Home Mobil City Car Toyota Agya 2017 vs Honda Brio Satya, Ini Plus-Minusnya

Toyota Agya 2017 vs Honda Brio Satya, Ini Plus-Minusnya

Toyota Agya 2017, Meski penjualannya tidak sebesar mobil MPV, segmen city car tetap mempunyai penggemar tersendiri. Mobil yang mempunyai dimensi kompak ini bisa jadi teman yang menyenangkan untuk melibas jalan perkotaan yang biasanya padat. Tidak hanya itu, mobil kota semakin menjadi daya tarik setelah adanya low cost green car (LCGC).

Konsumen di Indonesia memang menyukai produk dengan harga murah namun tetap berkualitas. Hal inilah yang coba diwujudkan beberapa merek mobil dalam menghadirkan mobil LCGC. Setidaknya ada beberapa model di kelas tersebut, di antaranya, Datsun GO Panca, Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Honda Brio Satya dan Suzuki Karimun Wagon R.

Pada kali ini kami akan membahas perbandingan spesifikasi Toyota Agya dan Honda Brio Satya. Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan New Agya yang merupakan versi penyegaran dari model sebelumnya. Mobil Toyota ini hadir dengan sederet pembaruan yang menarik untuk dilirik.

Tentu saja Agya bukan satu-satunya. Sebab sebelumnya Honda Prospect Motor (HPM) juga menghadirkan New Brio Satya yang tak kalah menggoda. Mobil Honda ini mengusung fitur yang terbilang lengkap. Salah satu tawaran yang menarik adalah mesin 4-silinder. Hal ini membuatnya terlihat menarik dari beberapa rivalnya yang masih mengusung mesin 3-silinder.

Penasaran seperti apa jika Agya dan Brio Satya “dipertemukan”? Berikut adalah komparasi kedua mobil LCGC tersebut, mengutip dari laman Oto.

Dimensi

Sebelum melihat bagian lainnya, tidak salah jika menyimak bagaimana dimensinya. Wajar saja, seperti yang disinggung di atas city car mempunyai dimensi yang kecil. Hal ini akan berpengaruh terhadap kelapangan kabin. Tidak hanya itu, kenyamanan selama perjalanan juga akan terpengaruh.

Berbicara masalah dimensi, Honda Brio Satya lebih lebar sekitar 80 mm dari rivalnya. Hanya saja tidak dengan panjang, tinggi dan jarak sumbu rodanya. Untuk hal tersebut Toyota Agya yang unggul. Alhasil Agya terasa lebih lapang dibanding Brio Satya. Selain itu Toyota Agya juga mempunyai ruang kaki dan kepala yang cukup lapang di bangku penumpang baris kedua.

Performa

Berpindah ke sektor mesin, Toyota Agya 2017 mengandalkan mesin baru. Mesin ini sama seperti yang dipakai Toyota Calya, LCGC 7-seater. Mobil Toyota ini ditawarkan dalam pilihan mesin 1.200 cc Dual VVT-i, 4 silinder.

Tenaga yang dapat dihembuskan mesin tersebut mencapai 88 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak 108 Nm pada 4.200 rpm. Menariknya Toyota tetap menawarkan mesin lama 1.000 cc dengan output daya 67 PS pada 6.000 rpm dan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm.

Baca juga:

Lalu Honda Brio Satya mengusung dapur pacu berkapasitas 1.2 liter i-VTEC yang sudah mendapat revisi. Tenaga yang dapat dihembuskan mencapai 90 PS dan torsi maksimumnya mencapai 110 Nm. Tenaga ini naik signifikan dari model lama yang mencapai 88 PS dengan torsi 109 Nm.

Tidak hanya lebih bertenaga, Honda Brio Satya juga mempunyai pilihan transmisi CVT. Transmisi ini membuatnya lebih irit bahan bakar. Lain halnya dengan Agya terbaru yang masih bertahan dengan menawarkan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan.

Fitur

Untuk urusan fitur, kedua mobil LCGC ini sama-sama memiliki bekal yang menarik. Toyota Agya 2017 mengusung lampu kabut, rem cakram di depan dengan teknologi ABS. Menariknya Agya varian TRD tampil lebih menarik dengan paket TRD di bagian bumper depan dan belakang, side skirt, side body molding, spoiler belakang atas, stiker dan emblem TRD.

Untuk pilihan warnanya, Honda Brio Satya dipasarkan dalam enam pilihan. New Agya juga ditawarkan dalam enam pilihan warna, termasuk warna kuning yang menjadi pilihan baru untuk kaum muda.

Di bagian interior, baik Brio Satya maupun Agya mengusung material kain di bagian jok. Selain itu juga terdapat fitur audio steering switch, head unit audio 2-DIN dan dua kantong udara SRS di bagian depan sebagai fitur keselamatan. Dalam hal fitur Agya 2017 lebih unggul lantaran head unit audio-nya sudah dilengkapi konektivitas Bluetooth yang memungkinkan pengguna menghubungkannya dengan smartphone.

Fitur tersebut tidak terdapat pada head unit Brio Satya. Akan tetapi Honda membekalinya dengan pengaturan AC secara digital. Lain halnya dengan Agya yang masih mengandalkan kenob putar konvensional. Perbedaan lainnya adalah adanya sandaran kepala yang bisa diatur ketinggiannya pada Agya. Hal ini tidak terdapat pada Brio Satya karena mengandalkan model yang menyatu dengan jok.

Harga

Perlu dicatat, uraian fitur di atas merupakan varian tertinggi dari Honda Brio Satya dan Toyota Agya. Harga mobil Honda Brio Satya varian tertinggi (E CVT) dipatok Rp 151,1 juta. Sementara harga mobil Toyota New Agya dibanderol Rp 151,9 juta untuk varian 1.2 TRD A/T.

Dilihat dari harga, baik Toyota Agya 2017 dan Honda Brio Satya sama-sama bersaing. Di samping itu baik spesifikasi maupun fiturnya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Tinggal disesuaikan dengan selera masing-masing.

Source: brio rs vs agya trd, brio satya vs agya 2017 mana yang unggul?, di dalam agya 2017, komparasi low mpv, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply