Home Auto News Mobil Tesla Model X Rilis di Indonesia, Simak Harga dan Fiturnya

Mobil Tesla Model X Rilis di Indonesia, Simak Harga dan Fiturnya

0 94

Mobil Tesla, Pasar mobil di Indonesia semakin ramai dengan kehadiran mobil baru buatan pabrikan asal Amerika Serikat. Mobil tersebut adalah Tesla Model X. Yang membuat produk ini istimewa adalah statusnya yang merupakan mobil listrik dan dibuat untuk terjun di segmen Sport Utility Vehicle (SUV).

Mobil ini dirilis oleh Prestige Image Motor yang menjadi importir umum (IU) Tesla Motors. Rudy Salim, selaku Presiden Direktur Prestige Image Motor mengatakan bahwa Tesla Model X menyapa publik Tanah Air untuk memenuhi banyaknya permintaan konsumen akan mobil baru ini. Sayangnya Rudy belum bisa mengatakan berapa jumlah konsumen yang sudah melakukan pemesanan SUV listrik ini.

“Karena baru launching hari ini jadi belum tahu tapi mulai hari ini kami sudah mulai menerima permintaan untuk inden,” ujarnya, dikutip dari laman Republika.

Lebih lanjut Rudy menjelaskan bahwa saat ini pihaknya hanya menawarkan Tesla Model X tipe 75D saja. Kendati begitu masyarakat yang tertarik untuk membelinya bisa memilih tipe lainnya, seperti 90D, 100D dan P100D. Konsumen yang melakukan inden harus menunggu terlebih dahulu sebelum bisa mencoba mobil pilihannya. Disebutkan bahwa masa inden Model X mencapai 3 bulan.

“Jadi kalau pesan sekarang mobilnya datang September 2017,” terang Rudy.

Untuk informasi, Tesla Model X tipe 75D mengandalkan baterai berkapasitas 75 kWh. Mobil Tesla ini dapat melesat hingga kecepatan 210 km/jam. Sedangkan jarak tempuhnya diklaim dapat mencapai 380 km.

Rudy menjelaskan, waktu yang diperlukan untuk mengisi daya baterai mobil ini mencapai tujuh jam dengan kapasitas listrik rumahan 10.000 kWh. Itu artinya pemilik mobil mengeluarkan biaya sebesar Rp 130-150 ribu untuk pengisian daya tersebut.

Tesla Model X – Source: modifikasi.com

Ditambahkan, bila dihitung dengan jarak tempuh yang sama, mobil listrik akan lebih hemat dibandingkan kendaraan berbahan bakar fosil non-subsidi yang bisa menghabiskan biaya hingga Rp 500 ribuan. “Jadi jauh lebih irit aman dan nyaman. Nggak ada polusi suara dan nggak ada pencemaran lingkungan karena nggak ada ganti oli,” ujar Rudy.

Daya tarik lainnya dari Model X adalah pintu unik yang disebut Falcon Wing. Pintu mobil ini dapat melipat dan terkembang seperti sayap burung dengan sempurna. Hal ini akan memberikan keuntungan kepada pengguna karena dapat dengan mudah keluar masuk kabin, meski sedang berada di parkiran yang sempit.

Tidak hanya itu, Tesla juga membekali mobil SUV listriknya ini dengan fitur Autopilot. Akan tetapi fitur ini bukanlah sistem self-driving yang tidak membutuhkan pengemudi manusia. Perlu dicatat, kemampuan sistem Autopilot Tesla terbatas. Dikatakan fitur ini bekerja paling efektif dalam lalu lintas padat di jalan dengan marka jalan yang jelas. Meski begitu pengemudi sangat disarankan untuk tetap berada di balik kemudi untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Autopilot pada mobil ini tidak terhubung dengan sistem navigasi mobil. Dengan kata lain mobil tidak dapat berjalan sendiri mengikuti rute di navigasi sehingga pengemudi bisa sedikit bersantai sambil membaca buku atau tiduran. Mobil ini tetap membutuhkan peran pengemudi untuk mencegah hal-hal yang tidak diharapkan.

Untuk harga mobil Tesla ini ditawarkan mulai dari US$ 200.000 atau sekitar Rp 2,64 miliar untuk tipe termurah. “Termurahnya dari US$ 200.000 tergantung pilihan konsumen baterai, cat, pelek, pilihan itu ada penambahan biaya,” jelas Rudy.

Memang harga tersebut bisa menjadi lebih mahal ketika konsumen memilih proses kustomisasi warna eksterior, konfigurasi jok lima penumpang, enam penumpang, ataupun tujuh penumpang, fitur autopilot, warna interior dan pelek. Setiap pembelian mobil Tesla ini konsumen akan mendapatkan wall charger untuk dipakai mengisi daya baterai mobil.

“Kita ingin memulai, dan mengedukasi masyarakat soal mobil listrik. Terutama dari segi keamanan, dan mobil ini juga jadi SUV teraman di dunia,” kata Rudy saat peluncuran mobil ini.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply