Home Mobil Mengenal Ban Mobil Cadangan ‘Space Saver’

Mengenal Ban Mobil Cadangan ‘Space Saver’

0 176

Ban Mobil, Mobil baru yang dijual di Indonesia biasanya sudah dilengkapi dengan ban serep atau ban cadangan. Akan tetapi banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan komponen yang satu ini. Hanya sedikit pembeli yang melakukan pengecekan ban serep jenis apa yang disematkan pada mobil baru pilihannya.

Perlu diketahui, jenis ban serep untuk mobil bermacam-macam. Ada pabrikan yang memberikan ban cadangan yang sama persis dengan aslinya. Akan tetapi juga ada yang menyertakan ban serep kaleng. Selain itu juga ada ban cadangan yang diameter peleknya lebih besar dan lebarnya lebih kecil.

Ban ini disebut dengan nama ‘Temporary Spare Tire’ atau ‘Space Saver Spare Tire’. Ban cadangan yang satu ini memang memiliki ukuran yang lebih tipis dibanding ban standar. Biasanya ban serep ini dipakai karena pabrikan ingin memaksimalkan ruang kabin dan mengurangi emisi dengan mengurangi berat. Untuk mengenal lebih dekat, berikut adalah penjelasan seputar ban cadangan yang satu ini, dikutip dari Otomotifnet.

Ukuran

Ban cadangan jenis space saver tidak memiliki ukuran pasti. Akan tetapi biasanya memakai pelek dengan diameter lebih besar dari versi standar. Tujuannya untuk meminimalisir pemakaian karet ban. Sebagai contoh, Toyota Nav1 mengusung pelek standar 16 inci dengan ban 205/60. Untuk ban serepnya berukuran 17 inci dengan ban T145/70 atau jauh lebih tipis dari ban aslinya.

Ukuran tersebut ditujukan untuk mengikuti standar Euro III yang berlaku di Jepang. Selain itu lantaran mobil Toyota itu juga berfungsi sebagai mobil keluarga, maka pemakaian ban serep space saver itu dapat membuat ruang kabin menjadi lebih maksimal.

Selain Nav1, All New Hyundai Tucson juga memakai ban serep yang serupa. Roda aslinya berukuran 255/60R17 dengan pelek 17 inci. Sedangkan ban space saver-nya memiliki ketebalan T155/90 dengan pelek 16 inci.

Tidak hanya ukuran bannya yang dibuat lebih tipis, bahan karet yang dipakai juga berbeda dari standarnya. Umumnya pabrikan memakai kompon lebih soft. Tujuannya untuk memaksimalkan traksi dari permukaan yang jauh lebih kecil.

Tekanan

Lantaran permukaan ban space saver yang menyentuh aspal jalan lebih kecil dari ban standar, maka ban cadangan tersebut harus dipaksa menopang bobot yang lebih besar. Oleh karena itu tekanan angin harus lebih tinggi dari ban standar. Jika pada ban standar tekanan angin hanya sekitar 30-35 psi, maka pada ban space saver dapat menembus angka 60 psi.

Baca juga: Tips Mudik dengan Mobil, Periksa Ban Cadangan

Untuk mengetahuinya bisa melihat tulisan pada dinding ban space saver. Maka dari itu sebelum memakai ban serep ini pengemudi perlu memompanya dulu sesuai dengan angka yang tertera pada dinding ban.

Penggunaan

Ban cadangan ini hanya dipakai untuk sementara waktu, hingga pengemudi menemukan tempat untuk memperbaiki ban standarnya. Ban cadangan space saver memang diperuntukkan dalam jangka waktu sementara saja dan segera diganti bila ban standar sudah bisa dipakai. Akan tetapi setelah dipakai Anda tidak perlu membeli ban serep baru. Ban ini tetap bisa dipakai lagi jika suatu saat ban mobil Anda mengalami masalah.

Perlu diketahui, karena permukaan yang bersentuhan dengan jalan menjadi lebih sempit, maka kondisi tersebut akan mempengaruhi jarak pengereman yang lebih jauh. Handling mobil juga menjadi lebih tidak stabil. Tidak hanya itu saja, pengemudi juga harus memantau kecepatan maksimum. Jika memakai ban serep space saver, kecepatan mobil dibatasi hanya 80 km/jam.

Memang sedikit merepotkan, kendati begitu ban cadangan jenis ini akan menguntungkan Anda ketika penggantian ban. Sebab dimensinya cenderung kompak dan tidak berat.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply