Home Auto News KTM Duke 390 dan Duke 250 Siap Rilis Hari Ini

KTM Duke 390 dan Duke 250 Siap Rilis Hari Ini

0 131

KTM Duke 390, Produsen motor asal Austria, KTM mempunyai kabar baik untuk para penggemar motor di Indonesia. Hari ini KTM kan meluncurkan dua motor baru di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017. Undangan untuk menghadiri peluncuran motor ini juga sudah disebar. Demikian menurut laporan laman Viva. Dari undangan tersebut tampak siluet lampu depan yang menjadi petunjuk motor KTM apa yang akan dirilis.

Jika memperhatikan bentuknya, sudah bisa dipastikan bahwa produk tersebut adalah KTM Duke. Tiga varian motor KTM ini mendapatkan penyegaran besar-besaran tahun ini. Ketiganya adalah 125 cc, 250 cc dan 390 cc.

Dari beberapa varian tersebut, KTM hanya memasarkan dua tipe, yakni 250 cc dan 390 cc. Dengan begitu, KTM Indonesia akan menghadirkan Duke 250 dan Duke 390 secara bersama-sama. Lalu apa saja penyegaran yang ada pada dua motor naked ini?

Dibandingkan generasi pendahulunya, KTM Duke 390 2017 dibekali dengan fitur yang lebih melimpah. Beberapa di antaranya adalah tuas gas elektronik atau juga akrab disebut ride by wire. Selain itu juga hadir panel instrumen layar TFT dan rem anti-lock braking system (ABS) yang disematkan di roa depan dan belakang.

Warna layar instrumen dapat berubah sesuai putaran dan kondisi mesin. Tidak hanya itu, pengendara juga dapat menyambungkan smartphone miliknya ke motor tersebut dan melihat semua notifikasi melalui layar tersebut.

Di samping itu juga motor KTM terbaru ini juga dilengkapi dengan fitur Supermoto Mode. Fitur ini khusus dipakai untuk atraksi freestyle. Fitur tersebut dapat mengatur tekanan rem depan sesuai kebutuhan, lalu untuk rem belakang diserahkan sepenuhnya kepada pengendara.

Sementara KTM Duke 250 2017 mengusung karakter yang hampir menyamai Duke 390 lama. Tampilannya tak kalah menarik dengan suspensi up-side down (USD). Juga terdapat rem cakram empat kaliper. Selain itu KTM menyematkan panel instrumen LCD.

Desainnya tampak lebih sporty, dengan jok belakang yang dirancang sedikit lebih panjang. Dengan begitu pembonceng dapat duduk lebih nyaman selama perjalanan. Sedangkan jarak antar roda dikurangi 10 mm agar lebih lincah saat melintasi jalanan padat.

Hanya saja KTM Duke 250 ini menjadi sedikit lebih tinggi, dari 800 mm menjadi 830 mm. Lalu untuk jarak terendah ke tanah juga berubah, dari 170 mm menjadi 185 mm. Sedangkan jarak main suspensi depan dipangkas dari 15 mm menjadi 142 mm.

Motor ini tetap mengandalkan mesin satu silinder yang mempunyai kapasitas sebesar 248,8 cc. Hanya saja tenaga yang dapat dihembuskan berbeda, turun satu daya kuda dari model sebelumnya atau mencapai sebesar 30 dk. Untuk menunjang kegiatan berkendara jarak jauh, tangki bahan bakar dibuat lebih besar. Kini kapasitasnya mencapai 13,4 liter. Lebih besar dari sebelumnya yang hanya mencapai 11 liter.

Turunnya tenaga tersebut dikarenakan perubahan pada knalpot. Pipa pembuangan gas sisa pembakaran yang sebelumnya berada di bagian kolong pindah ke bagian samping.

Pindahnya posisi knalpot ini kemungkinan juga berkaitan dengan masalah standar emisi gas buang motor. Standar emisi yang saat ini semakin tinggi dan ketat menuntut produsen untuk menghadirkan produk yang ramah lingkungan. Hal ini terkadang membuat pabrikan harus mengorbankan desain dan tenaga mesin.

Seperti apa tawaran spesifikasi lengkapnya dan harga KTM 250 dan KTM 390 ini? Kita akan segera mengetahuinya saat sudah resmi meluncur nanti. Yang pasti motor ini bisa menjadi pilihan menarik bila Anda merasa bosan dengan motor keluaran Jepang.

Source: spek ktm duke 250, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply