Home Mobil MPV Rahasia Toyota Calya Indonesia Laris Manis Diburu Masyarakat

Rahasia Toyota Calya Indonesia Laris Manis Diburu Masyarakat

0 294

Toyota Calya Indonesia, Keputusan Toyota Astra Motor (TAM) untuk meluncurkan Calya pada Agustus 2016 kemarin merupakan berkah tersendiri. Pasalnya mobil ini langsung mendapat respon positif dari masyarakat. Meskipun belum genap satu tahun, penjualan Toyota Calya bisa dikatakan sangat bagus.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), mobil Toyota ini berhasil menjadi mobil terlaris kedua di 2017. Mulai Januari sampai April 2017 kemarin, penjualan adik Toyota Avanza ini menembus 5.861 unit. Angka tersebut memang belum dapat menyaingi Avanza. Kendati begitu Calya bisa menaklukkan Toyota Kijang Innova yang mengumpulkan penjualan sebesar 4.898 unit.

Tentu bukan tanpa alasan mobil ini bisa menyaingi penjualan mobil lain seperti Honda Brio, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Berikut adalah beberapa alasan Toyota Calya Indonesia laris di pasaran, dikutip dari laman Oto.com:

  1. Merupakan Mobil LCGC

Seperti yang diketahui, Calya diposisikan sebagai kendaraan low cost green car (LCGC). Tidak hanya ramah lingkungan dan hemat bahan bakar, harga mobil Toyota ini juga tergolong cukup ramah di kantong. Sebagai informasi, Toyota Calya dipatok mulai Rp 130 jutaan sampai dengan Rp 150 jutaan.

Selain itu mobil ini juga menjadi salah satu mobil MPV paling murah di Tanah Air. Hal inilah yang membuat saudara kembar Daihatsu Sigra itu diminati konsumen.

  1. Berjenis MPV

Alasan selanjutnya tentu saja karena mobil LCGC ini berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV). Sampai saat ini mobil MPV masih memiliki peminat yang tinggi. Terbukti dengan Toyota Avanza yang masih bertahan sebagai mobil terlaris di Indonesia sejak diperkenalkan 2003 silam.

Mobil low MPV dinilai cocok untuk masyarakat Indonesia. Sebab mobil ini mempunyai dimensi yang cukup besar sehingga dapat memuat banyak orang di dalam kabin. Sesuai dengan kebiasaan masyarakat Tanah Air yang suka bepergian bersama keluarga.

Baca juga: Detail dan Fitur Toyota Calya

  1. Tawaran Fitur Cukup Banyak

Banderol harga yang murah saja tak cukup bagi Toyota Calya Indonesia untuk menembus persaingan pasar MPV yang semakin panas. Oleh karenanya TAM menawarkan mobil barunya ini dengan sederet fitur yang cukup lengkap. Fitur tersebut dinilai mampu membuat penumpang maupun pengemudi aman dan nyaman selama perjalanan.

Agar tidak jenuh selama perjalanan, Toyota membenamkan Audio 2-DIN yang dapat dipakai untuk memutar CD, MP3 dan juga tersedia AUX-In dan USB.

Selain itu juga terdapat konektivitas Bluetooth untuk menerima panggilan telepon dan sebagai music player dari USB. Tawaran lainnya adalah illumination light yang warnanya sama dengan meter combination. Rival Datsun GO+ Panca ini juga dibekali Multi Information Display (MID) digital. Fitur ini menyajikan informasi berkendara yang cukup baik untuk pengemudi. Selain itu juga ada remote alarm dan kunci immobilizer untuk keamanan mobil.

  1. Terdapat Air Circulator

Jika pada mobil lain memakai sistem pendingin double blower untuk mendinginkan kabin belakang, tidak halnya dengan Calya. Toyota menyematkan Air Circulator yang cukup unik.

Fungsinya tidak jauh berbeda dengan AC double blower. Sistem tersebut sama-sama menawarkan kenyamanan bagi penumpang baris kedua dan ketiga Calya. Bedanya, kipas angin tersebut menghembuskan udara dingin yang keluar dari lubang AC di bagian depan. Hal ini bertujuan agar hawa dingin di bagian depan bisa lebih cepat tersalurkan ke seluruh kabin mobil.

  1. Fitur Keselamatan Menjanjikan

Toyota Calya Indonesia juga dilengkapi fitur penunjang keselamatan yang cukup memadai. Padahal harganya relatif murah untuk ukuran MPV. Salah satu yang menarik perhatian adalah hadirnya dual SRS airbags. Di samping itu juga tersedia rem ABS hingga pengait kursi anak atau ISOFIX. Calya juga dibekali dengan 7 sabuk pengaman 3 titik yang akan melindungi pengguna selama perjalanan.

Baca juga: Permasalahan Toyota Calya-Sigra 2016 dan Solusinya

  1. Irit Bensin

Karena berstatus sebagai LCGC, Toyota mengklaim bahwa salah satu mobil andalannya ini hemat bahan bakar. Sebab Calya dilengkapi mesin berteknologi Dual VVT-i, tipe 3NR dengan kapasitas 1.2 liter. Mesin ini mempunyai tenaga maksimum 88 PS pada 6.00 rpm. Untuk informasi, menurut peraturan pemerintah setiap mobil LCGC harus mencatatkan konsumsi BBM paling sedikit 20 km/liter.

  1. Jaringan Toyota yang Luas

Faktor Toyota Calya yang laris diburu masyarakat juga tidak terlepas oleh jaringan servis dan suku cadang Toyota yang tersebar luas di seluruh Tanah Air. Dengan demikian pemilik bisa dengan mudah melakukan perawatan berkala maupun membeli suku cadang orisinal. Tidak hanya itu, suku cadang Toyota Calya juga relatif mudah didapatkan dan dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Itulah beberapa alasan yang membuat Toyota Calya Indonesia laris dibeli. Mengenai informasi lebih detail seputar mobil Toyota yang satu ini Anda bisa membacanya pada artikel kami sebelumnya. Semoga bermanfaat untuk Anda, khususnya yang saat ini sedang mempertimbangkan untuk membeli mobil LCGC dari Toyota ini.

Source: penyakit kulit, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply