Home Auto News Yamaha X-Ride 2017 Segera Rilis Pakai Mesin Baru?

Yamaha X-Ride 2017 Segera Rilis Pakai Mesin Baru?

Yamaha X-Ride, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dikenal mempunyai jajaran skuter matik yang cukup lengkap. Bahkan beberapa di antaranya mengusung desain dan konsep yang unik. Yamaha X-Ride adalah salah satunya. Beberapa tahun motor Yamaha itu tidak memiliki pesaing di segmen skutik penjelajah alias skutik adventure.

Akan tetapi belum lama ini salah satu rivalnya, Honda meluncurkan BeAT Street eSP yang serupa dengan X-Ride. Motor Honda ini mengambil basis dari BeAT eSP terbaru yang mendapat sentuhan ala adventure. Kehadiran rival ini tak membuat YIMM berdiam diri.

Hal ini dibuktikan dengan beredarnya kabar bahwa motor matic Yamaha itu akan segera mendapatkan pembaruan. Kabar ini sebenarnya sudah berkembang sejak bulan kemarin. Menurut informasi Beritagar, blog Iwan Banaran mendapat bocoran seputar motor matic yang sedang diuji coba di Majalengka, Jawa Barat.

Lebih lanjut, seorang sumber mengatakan bahwa motor berpenampilan misterius tersebut sekilas tampak seperti X-Ride. Sementara bagian lainnya tampak mirip Yamaha Aerox 125. “Ciri-cirinya lampu depannya mirip X-Ride, nah lampu belakangnya lancip mirip Aerox 125, hanya saja ada behel tanduk di belakangnya, suspensi belakangnya menggunakan suspensi tabung,” jelasnya.

Informasi lainnya juga berhembus dari TMCBlog. Menelisik Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) kendaraan bermotor di Kementerian Perindustrian (Kemenperin), terdapat kode Yamaha BY8 AT yang cukup mengundang rasa penasaran.

Taufik, pemilik TMCBlog yakin bahwa motor tersebut merupakan skuter matik, dengan melihat kode AT yang berarti Automatic Transmission. Selain itu, Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) motor baru ini mencapai Rp 12 juta. Mirip dengan NJKB Yamaha 2BU yang menjadi kode Yamaha X-Ride 115.

“Artinya, sangat mungkin sekarang bahwa Yamaha BY8 AT merupakan next Yamaha X-Ride 125,” jelas Taufik.

Jika memang benar, perubahan signifikan yang terjadi pada motor ini kemungkinan ada pada sektor dapur pacu. Untuk informasi, X-Ride yang diedarkan saat ini mengandalkan mesin dengan kapasitas sebesar 113,7 cc 4-tak SOHC. Mesin Yamaha Mixture Jet Fuel Injection (YM-Jet FI) dengan dua saluran udara ini belum mengusung teknologi baru dari Yamaha, Blue Core. Bila dirilis motor Yamaha ini kemungkinan akan mendapat mesin berkapasitas 125 cc Blue Core.

Kabar yang beredar ini juga telah ditanggapi oleh pihak YIMM. Hanya saja M. Abidin, GM Aftersales Division YIMM masih belum bersedia memberikan informasi lebih dalam. Ia hanya mengatakan untuk menunggu tanggal peluncurannya saja.

Baca juga: Upgrade Performa Yamaha X-Ride Lebih Bertenaga

“Iya, tau saja informasinya. Untuk perubahan mesin tunggu saja nanti ya,” ungkapnya, dilansir dari KompasOtomotif.

Sekadar informasi, pada saat pertama kali dirilis Yamaha X-Ride tak luput dari keraguan banyak pihak. Tidak sedikit yang meragukan motor matic dengan konsep unik ini laris di pasaran. Sementara itu, sepanjang tahun lalu penjualan motor Yamaha ini memang mengalami pasang surut. Kendati begitu tren menggambarkan lebih cenderung ke arah positif.

Sepanjang tahun 2016, X-Ride berhasil terjual sebanyak 74.744 unit. Sementara di tahun ini penjualan skutik Yamaha ini tampak cukup stabil. Tercatat penjualan sebesar 5.551 unit pada awal tahun. Sementara di bulan Februari naik tipis menjadi 5.734 unit. Pada Maret penjualannya turun menjadi 4.586 unit dan kembali naik di bulan April menjadi 6.557 unit.

Meskipun penjualannya cukup positif, namun hadirnya Honda BeAT Street menjadi ancaman tersendiri bagi Yamaha. Pasalnya sepanjang 2017 ini penjualan motor matic Honda itu mencapai 57.399 unit. Jauh lebih tinggi dari Yamaha X-Ride yang periode Januari-April 2017 membukukan total penjualan 22.428 unit.

Bagi yang ingin membelinya, Yamaha X-Ride terbaru informasinya akan hadir pada Juli 2017 mendatang. Kita tunggu saja informasi selanjutnya dari Yamaha.

Source: bentuk yamaha x ride blue core, new x ride terbaru, suzuki matik png, x ride yamaha, xride 2017 terbaru, yamaha aerox 125 blue core, yamaha x ride 125cc blue core, yamaha x ride blue core 2017, yamaha xride 115 2017, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply