Home Mobil Mobil Matic Cepat Rusak, Benarkah?

Mobil Matic Cepat Rusak, Benarkah?

0 262

Mobil Matic, Saat ini banyak mobil baru yang dijual dengan pilihan transmisi otomatis atau matic. Mobil jenis ini juga mulai disukai oleh masyarakat, terlebih mereka yang tinggal di kota-kota besar dengan tingkat kemacetan yang cukup tinggi. Mobil matic dinilai lebih nyaman dipakai dan tidak membuat pengemudi cepat lelah saat melintasi jalanan padat.

Hanya saja, di balik kelebihannya itu mobil matic menyimpan problema tersendiri. Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa mobil matic lebih cepat rusak dibandingkan mobil dengan transmisi manual. Anggapan ini tentunya membuat orang agak ragu untuk membeli mobil bertransmisi otomatis. Lantas apakah benar mobil matic cepat rusak?

Supriyadi, pemilik bengkel khusus mobil matic di kawasan Jakarta Timur mengatakan bahwa anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab ada mobil matic yang sudah berumur 10 tahunan namun masih tetap bisa dipakai di jalanan.

Di jelaskan mobil matic itu rawan rusak jika sudah memasuki umur delapan tahun. Atau paling cepat lima tahun. Biasanya mobil matic cepat rusak karena tidak pernah ganti oli dan tidak pernah dikuras oli transmisinya.

Supriyadi menerangkan, oli merupakan kekuatan terpinting transmisi. Umumnya mekanik mobil matik akan menganjurkan untuk mengganti oli setiap 15 ribu km dalam pemakaian kota besar. Alasannya saat macet mesin mobil tetap hidup. Hal ini membuat oli transmisi tetap bekerja.

Memang pabrikan menganjurkan untuk mengganti setiap 40 ribu km. Hanya saja itu untuk kondisi jalan yang normal dan mesin hidup dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu untuk para pemilik mobil matic sebisa mungkin melakukan perawatan berkala pada mobil kesayangan.

Dengan demikian transmisi mobil menjadi lebih awet. Selain itu perhatikan pula gaya berkendara. Jangan mengemudi secara sembarangan karena hal tersebut tentu saja dapat mempengaruhi kondisi transmisi mobil matic. Mengenai cara mengemudikan mobil matic kami pernah membahasnya sebelumnya, Anda bisa membacanya pada tautan berikut ini.

Baca juga: Cara Mengendarai Mobil Matic

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Source: Matic cepat rusak, mobil matic bekas cepat rusak, mobil matic cepat rusak, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply