Home Motor Motor Matic Cek V-Belt Motor Matic Sambil Tunggu Buka Puasa

Cek V-Belt Motor Matic Sambil Tunggu Buka Puasa

0 237

V-Belt Motor Matic, Di Indonesia keberadaan skuter matik menggeser kepopuleran motor bebek yang sempat tenar beberapa tahun silam. Skutik atau juga biasa disebut motor matic banyak disukai karena lebih mudah untuk dikendarai, terutama bagi pengendara wanita. Meskipun mudah dikendarai, bukan berarti motor ini tidak membutuhkan perawatan.

Sama seperti motor jenis lainnya, komponen skutik juga membutuhkan perawatan. Termasuk v-belt motor matic. Mungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing mengenai komponen ini. V-belt merupakan komponen yang sangat penting karena bertugas sebagai penerus daya dari mesin ke roda. Oleh karenanya wajib bagi pemilik untuk menjaga kondisinya supaya tetap baik.

Tentunya Anda tidak ingin perjalanan terganggu hanya karena v-belt putus di jalan. Belum lagi jika masih awam dan belum paham bagaimana cara menanganinya di saat darurat seperti itu. Untuk itu lebih baik mengecek kondisinya supaya terhindar dari kejadian tersebut. Apalagi dalam waktu dekat Lebaran tiba. Biasanya banyak masyarakat yang mudik dengan mengandalkan motor.

Sebelum bepergian, maka alangkah baiknya untuk melakukan pengecekan bagian ini. Sekalian sambil menunggu waktu buka puasa tiba. Mendeteksi kondisi komponen yang satu ini tidaklah rumit.

Anda cukup mencermati getaran atau noise dari motor matic. Bila ada getaran yang tidak biasa, kemungkinan bersumber dari v-belt. Termasuk jika akselerasi menjadi lebih lambat dan bensin dirasa lebih boros karena terjadi selip. Kendala tersebut memang tidak selalu dikarenakan v-belt motor matic. Bisa jadi permasalahan timbul karena komponen lainnya. Kendati begitu tidak ada salahnya untuk memeriksa lebih lanjut.

Yang perlu Anda lakukan adalah membongkar cover CVT dan memperhatikan setiap komponen. Apabila Anda menjumpai keretakan pada v-belt, maka itu tandanya Anda harus segera melakukan penggantian. Tanda lainnya v-belt perlu diganti adalah dimensi yang sudah menyusut dari standarnya. Hal ini terjadi karena gesekan dengan pully.

Ciri lainnya dapat dilihat dari sisi samping kanan dan kiri v-belt. Bagian tersebut selalu mengalami gesekan, sehingga kemungkinan aus bisa langsung dilihat. Terutama munculnya serat seperti benang. Apabila ada yang putus, maka v-belt motor Anda sudah tidak dapat dipakai lagi dan perlu segera diganti.

Sementara Doddy, mekanik sebuah bengkel di Jakarta menyarankan kepada pemilik untuk memperhatikan lekukan berbentuk V. Apabila terlihat retak atau belt sudah longgar maka perlu segera dilakukan penggantian. “V-belt harus sering dicek, apalagi bila motor sudah terasa tidak enak dikendarai,” ujarnya, dikutip dari Okezone.

Baca juga: Penyebab V-Belt Motor Matic Putus

Doddy juga menganjurkan untuk memeriksa setiap enam bulan sekali atau 1.000 km. “Idealnya enam bulan sekali harus dicek atau 1.000 kilometer. Ciri-ciri yang bisa langsung dirasakan si pengendara bila belt sudah tidak bagus lagi adalah terdengar bunyi gesekan,” jelasnya.

Perlu diketahui, umur pakai v-belt motor matic yang direkomendasikan pabrikan umumnya bisa lebih dari 20 ribu km. Sebagai contoh, v-belt Honda BeAT usia pakainya bisa mencapai 24 ribu. Hanya saja masa pakai tersebut bisa lebih pendek bila sering over load atau digunakan berkendara non stop dalam jangka waktu panjang. Hal tersebut dapat membuat ruang CVT menjadi panas.

Tidak hanya itu, pemakaian ban yang terlalu besar juga dapat membebani kerja v-belt. Pada akhirnya akan membuat v-belt motor matic cepat putus.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply