Home Auto News Hasil MotoGP Italia 2017, Dovizioso Beri Kemenangan untuk Ducati

Hasil MotoGP Italia 2017, Dovizioso Beri Kemenangan untuk Ducati

0 96

MotoGP Italia 2017, MotoGP Italia telah usai di gelar dengan kemenangan yang diraih oleh Andrea Dovizioso. Pembalap Ducati itu berhasil keluar sebagai juara setelah bersaing dengan pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales. Dovizioso menyentuh garis finish pertama kali dengan catatan waktu 41 menit 32,126 detik.

Sementara posisi kedua ditempati oleh Vinales yang disusul oleh Danilo Petrucci di peringkat ketiga. Rekan satu tim Vinales, Valentino Rossi gagal menunjukkan performa maksimalnya. Ia tidak naik podium dan hanya berhasil mengamankan peringkat keempat.

Padahal di awal balapan Rossi yang menjadi tuan rumah berhasil melesat dan memimpin jalannya pertandingan. Akan tetapi Rossi mendapat perlawanan dari Jorge Lorenzo. Kedua pembalap ini saling berebut posisi terdepan. Lima lap pertama MotoGP 2017 Italia menjadi ajang pertarungan antara Lorenzo, Rossi dan Vinales. Selalu terjadi perubahan posisi terdepan di antara ketiga pembalap ini hingga memasuki lap ketujuh.

Di sisi lain Dovizioso tampil agresif dan berhasil maju hingga urutan keempat. Pada lap kesembilan ia juga berhasil merebut posisi kedua dari Rossi. Setelah terlibat beberapa kali saling salip, Vinales berhasil menduduki posisi pertama saat balapan memasuki lap ke-10.

Nasib kurang beruntung menimpa Lorenzo. Meski awalnya ia tampil meyakinkan di awal lomba, pada akhirnya Lorenzo turun ke posisi keenam setelah kalah saing dari Danilo Petrucci dan Marc Marquez. Tidak cukup sampai di situ, rekan satu tim Dovizioso itu kembali turun ke peringkat delapan setelah didahului oleh Alvaro Bautista dan Johann Zarco.

Di lap 10 terakhir, perhatian menuju ke arah Dovizioso dan Vinales yang saling duel untuk merebut peringkat pertama. Dovizioso diuntungkan dengan adanya trek lurus sehingga unggul di lap ke-16. Sementara itu Rossi yang sebelumnya berada di posisi ketiga harus takluk dengan Petrucci yang mendahuluinya di trek lurus di lap ke-17. Petrucci bahkan dapat mendahului Vinales dan berada di posisi kedua pada tikungan terakhir lap 17.

Hanya saja Vinales kembali mengamankan posisi kedua dari Petrucci di empat lap terakhir. Dengan permainan yang bagus Vinales dapat mendahului Petrucci di trek lurus.

Sementara itu, balapan juga diwarnai insiden antara Cal Crutchlow dan Dani Pedrosa di tikungan ke-10. Pedrosa yang tergelincir ketika mendahului dari sisi dalam menabrak Crutchlow. Alhasil kedua pembalap itu gagal menuntaskan pertandingan.

Baca juga: 7 Fakta Usai MotoGP Jerez 2017

Hingga balapan usai, Dovizioso tetap berhasil mempertahankan posisi terdepannya yang didapat sejak lap ke-16. Pembalap Ducati ini menjadi juara seri untuk pertama kalinya di MotoGP musim 2017 ini. Keberhasilan Dovizioso ini sekaligus menjadi kemenangan untuk tim Ducati di Mugello. Sebelumnya Ducati pernah menang di GP Italia melalui Casey Stoner di tahun 2009.

Di sisi lain, gagalnya Rossi memenangkan pertandingan mungkin menjadi sebuah kekecewaan tersendiri bagi penggemarnya. Rossi mengungkapkan bahwa dirinya tidak mempunyai cukup energi untuk meraih podium. Seperti yang diketahui, pembalap Italia itu mengalami cedera dada dan perut dalam kecelakaan motorcross minggu lalu. Akan tetapi ia pada akhirnya dinyatakan pulih dan bisa balapan di sirkuit Mugello.

“Pastinya ada rasa malu tidak naik podium, karena itu selalu target,” ujarnya, dikutip dari Otomotifnet.

“Saya tahu 23 lap akan sulit, karena saya menderita lebih dari normal – dalam praktek ketika Anda melakukan empat atau lima lap itu biasa, Anda bisa pulih, tetapi dalam waktu lama lebih sulit. Delapan lap menjelang akhir balapan, saya sudah saya mulai lebih menderita,” jelas Rossi.

“Bagi saya pribadi masalahnya adalah kondisi fisik saya, Karena di lap terakhir saya tidak mampu berbuat lebih banyak karena saya sudah habis,” kata dia.

Sementara itu, rekan satu timnya, Vinales mengaku bahwa kejuaraan lebih penting dari piala kemenangan. “Saya sangat senang finish kedua karena ini hari yang sulit, setelah kecelakaan pada hari Jumat. Saya mencoba, terutama saat awal mencoba untuk ngebut, tetapi Dovizioso benar-benar kuat hari ini,” ungkap Vinales.

“Saya seorang pembalap yang selalu mempersiapkan untuk tancap gas di enam atau tujuh lap terakhir – tetapi saya juga berpikir untuk kejuaraan. Dua puluh point lebih penting” jelasnya.

Hasil MotoGP 2017 Italia

No.RiderCatatan Waktu
1Andrea Dovizioso (Ducati)41 menit 32,126 detik
2Maverick Viñales (Movistar Yamaha) 41 menit 33,407 detik
3Danilo Petrucci (Pramac Racing) 41 menit 34,460 detik
4Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 41 menit 35,811 detik
5Alvaro Bautista (Aspar Team) 41 menit 37,928 detik
6Marc Marquez (Repsol Honda) 41 menit 38,011 detik
7Johann Zarco (Yamaha Tech 3) 41 menit 45,331 detik
8Jorge Lorenzo (Ducati) 41 menit 46,519 detik
9Michele Pirro (Ducati) 41 menit 47,006 detik
10Andrea Iannone (Suzuki) 41 menit 47,628 detik
11Tito Rabat (Marc VDS) 41 menit 54,130 detik
12Scott Redding (Pramac Racing) 41 menit 57,078 detik
13Jonas Folger (Yamaha Tech 3) 42 menit 0,286 detik
14Hector Barbera (Avintia Racing) 42 menit 2,802 detik
15Jack Miller (Marc VDS) 42 menit 2,905 detik
16Karel Abraham (Aspar Team) 42 menit 14,432 detik
17Sylvain Guintoli (Suzuki Ecstar) 42 menit 18,420 detik
18Loris Baz (Avintia Racing) 42 menit 22,857 detik
19Sam Lowes (Aprilia Gresini) 42 menit 22,866 detik
20Bradley Smith (KTM) 42 menit 23,023 detik

Tampaknya MotoGP Italia 2017 menjadi bukti persaingan antar pembalap semakin sengit.

Source: hasil motogp italia 2017, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply