Home Motor Persiapan Sebelum Mudik Naik Motor, Perhatikan Ini

Persiapan Sebelum Mudik Naik Motor, Perhatikan Ini

0 144

Mudik Naik Motor, Saat Lebaran tiba, maka angan tidak terlepas dari mudik. Sudah menjadi tradisi di Indonesia saat memasuki hari raya Idul Fitri tiba, masyarakat melakukan mudik atau pulang ke kampung halaman. Untuk melakukan mudik, masyarakat bisa memanfaatkan sejumlah sarana yang ada. Bisa memakai kendaraan umum dan juga bisa memakai mobil atau motor pribadi.

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, banyak sekali pemudik yang mengandalkan sepeda motor untuk pulang ke kampung halaman. Mudik dengan motor dipilih lantaran lebih murah dan cenderung bisa gesit saat menghadapi jalanan macet. Kendati begitu sebenarnya naik motor untuk melakukan perjalanan mudik tidak begitu disarankan.

Akan tetapi bila Anda memang ingin memanfaatkan sepeda motor pribadi untuk mudik tahun ini, ada beberapa tips yang harus Anda simak. Tips ini bertujuan untuk menjamin perjalanan Anda lebih aman dan nyaman.

Stanley Sibuea, Kepala Mekanik AHASS di Depok menganjurkan kepada masyarakat yang hendak mudik dengan motor untuk melakukan perawatan motor 2 atau 1 minggu ebelum keberangkatan. Hal ini bertujuan supaya waktu pengerjaan benar-benar maksimal. Apabila ada part yang harus diganti juga bisa segera ditangani.

“Untuk perawatan sebaiknya 2 atau satu minggu sebelum perjalanan, tujuannya supaya hasilnya maksimal, dan jika ada part yang diganti bisa segera diganti supaya dalam perjalanan aman dan nyaman,” jelasnya, dikutip dari laman Dapurpacu.

Pemeriksaan dan perawatan yang perlu dilakukan adalah karburator apabila motor yang dipakai masih memakai karburator. Sementara untuk motor injeksi adalah bagian injector. Cek sistem pengapian, juga bearing (laher) roda, kondisi rem depan-belakang dan rantai atau gir set. Di samping itu jangan lupa untuk memeriksa filter udara bila memakai saringan udara. Yang tak kalah penting adalah jangan lupa untuk mengganti pelumas mesin.

Baca juga: Mudik dengan Motor Matik, Perhatikan Hal Ini

Apabila Anda hendak menggunakan motor matic atau skuter matik (skutik), juga ada beberapa bagian yang perlu diperiksa. Antara lain roller, van belt, filter udara, busi dan oli gardan. Apabila jarak tempuh motor sudah mencapai 17000 km akan lebih baik bila mengganti filter udara.

Stanley menyarankan, walaupun motor tergolong baru atau belum sampai menyentuh 5000 km, lebih baik periksa seluruh komponen. Terlebih jika motor dipakai setiap hari. Tujuannya agar Anda yakin bahwa motor yang akan dipakai mudik benar-benar dalam kondisi baik. Di samping itu ia juga menganjurkan melakukan servis di bengkel resmi.

Sebelum melakukan mudik, pastikan segala sesuatunya sudah dipersiapkan dengan matang. Mulai dari kendaraan yang akan dipakai, barang yang akan dibawa, mempelajari medan yang hendak dilalui dan lain sebagainya. Selain itu pastikan kondisi Anda dan penumpang dalam prima agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di jalan.

Jika di perjalanan nanti Anda atau pengendara merasa lelah, lebih baik beristirahat terlebih dahulu di tempat yang memadai. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk kirim motor via kereta api jika berkendara dengan motor tampak akan melelahkan untuk Anda. Sebagai referensi Anda bisa menyimak tips-tips kami lainnya seputar mudik.

Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga informasi tips mudik naik motor yang kami sampaikan di atas bermanfaat untuk Anda. Selamat jalan untuk Anda yang akan mudik, semoga selamat sampai tujuan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply