Home Auto News Motor Viar Q1 Resmi Rilis, Harga Rp 16,2 Juta

Motor Viar Q1 Resmi Rilis, Harga Rp 16,2 Juta

Motor Viar, Viar memperkenalkan skuter listrik Q1 pada bulan kemarin. Dan di bulan Juni ini motor tanpa emisi itu resmi meluncur. Triangle Motorindo merilisnya di Jakarta, Selasa (6/6). Motor listrik ini sudah dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) dan dilepas dengan harga Rp 16,2 juta.

“Viar Q1 merupakan produk inovatir Triangle Motorindo yang dikembangkan bersama Bosch dan Universitas Gajah Mada menjadi salah satu bentuk komitmen kami dalam mendukung pemerintah yang saat ini menginginkan semua pihak untuk bersama-sama memberikan perannya dalam mengurangi pemanasan global,” jelas Ignatius Kartiman, Presiden Direktur Triangle Motorindo, dilansir drai Otomania.

Motor baru ini dibekali dengan sasis yang terbuat dari material besi. Total beratnya diklaim mencapai 78,5 km. Dimensi panjangnya mencapai 1.680 mm, dengan lebar 690 mm dan tinggi 1.220 mm. Sedangkan jarak terendah dengan tanah mencapai 155. Dan untuk wheelbase atau jarak sumbu roda mencapai 1.060 mm.

Melihat tampilannya, motor listrik ini memang terbilang cukup unik. Desainnya cenderung klasik sehingga terlihat seperti Yamaha Fino ataupun Honda Scoopy. Lain halnya dengan Gesits yang dibuat seperti Honda Vario dengan desain yang cukup sporty.

Viar Q1 mengandalkan baterai atau aki tipe lithium ion 60v20AH dengan kapasitas maksimal 2 Kwh. Untuk mengisi daya baterai ini diperlukan waktu sekitar 5-7 jam dengan memakai tegangan listrik rumahan 220 Volts. Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan mencapai 800 watt atau bila dikonversi mencapai 1 – 1,5 tenaga kuda. Skuter listrik ini diklaim dapat menempuh jarak sejauh 60 km, dengan kecepatan maksimum hingga 60 km/jam.

Skuter berdesain unik ini dibekali dengan sistem gerak e-Scooter merek Bosch yang terdiri dari e-motor dan Electronic Control. Kelebihan komponen ini adalah minimnya perawatan dan dirancang sedemikian rupa sehingga anti kemasukan air.

Motor listrik ini memang disebut-sebut tidak terlalu rumit dalam hal perawatan. Sebab Viar Q1 tidak memiliki mesin yang memerlukan pelumas setiap bulannya. Ignatius mengatakan, jika memang harus ke bengkel kemungkinan hanya melakukan penggantian ban saja.

“Hadirnya motor listrik ini, paling sedikit memberikan andil untuk menekan polusi. Oleh karena itu kami memberanikan diri untuk memulai memperkenalkan motor listrik supaya bisa mengurangi pemanasan global yang menjadi masalah dunia,” kata Ignatius, dikutip dari DetikOto.

“Selanjutnya berkenaan dengan energi, biasanya energi mengaitkannya dengan BBM dan untuk menghindari krisis BBM ini, pemerintah memiliki beberapa cara seperti energi terbarukan. Dengan kita memperkenalkan motor listrik ini, kita tidak lagi tergantung kepada BBM. Selanjutnya Viar Q1 juga sebuah inovasi dan bentuk kontribusi, ini saya katakan inovasi,” jelasnya.

Tawaran harga motor listrik Viar ini memang cukup menggoda karena setara dengan motor konvensional berbahan bakar fosil. Konsumen yang tertarik ingin memiliki motor listrik bisa langsung membeli motor Viar ini.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply