Home Auto News Nissan Juke Stop Produksi dan Diganti Nissan Kicks?

Nissan Juke Stop Produksi dan Diganti Nissan Kicks?

0 295

Nissan Juke, Kabar hangat datang dari salah satu pabrikan mobil asal Jepang, Nissan. Merek mobil ternama ini dikabarkan akan menghentikan salah satu produk buatannya, yakni Nissan Juke. Hal ini tampaknya bukan gosip semata. sebab dari informasi autoworldnews.com, di Amerika Latin Nissan baru saja menghadirkan Kicks. Mobil baru inilah yang digadang-gadang akan menjadi penerus Juke.

Wajar bila Nissan memutuskan untuk mengakhiri produksi Juke. Sebab penjualan mobil crossover ini di Amerika mengalami penurunan. Selain itu desainnya juga dinilai mulai ketinggalan. Perlu diketahui sepanjang 2016 angka penjualan Nissan Juke hanya mencapai 19.577 unit saja. Merosot cukup signifikan dari tahun 2015 yang mencapai 27.121 unit.

Lebih lanjut dikatakan bahwa puncak penjualan mobil ini terjadi pada tahun 2014. Kala itu Juke berhasil terjual sebesar 38.184 unit di Amerika. Sementara di tahun ini, penjualan Juke di bulan April 2017 hanya mencapai 986 unit di Amerika Serikat. Angka ini turun 47,8 persen dibanding tahun lalu.

Sementara itu dari informasi Carscoops belum lama ini, dua sumber yang terpercaya mengatakan bahwa Nissan akan segera menghapus Juke setelah lahir model year 2017 atau 2018. Sayangnya pihak Nissan masih enggan untuk berkomentar terkait kabar tersebut. Akan tetapi Michael Bunce, Vice President Product Planning Nissan Amerika Utara mengatakan bahwa Nissan Kicks segera bisa dikirim ke negara bagian.

“Tentu saja kami melihat kesempatan untuk crossover, dan kami melihat Honda dan merek lain di segmen itu bermain dengan sangat serius,” jelasnya, dikutip dari KompasOtomotif.

Bunce juga memberikan isyarat bahwa mobil baru Nissan ini akan lebih terjangkau dari Juke. Dengan demikian Kicks bisa berhadapan langsung dengan crossover kecil lain seperti Honda HR-V dan Chevrolet Trax.

Bagaimana di Indonesia?

Sehubungan dengan beredarnya kabar tersebut, pihak Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku agen pemegang merek Nissan di Tanah Air angkat bicara. NMI menyanggah informasi terkait berhentinya produksi Nissan Juke. Mereka mengatakan bahwa sampai sekarang masih tetap memasarkan mobil dengan desain unik itu.

“Kami tidak ada rencana menghentikan jualan Juke, dan kami juga masih terus menjualnya seperti biasa. Terkait stop produksi, tidak ada dan masih jalan,” kata Budi Nur Mukmin, GM Marketing Strategy & Product Planning NMI.

Baca juga: Nissan Juke Terbaru 2017 Akan Hadir

Akan tetapi performa penjualan Nissan Juke di Indonesia juga tidak jauh berbeda dengan di Amerika. Menurut data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Nissan Juke mengalami penurunan mencapai 76,51 persen pada Januari sampai April 2017 (year on year). Penjualannya tercatat hanya sebesar 35 unit. Sementara periode yang sama di tahun sebelumnya dapat mencapai 149 unit.

Sekilas Nissan Kicks

Sementara itu, pada penghujung tahun lalu Antonio Zara sempat memberi keterangan terkait kehadiran Nissan Kicks di Indonesia. Ia mengungkapkan kedatangan Kicks nantinya bisa bersenggolan dengan Datsun Go-Cross yang juga akan dipasarkan di Indonesia.

“Nissan Kicks? Karena low segmen sedang tumbuh? Apakah Anda merekomendasi untuk memperkenalkan Nissan Kicks. Apakah itu tidak terlalu dekat dengan Datsun Go-Cross? Saya pikir Nissan dan Datsun tidak akan bersaing,” jelasnya.

Akan tetapi ia menyatakan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan kehadiran Kicks di Indonesia. “Karena kami Nissan-Datsun itu berkolaborasi, terlebih memiliki network yang sama. Jadi kami berusaha mengurangi persaingan dengan Datsun. Dan Go-Cross tidak akan bersaing dengan Kicks,” ujarnya.

Memang banyak pihak yang yakin bahwa mobil Nissan terbaru ini juga akan dijual di Tanah Air. Bila hal tersebut benar, kemungkinan Nissan Motor Indonesia akan memilih mesin 1.500 cc untuk model ini. Akan tetapi juga tidak menutup kemungkinan adanya tawaran mesin 1.600 cc turbo mengingat rivalnya sudah memakai mesin serupa.

Nissan Kicks hadir dengan desain grille besar V-shapped yang mempertegas statusnya sebagai mobil Nissan. Grille ini disandingkan dengan headlights LED berdesain horizontal. Di bagian pilar A dan pilar C dilapisi warna hitam yang menciptakan kesan atap mengembang atau floating roof.

Mobil ini mempunyai dimensi panjang 4.295 mm, dengan lebar 1.800 mm, dan tinggi mencapai 1.600 mm. Untuk wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 2.620 mm atau lebih panjang 175 mm dari Nissan Juke.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply