Home Motor Motor Matic Ganti Oli Gardan Motor Matic Sambil Tunggu Buka Puasa

Ganti Oli Gardan Motor Matic Sambil Tunggu Buka Puasa

0 101

Oli Gardan, Menunggu buka puasa bukan berarti dilakukan dengan bermalas-malasan atau melakukan hal yang tidak bermanfaat. Ada banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan, termasuk merawat motor matic kesayangan supaya tetap prima. Salah satu bagian yang membutuhkan perawatan dan penggantian berkala adalah oli gardan atau juga biasa disebut oli transmisi. Penggantian oli gardan terbilang mudah, sehingga bisa dilakukan sendiri di rumah sembari menunggu adzan Maghrib tiba.

Boks oli transmisi biasanya berada di bagian belakang. Persisnya di bagian pemutar roda belakang yang menjadi kesatuan dengan bagian CVT. Pelumas di dalamnya juga membutuhkan penggantian secara berkala. Sebab di dalam komponen tersebut ada banyak komponen yang saling bergesekan.

Penggantian oli gardan idealnya dilakukan setiap 8.000 km. Harga oli gardan terbilang sangat murah, yakni berkisar Rp 15.000 sampai Rp 20.000 untuk ukuran 120 ml dan bisa dibeli di bengkel terdekat. Selain oli transmisi, siapkan pula kunci shock. Biasanya ukuran 12 mm, namun juga tergantung motor matic masing-masing. Perlengkapan terakhir adalah wadah untuk oli bekas dan lap. Untuk langkah-langkahnya silakan mencermati tips berikut.

  1. Posisikan motor berdiri dengan standar tengah. Ini dilakukan untuk memudahkan kita saat memutar baut.
  2. Untuk beberapa jenis skuter matik biasanya harus dicek memakai lidi untuk mengukur seberapa habis oli gardan di dalamnya. Umumnya hal ini perlu dilakukan pada motor matic Yamaha.
  3. Berikutnya, buka baut penutup oli gardan. Untuk motor Honda, baut penutup dan baut pembuangan sama. Letaknya di samping kiri motor bagian boks CVT. Aat dibuka, oli gardan akan mengucur di bagian tersebut. Akan tetapi untuk merek lain biasanya baut pembuangan ada di bagian bawah boks CVT.
  4. Buang oli lama, biarkan mengucur pada wadah penampungan. Tunggu hingga benar-benar bersih.
  5. Setelah itu pasang kembali baut pembuangan sampai kencang supaya tidak bocor.
  6. Isi kembali dengan oli transmisi pada baut yang tadi dibuka.

Itulah cara mengganti oli gardan motor matic yang dapat Anda ikuti. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda. Selamat menunaikan ibadah puasa untuk Anda yang menjalankannya.

Baca juga: Cara Ganti Oli Motor

Source: ganti oli matic honda, harga oli motor matic honda, kapasitas oli untuk motor matic, oli gardan motor, pergantian oli gardan pada matic, tips ganti oli motor matic, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply