Home Motor Pilih Helm Motor Baru, Simak Tips dan Referensinya

Pilih Helm Motor Baru, Simak Tips dan Referensinya

0 203

Helm Motor, Indonesia merupakan salah satu negara dengan penjualan motor paling tinggi di seluruh dunia. Hal tersebut rupanya juga dibarengi dengan tingginya angka kecelakaan di jalan. Dari beberapa jenis kendaraan yang ada, sepeda motor memang menjadi kendaraan yang paling rawan kecelakaan. Maka dari itu sudah sepatutnya para pengendara roda dua melengkapi dirinya dan penumpang dengan alat keselamatan yang memadai.

Salah satu yang tidak boleh diabaikan adalah helm. Keberadaan helm sudah tidak terpisahkan lagi dari masyarakat, terutama pengguna motor. Fungsinya sangat vital, yakni untuk melindungi kepala dari benturan. Oleh karenanya dalam memilih helm baru tidak boleh asal pilih. Jika Anda berencana membeli helm motor dalam waktu dekat, ada beberapa tips yang bisa Anda simak terlebih dahulu. Silakan simak artikel berikut ini.

Tips Pilih Helm

Sudah SNI

Pertama dan yang paling penting, pastikan helm yang hendak dibeli sudah bersertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Sudah pasti yang sudah bersertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dong,” kata Avant Tjen, General Manager PT Prakarsa Abadi Sentosa selaku pemegang merek Nolan dan Xlite di Tanah Air, mengutip dari laman Otomotifnet.

Jika helm sudah dilengkapi label SNI, maka setidaknya helm tersebut sudah lolos regulasi standar yang ditetapkan di Indonesia melalui sejumlah uji impact.

Ukuran

Tips berikutnya adalah soal ukuran. Pastikan helm baru yang Anda pilih tidak terlalu longgar dan juga ketat. Sebab, bila terlalu sempit justru membuat pengguna mudah pusing lantaran aliran darah di kepala tidak lancar. Sedangkan helm yang kelonggaran dapat menyebabkan helm mudah berganti posisi. Tentunya hal ini tidak aman untuk melindungi kepala pengguna, termasuk saat terjadi benturan.

Cek Busa Helm

Selanjutnya, cek busa di dalam helm. Pastikan busa di dalam helm cukup tebal untuk mengimbangi shell atau cangkang helm yang keras. Di samping itu dianjurkan untuk memilih helm motor yang mempunyai inner lembut sehingga nyaman ketika dipakai.

Perhatikan Keamanan

Tips terakhir adalah pilihlah helm yang melindungi seluruh bagian tempurung kepala. Selain itu pastikan helm yang hendak dibeli mempunyai tali pengikat yang kuat, baik tali maupun mekanisme penguncinya. Mengenai hal ini, double D ring dinilai menjadi jenis yang paling kuat. Hanya saja cukup susah untuk membuka dan melepasnya.

Baca juga: 5 Tips Rawat Helm Motor

Referensi Helm Motor

Di pasaran ada banyak sekali merek helm motor yang beredar. Bahkan setiap merek juga mempunyai beragam jenis atau model yang bisa dipilih. Rentang harga helm motor ini juga beragam. Mulai dari yang paling terjangkau hingga yang mahal. Berikut ini akan dibeberkan beberapa pilihan helm motor yang mempunyai value for money yang cukup baik, sebagaimana disadur dari laman Otomotif.

NHK GP1000

Pilihan pertama yang bisa dipertimbangkan adalah NHK GP1000. Johanes Cokrodiharjo, Marketing Director PT Dana Persada Raya Industri, produsen helm NHK mengklaim model ini cukup diminati oleh masyarakat. Salah satu alasannya adalah harga yang tidak sampai Rp 500 ribu dan kualitasnya yang bagus.

Harga helm full face ini mencapai Rp 475 ribu. Selain sudah full face, helm ini memakai cangkang dari thermoplastic polymer atau ABS. “Untuk inner kita pakai bahan microfiber, bahan kain paling tinggi di kelasnya. Saat dipakai berjam-jam, rider tetap nyaman,” terang Johanes.

KYT DJ Maru

Tentunya para pecinta otomotif tidak asing dengan helm motor yang satu ini. Model ini merupakan helm KYT yang paling laris. Bahkan tipe ini masih diproduksi sampai saat ini. Pilihan corak dan warnanya bermacam-macam. Sedangkan harga helm KYT DJ Maru ini mulai Rp 275 ribu untuk warna polos.

Helm ini sudah mengantongi standarisasi SNI 1811-2007 dengan bahan material thermoplastic composite. Sementara bagian dalam helm atau busanya dapat dilepas dengan mudah. Hal ini akan memudahkan pemilik untuk mencuci helm kesayangan.

Baca juga: Tips Mencuci Helm Motor

“Dengan harga yang terjangkau, kami sematkan material berkualitas tinggi, sehingga konsumen merasa nyaman menggunakan produk kita dan merasa safety,” jelas Simon Mulyadi, Marketing Manager PT Tarakusuma Indah selaku pemegang merek KYT di Indonesia.

Zeus Z610

Pilihan helm lainnya adalah Zeus Z610. Helm ini diproduksi di Vietnam dan dipasarkan di Indonesia dengan finishing yang terbilang rapi. Salah satu daya pikat dari helm motor ini adalah standarisasinya yang sudah lolos DOT, ECE dan SNI. Tidak hanya itu, helm ini juga mempunyai sejumlah fitur menarik.

Salah satunya adalah sudah hadirnya double visor. Menariknya keduanya diklaim sudah anti-scratch. Selain itu liner-nya dapat dilepas sehingga akan mudah untuk mencucinya. Fitur lainnya adalah hadirnya empat lubang ventilasi supaya pengguna tidak kepanasan selama perjalanan.

Harga helm half face ini terbilang masih cukup terjangkau. Zeus 610 bisa dibeli dengan menebus Rp 435 ribu sampai Rp 455 ribu.

Nolan N405GT

Jika ingin yang lebih istimewa, bisa memilih helm Nolan ini. Tipe N405GT hadir dengan model crossover. Menariknya, helm ini bisa menjadi full face dan juga bisa berubah jadi open face dengan melepas pelindung dagu. Tawaran lain dari helm ini adalah hadirnya dual visor. Avant mengatakan, kualitas Nolan dibuat di atas rata-rata dengan memakai bahan yang tidak mudah rusak ataupun kusam.

“Meskipun SNI, kualitas Nolan tetap dibuat di atas rata-rata, makanya bahan yang kita punya enggak cepat rusak atau kusam,” ujarnya. Bila berminat, harga helm Nolan ini mencapai Rp 3,5 juta.

Itulah tips seputar memilih helm motor yang bisa Anda simak. Saat ini banyak helm menarik yang dijual di pasaran. Anda bisa memilihnya, namun jangan mengabaikan faktor keamanannya. Utamakan helm berkualitas yang mampu melindungi pengguna dari benturan.

Source: harga helm di pasaran, harga helm half face, harga helm nolan, helm zeus, kyt nhk baru, model helm kyt, pt nhk, pt tara kusuma indah, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply