Home Auto News Mobil MPV Wuling Confero S vs Avanza dan Mobilio, Duel MPV China...

Mobil MPV Wuling Confero S vs Avanza dan Mobilio, Duel MPV China dan Jepang

Mobil MPV, Sebentar lagi pasar MPV akan kedatangan pendatang baru yang datang dari Negeri Tirai Bambu. Adalah Wuling yang berniat untuk serius hadir di Indonesia dan bersaing dengan merek-merek yang sudah lebih dulu memasarkan produk MPV andalannya. Memang sejauh ini MPV merupakan mobil yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Sehingga tidak mengherankan banyak merek yang ingin menawarkan mobil MPV.

Sebagai informasi, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hingga April 2017 kemarin, low MPV menyumbangkan angka penjualan sebesar 93.976 unit. Pada tahun kemarin total sumbangan penjualannya mencapai 249.927 unit. Bagi Anda pecinta kendaraan roda empat tentu sudah mengetahui betul model mana yang paling banyak dibeli.

Toyota Avanza masih menjadi rajanya sampai April 2017. Mobil sejuta umat dari Toyota ini telah terjual sebanyak 47.619 unit. Sementara di peringkat kedua ada Honda Mobilio dengan sumbangan 17.812 unit dan disusul Daihatsu Xenia di peringkat ketiga dengan penjualan 13.920 unit. Suzuki Ertiga yang juga menjadi pemain di segmen low MPV menyumbang angka penjualan 11.783 unit.

Untuk bersaing dengan empat model tersebut, Wuling nantinya akan mengandalkan Confero S. Bukan perkara gampang untuk bisa bersaing dengan ketiga mobil di atas yang sudah lebih dulu dipasarkan dan telah mendapat tempat di hati masyarakat. Di sisi lain masyarakat Indonesia lebih cenderung menyukai mobil Jepang.

Akan tetapi bukan berarti Wuling menyerah begitu saja. Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, Wuling Confero S akan membawa sejumlah keunggulan baik di segi fitur maupun spesifikasinya. Yang tak kalah menarik adalah banderol harga mobil baru ini yang ditaksir berkisar Rp 150 jutaan. Lantas bagaimana jika mobil China ini dibandingkan dengan Toyota Avanza dan Honda Mobilio? Simak ulasan singkat berikut ini, yang kami rangkum dari laman Kumparan.

Wuling Confero S

Di negara asalnya, Confero S mempunyai nama lain yakni Hongguang. Mobil ini mengandalkan mesin empat silinder segaris, DOHC, D-VVT (Variable Valve Timing). Tenaga yang dapat dihembuskan mencapai 107 daya kuda (dk) pada putaran mesin 5.800 rpm dengan torsi maksimum yang menembus angka 142 pada putaran 3.800-4.400 rpm.

Hanya saja untuk pilihan transmisinya tersedia dalam satu macam saja, yakni manual 5-percepatan. Hal ini yang menjadi catatan tersendiri bagi Wuling. Sebab para rivalnya sudah menawarkan sistem transmisi otomatis. Di samping itu transmisi ini cukup banyak dipilih masyarakat karena lebih mudah dan tidak membuat pengemudi cepat lelah. Kabar baiknya Wuling akan menawarkan transmisi otomatis bila permintaan memang tinggi.

Baca juga: Ini “Bekal” Mobil MPV Wuling Confero

Mobil MPV ini juga dilengkapi dengan sederet fitur keselamatan. Salah satunya adalah rem Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Force Distribution (EBD). Di samping itu Wuling Confero S juga mempunyai fitur SRS Airbag di depan, kursi ISOFIX, Auto door lock by speed, auto unlock collision dan sistem pemantau tekanan udara pada ban.

Pemilik juga akan merasa lebih tenang saat memakai mobil ini karena hadirnya fitur keamanan yang memberikan perlindungan saat mobil terparkir. Wuling menawarkan kunci immobilizer, smart key dan anti-theft system.

Toyota Avanza

Avanza mempunyai catatan panjang di Indonesia. Tidak mengherankan bila mobil Toyota ini masih berhasil mempertahankan gelarnya sebagai mobil sejuta umat yang memang laris diburu masyarakat. Mobil keluarga in mengandalkan mesin empat silinder, 16 katup, DOHC, dual VVT-i. Mesin berkapasitas 1.496 cc ini dapat mengeluarkan tenaga hingga 102 dk pada putaran 6.000 rpm dengan torsi dan torsi puncak 136 Nm pada 4.200 rpm.

Fitur keselamatan yang ada pada Avanza ini juga tak kalah lengkap. Toyota membenamkan rem Anti-lock Braking System (ABS) pada MPV andalannya ini. Selain itu terdapat seatbelt pretensioner dan force limiter, dan sabuk pengaman tiga titik di penumpang tengah. Keselamatan penumpang semakin terjamin dengan hadirnya fitur side impact beam dan kursi ISOFIX. Lalu untuk fitur keamanan ada immobilizer pada kunci mobil ini.

Honda Mobilio

Mobilio tergolong pemain baru di pasar low-MPV. Akan tetapi performa penjualannya tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan dari data penjualan hingga April 2017 ini Mobilio berhasil menggeser Xenia yang merupakan saudara kembar Avanza dan juga Ertiga. Tawaran fitur, spesifikasi dan desain yang menarik menjadi kunci kesuksesan mobil Honda ini.

Di balik bonet bersemayam mesin 1.2 liter SOHC, 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC+DBW dengan sistem injeksi PGM-FI. Berbekal dapur pacu ini, Mobilio dapat menghantarkan tenaga sebesar 116 dk pada 6.600 rpm dengan torsi maksimum 145 Nm pada 4.600 rpm.

Fitur keselamatan yang ditawarkan di antaranya dual front SRS airbags di bagian depan, rem ABS dan EBD, rangka G-CON + Ace dengan Side Impact Beam, sabuk pengaman tiga titik di seluruh kursi, dan ISOFIX. Juga ada fitur keamanan seperti keyless, immobilizer, dan system alarm.

Berdasarkan data di atas, mobil MPV Wuling Confero S menawarkan fitur dan mesin yang tak kalah menarik dengan rivalnya. Dengan begini mobil ini berpeluang untuk sukses di Indonesia. Tertarik untuk membeli mobil keluarga ini?

Source: wuling vs avanza, Mobil MPV Wuling Confero S, comparasi mobil confero china dengan mobil jepang, wuling confero s, perbandingan mobil wuling vs mpv 2017, mpv wuling confero, MPV Confero S , mpv confero, mpv china vs jepang, mobil wuling lebih unggul dari avanza dan mobilio, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply