Home Motor Motor Sport Melihat Performa Suzuki GSX-S 150 2017

Melihat Performa Suzuki GSX-S 150 2017

Suzuki GSX S 150, Selama ini pasar motor sport naked 150 cc hanya menjadi ajang pertempuran bagi Honda CB150R dan Yamaha Vixion. Akan tetapi hal tersebut tidak lagi terjadi. Pasalnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah meluncurkan Suzuki GSX S 150 yang ditujukan untuk bersaing dengan dua rival senegaranya itu.

Motor sport ini hadir dengan beberapa fitur andalan. Akan tetapi yang akan menjadi fokus kali ini adalah dapur pacunya. Motor baru Suzuki ini mengandalkan mesin berkapasitas 147,3 cc DOHC 4-valve berpendingin air. Menurut data spesifikasi, tenaga yang dapat dikeluarkan mesin tersebut mencapai 19 tenaga kuda pada putaran mesin 10.500 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya mencapai 14 Nm pada putaran 9.000 rpm.

Tenaga tersebut diklaim terbesar di antara rival sekelasnya. Sementara sistem perpindahan gigi mengandalkan transmisi enam tingkat percepatan.

Untuk membuktikan performanya, maka dilakukan tes jalan dari Jakarta sampai Purwokerto. Mengutip dari laman Otomania, deisebutkan bahwa tenaga mesin Suzuki GSX S 150 cukup untuk memenuhi kebutuhan selama perjalanan. Asupan tenaga terus dirasakan di berbagai kondisi jalan yang dilalui menuju Purwokerto.

Menariknya, saat melintasi kawasan Puncak tenaga terus terisi ketika kondisi jalan menanjak. Gigi tiga dan empat sering dipakai selama perjalanan lantaran dinilai cukup mudah mendapatkan tenaga untuk melalui jalan tanjakan. Daya tarik lain dari motor ini adalah akselerasinya. Tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk bisa mencapai kecepatan 100 km/jam. Bahkan kecepatan 100 km/jam bisa diraih dengan posisi gigi transmisi yang belum menyentuh gigi enam.

Fitur yang bisa dicoba oleh pengendara saat memacu Suzuki GSX-S 150 adalah shift light indicator. Fitur ini terdapat di speedometer digital motor yang fungsinya untuk memperoleh tenaga yang diinginkan. Fitur tersebut akan berkedip ketika putaran mesin mencapai putaran yang sudah ditentukan. Hal ini sekaligus menjadi tanda bagi pengendara untuk menaikkan gigi transmisi.

Tidak hanya sebatas menguji performanya saja, pengujian tersebut juga untuk mengetahui seberapa irit mesin motor Suzuki tersebut. Berkendara dengan jalur luar kota dan beragam kontur jalan, konsumsi bahan bakar Suzuki GSX-S 150 dapat mencapai 35,65 km/liter. Menariknya lagi ada yang bisa mencatatkan hasil hingga 40,9 kilometer per liter. Pengukuran tersebut dilakukan dengan memakai metode full to full serta melalui infomasi yang tertera pada speedometer.

Untuk informasi tambahan, naked sport Suzuki ini merupakan saudara kembar dari GSX-R 150. Motor ini tampil tanpa adanya fairing yang dilepas dan diganti dengan under cowl di bagian bawah mesin sehingga membuat tampilannya lebih minimalis. Dimensinya juga berbeda, meski sekilas tampak sama. Dimensi panjang keduanya sama, yakni 2.020 mm. Akan tetapi GSX-S 150 lebih lebar 45 mm (745 mm) dan lebih pendek 35 mm (1.040 mm).

Baca juga: Komparasi Motor Suzuki GSX S150 vs Honda CB150R

Suzuki juga membekali motor sport naked barunya dengan batok untuk melindungi headlamp dan speedometer. Untuk lampu depan sudah memakai jenis LED, lalu bagian belakang masih bohlam. Untuk speedometer memakai model digital dengan sejumlah fungsi. Jika dilihat, terdapat dua tombol pengaturan di kiri dan kanan untuk mengatur informasi jam, kecerahan layar, jarak A dan B serta konsumsi rata-rata selama perjalanan.

Suzuki GSX-S 150 mengandalkan rangka berjensi diamond, sama persis dengan versi fairing-nya. Lalu sistem pengereman depan dan belakang memakai cakram sehingga tampak lebih meyakinkan. Tidak hanya itu, sektor kaki-kaki dilengkapi dengan ban berukuran 90/80-17 di depan dan 130/70-17 di belakang.

Kesan sporty semakin kuat dengan hadirnya tempat duduk yang dibuat terpisah. Hal ini tentunya bisa menjadi bekal untuk memikat penggemar motor sport 150 cc naked. Sebab umumnya motor jenis ini memakai tempat duduk yang dibuat menyatu dan berbentuk lebar. Akan tetapi tidak pada GSX-S 150 yang dirancang dengan memakai model dari GSX-R 150.

Hanya saja motor sport Suzuki ini tidak dilengkapi dengan pegangan untuk menggeser motor. Padahal hal sepele ini bermanfaat jika pengendara ingin menggeser motor saat berada di parkiran. Alhasil pengendara harus memakai footstep belakang untuk mengesernya.

Akan tetapi untungnya bobot Suzuki GSX-S 150 mencapai 130 kg yang diklaim paling ringan di kelasnya. Di sisi lain Suzuki juga membekalinya dengan tangki berkapasitas 11 liter yang membuatnya bisa dipakai bepergian ke luar kota dengan nyaman.

Untuk informasi, Suzuki menawarkan motor ini dalam empat pilihan warna, antara lain Triton Blue, Ice Silver, Stronger Red Titan Black dan Matt Black. Jika ingin membelinya, harga Suzuki GSX-S 150 ini mencapai Rp 23,9 juta on the road Jabodetabek. Motor Suzuki ini bisa menjadi pilihan menarik bila Anda mencari motor sport baru. Terlebih saat ini Suzuki terus menambah jumlah bengkel untuk meningkatkan layanan purna jualnya.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply