanah Air.

Sebut saja Zero Motorcycle yang beberapa tahun lalu menghadirkan line-up andalannya untuk menggoda masyarakat yang penasaran dengan motor tanpa emisi gas buang. Lalu berikutnya ada Terra Motors yang juga meluncurkan skuter listriknya. Tidak sampai di situ, Garasindo yang merupakan pemegang merek Zero juga sedang mengembangkan motor baru bernama Gesits yang akan menjadi motor listrik buatan Indonesia.

Belum lagi hadirnya Viar Q1 yang baru saja dirilis oleh Viar Motor Indonesia. Motor ini rencananya akan hadir dan bisa dimiliki pada Juni nanti. Jika Anda berniat membeli motor listrik, motor Viar dan produk dari Terra Motors bisa menjadi solusinya. Supaya lebih jelas, berikut ini akan dibahas seputar perbandingan spesifikasi keduanya. Untuk Viar ada Q1 dan Terra Motors ada A4000i (Premium) dan A2000.

Berikut adalah komparasi spesifikasi keduanya, mengutip dari laman Dapurpacu.

Dimensi

Pertama-tama mari kita lihat dimensi motor ini. Menurut spesifikasi Viar Q1 mempunyai panjang mencapai 1.793 mm. Sementara dimensi Terra Motors lebih panjang 113 mm dari Q1. Begitu juga dengan lebarnya, dimana Q1 mencapai 750 mm dan Terra Motors lebih lebar 60 mm.

Lalu untuk tinggi, Viar Q1 mencapai 1.220 mm dan Terra A2000 lebih tinggi 55 mm. Tidak hanya dimensinya yang lebih besar, bobot motor listrik Terra juga lebih berat 37,4 kg dari Viar Q1 yang mempunyai berat hanya 87,5 kg.

Kaki-kaki

Untuk sektor kaki-kaki, motor listrik Terra mengandalkan ban depan 120/70-12 dan belakang 130/60-13. Sistem pengeremannya sudah mengandalkan cakram di sisi depan dan tromol untuk bagian belakang. Sedangkan Viar Q1 mengusung ban yang lebih kecil, yakni 90/90-10 di bagian depan dan belakang. Sedangkan peranti penghenti laju mengandalkan rek cakram baik di depan maupun belakang.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Motor Listrik Viar 2016 Indonesia

Fitur

Menurut informasi, Viar Q1 diketahui mengusung fitur mode berkendara (riding mode). Ada dua pilihan yang bisa dipilih, yakni smooth atau lebih menghentak. Fitur semacam ini juga terdapat pada Terra A4000i berupa tombol booster. Di samping itu varian ini juga dibekali dengan fitur yang memungkinkan pengguna menghubungkan iPhone dengan A4000i. Dengan demikian seluruh informasi kendaraan dapat dibaca melalui aplikasi Terra apps.

Baterai

Berikutnya mari kita bahas seputar sumber tenaganya. Viar Q1 hadir dengan mengandalkan baterai Lithium-Ion berkapasitas 60V-20Ah. Baterai ini dapat mengeluarkan daya hingga 800 watt. Sementara Terra Motors A2000 mengusung baterai Lead-Acid Battery 48V-20Ah dengan daya sebesar 500 watt. Varian tertingginya, A4000i memakai baterai 48V-50Ah dengan daya di bawah 1.000 watt.

Lalu untuk soal pengisian baterai hingga penuh, Terra Motors A4000i menjadi yang paling cepat karena hanya membutuhkan waktu 4,5 jam. Disusul Viar Q1 yang memakan waktu sekitar 5-7 jam dan paling lama A2000 dengan waktu 6-8 jam.

Kecepatan dan Jarak Tempuh

Viar Q1 yang mengusung baterai berdaya 800 watt diklaim dapat melesat hingga kecepatan maksimal 60 km/jam. Sementara jarak tempuhnya dapat mencapai 70 km. Lalu Terra A2000 diperkirakan bisa menjangkau jarak 40 km dengan kecepatan maksimum 50 km/jam. Terra A4000i dapat menempuh jarak hingga 60 km dengan kecepatan maksimal 60 km/jam. Menariknya dikatakan motor ini mempunyai kemampuan mendaki hingga 10 derajat.

Harga

Harga motor listrik Viar Q1 menjadi yang paling terjangkau dari skuter listrik asal Jepang. Motor ini bisa dibeli dengan banderol harga Rp 16,2 juta. Sementara Terra A2000 mencapai Rp 34 juta dan A4000i Rp 79 juta. Motor ini sudah bisa dilengkapi surat-surat kendaraan yang sah.

Dari hasil komparasi spesifikasi di atas Viar Q1 unggul dalam beberapa hal, termasuk harganya yang jauh lebih terjangkau. Akan tetapi Terra Motors terlihat lebih menarik dan futuristik. Bisa menjadi pilihan menarik untuk konsumen yang suka dengan tampilan modern dan anti-mainstream. Jadi dari dua pilihan di atas, mana motor listrik pilihan Anda?

Source: viar q1 vs gesits, motor listrik viar qi vs gesits, Motor listrik vs, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply