Home Motor Kirim Motor Via Kereta Api, Jangan Lupakan Ini

Kirim Motor Via Kereta Api, Jangan Lupakan Ini

0 79

Kirim Motor Via Kereta Api, Musim mudik lebaran 2017 akan segera tiba. Momen ini dimanfaatkan sebagian masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halaman. Tak heran bila di saat seperti ini masyarakat perkotaan khususnya disibukkan dengan persiapan seputar mudik. Di sisi lain hal-hal yang berkaitan dengan mudik juga kebanjiran berkah. Salah satunya adalah jasa pengiriman motor.

Tidak dimungkiri bahwa sepeda motor masih menjadi alat transportasi andalan para pemudik. Akan tetapi untuk yang ingin membawa motor saat mudik nanti namun tidak ingin repot, maka bisa memanfaatkan jasa pengiriman motor. Anda juga bisa menggunakan jasa kirim motor via Kereta Api jika berencana mudik tahun ini.

Akan tetapi meskipun memudahkan, tetap ada beberapa hal yang patut untuk diperhatikan. Hal ini perlu dicermati supaya Anda lebih nyaman dan motor juga aman. Anisa, salah satu staf Kereta Api Logistik di stasiun Jakarta-Kota mengatakan bahwa saat melakukan pengiriman tidak serta-merta menyerahkan begitu saja. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sehingga motor bisa selamat sampai tujuan. Berikut adalah yang perlu dilakukan, melansir dari Dapurpacu.

  1. Kosongkan tangki bahan bakar

Sebelum dikirim, pastikan bahwa bahan bakar di tangki motor sudah kosong. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Tujuannya adalah untuk keselamatan dan mencegah terjadinya kebakaran saat proses pengiriman.

  1. Fotokopi surat kendaraan

Selanjutnya yang tak kalah penting, jangan pernah menyerahkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli ke petugas pengiriman. Sertakan fotokopi STNK saja dan jangan lupa untuk memastikan bahwa STNK sudah cocok dengan kendaraan yang akan dikirim. Nantinya, surat itu menjadi bukti pencocokan kendaraan ketika diambil di tempat tujuan.

  1. Tempat pengambilan

Tentukan tempat pengambilan kendaraan ketika sampai di tujuan nanti. Seperti wilayahnya di mana, apakah di stasiun kota tujuan atau di pangkalan jasa pengiriman. Di samping itu mintalah alamat dan nomor telepon kantor cabang atau agen. Dengan begitu Anda tidak akan kebingungan ketika akan melakukan pengambilan motor.

  1. Waktu pengiriman

Disarankan untuk tidak melakukan pengiriman menjelang hari lebaran. Sebab, saat menjelang lebaran pengiriman kendaraan memakai kereta api logistik sudah sangat padat. Untuk itu akan lebih baik bila melakukan pengiriman sejak jauh-jauh hari.

“Biasanya 4 hari menjelang lebaran sudah mulai ramai, saya sarankan, kalau bisa satu minggu sebelum lebaran, supaya kiriman tiba di kota tujuan tepat waktu,” ungkap Anisa.

  1. Cek ulang

Saat motor milik Anda sudah sampai di tempat tujuan, jangan lupa untuk melakukan pengecekan motor. Pastikan motor yang Anda ambil benar-benar milik Anda dan tidak ada bagian yang tertukar dengan motor lain.

“Saat pelanggan mengambil saya sarankan agar melakukan pengecekan unit motornya, siapa tahu karena ramai ada part seperti kaca spion yang tertukar, tujuannya untuk memastikan saja,” saran Anisa.

Antisipasi Motor Supaya Tidak Lecet

Selain 5 hal di atas, ada hal yang mungkin jadi pertanyaan banyak masyarakat. Jika terjadi lecet, siapa yang akan bertanggungjawab?

Perlu Anda ketahui, penyedia jasa pengiriman motor via kereta api tidak bertanggungjawab atas kerusakan yang terjadi selama dalam perjalanan.

“Jika sepeda motor yang dikirim menggunakan kereta mengalami kerusakan selama perjalanan, perusahaan tidak bertanggung jawab. Makanya, semua sepeda motor kami bungkus supaya tidak lecet. Biasanya, bodi samping motor yang lecet, karena goyangan kereta saat berjalan,” terang Suhadi, Kepala Unit Pengiriman Barang PT Herona Expess Cabang Manggarai.

Lebih lanjut Suhadi mengklaim pihaknya sangat teliti dalam membungkus barang kiriman. Setelah dibungkus, motor dibawa ke stasiun dengan memakai truk. Lalu disatukan dengan motor yang dibawa agen cabang lainnya dan dimasukkan ke dalam gerbong.

Sebagai informasi, Herona Express Manggarai sebagai salah satu agen penyedia jasa pengiriman barang melalui kereta api itu setiap harinya mendapat jatah mengirim 15 unit. Jatah tersebut akan digabungkan dengan cabang-cabang agen lainnya di stasiun Tanah Abang dan dimuat ke dalam gerbong.

“Dalam satu gerbong kereta, bisa membawa sampai sekitar 60 sepeda motor,” ungkap Suhadi.

Itulah seputar tips seputar kirim motor melalui kereta api yang bisa Anda cermati. Untuk tips lainnya bisa Anda simak pada artikel kami sebelumnya. Jika berminat, Anda bisa mencari beberapa penyedia jasa pengiriman motor terpercaya dan menentukan mana yang paling menarik bagi Anda.

Baca juga: Tips Pengiriman Motor untuk Mudik

Kami harap informasi tentang tips kirim motor via kereta api di atas bermanfaat untuk Anda. Selamat mudik untuk Anda yang berniat mudik di tahun ini. Semoga selamat sampai tujuan.

Source: agen pengiriman motor via kereta api, jasa pengiriman motor indonesia, kereta barang jawa, membungkus motor sebelum dikirim, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply