Home Auto News KTM Duke 390 dan Duke 250, Apa Perbedaannya?

KTM Duke 390 dan Duke 250, Apa Perbedaannya?

0 147

KTM Duke 390, Akhirnya KTM Duke 250 dan Duke 390 resmi hadir di Indonesia. Dua motor baru KTM ini diluncurkan oleh PT Penta Jaya Laju Motor. Dijelaskan bahwa tahun ini KTM memang lebih fokus pada jajaran motor sport, sehingga hadir lah dua motor naked sport ini. Terdapat sentuhan pembaruan yang diberikan pada dua motor terbaru 2017 ini.

Keduanya mengusung desain yang terinspirasi dari model KTM Super-Duke 1200. Untuk diketahui, model flagship KTM itu mengusung tampilan yang serba tajam, agresif, radikal dan berkarakter. Tidak hanya itu, KTM menyematkan sederet teknologi canggih pada motor premium tersebut.

Di Indonesia, harga KTM Duke 250 berkisar mulai Rp 45,9 juta on the road (OTR) Jakarta. Lalu harga KTM Duke 390 mencapai Rp 99,9 juta. Lantas apa perbedaan dari kedua motor ini? Berikut adalah ulasan selengkapnya yang dapat Anda simak.

New KTM Duke 390

Motor sport naked ini sudah dilengkapi dengan teknologi ride by wire. Teknologi ini disebut-sebut dapat membuat motor menjadi lebih responsif. Tidak hanya itu, Duke 390 terbaru menjadi satu-satunya motor di kelas 300 cc ke atas yang dilengkapi dengan fitur tersebut. Di samping itu motor ini juga dibekali dengan lampu LED yang mirip 1290 Super Duke R yang jumlahnya mencapai 20 lampu LED.

“Kelebihan sudah menggunakan ride by wire satu-satunya di kelas 300 cc up. Kedua untuk KTM Duke 390 ada 20 lampu LED di dalamnya sehingga menghasilkan visibility baik tapi low power consumption mengacu ke Duke 1290,” ujar Kristanto Gunadi, Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor, dikutip dari DetikOto.

Tidak hanya itu saja, KTM Duke 390 terbaru juga mempunyai layar TFT yang memperkuat kesan modern dan lebih menarik. Layar ini mirip smartphone dan menyajikan informasi yang sangat lengkap. Menariknya terdapat dukungan konektivitas ponsel dan Bluetooth. Fitur lainnya adalah handel rem dan kopling yang dapat diatur 5 tingkat.

Tidak hanya itu, sektor knalpot juga terlihat berbeda. Berbeda dengan model sebelumnya, Duke 390 terbaru mengusung knalpot yang berada di samping. Hal ini membuat motor memiliki emisi yang lebih bersih karena telah memenuhi standar Euro4.

Di samping itu bobot motor sport ini lebih ringan. Hal ini tercapai berkat pemakaian split trellis frame, sehingga weight ratio menjadi tertinggi di kelasnya. Untuk sistem pengereman, KTM Duke 390 mengandalkan disc brake depan berukuran 320 mm yang bertujuan untuk memperoleh performa pengereman yang lebih baik.

Baca juga: Harga KTM Duke 250 dan 390 Terbaru

KTM juga menyertakan fitur Slipper Clutch. Tujuannya agar pengendalian saat cornering menjadi lebih baik. Perubahan lain yang dilakukan pada motor baru ini terlihat pada tangki bensin yang lebih besar 3,3 liter, spion lebih besar, disc brake lebih besar, spion lebih besar wider mirror, UV resistance, contactless tracking yang hanya sekali tekan bisa start. KTM Duke 390 2017 juga memiliki Evaporated Emission Control System yang dapat mengurangi penguapan pada fuel tank.

Spesifikasi KTM Duke 250 2017

Engine Type249 cc, Single Cylinder, Liquid Cooled
Power30 Ps pada 9.000 rpm
Tourqe24 Nm pada 7.500 rpm
Transmission6 Speed
Brakes Front/ RearDual Disc Brakes 300 MM/ 230 MM, ABS Dual Channel
FrameSplit Trellis Frame, Powder Coated
Weight157 kg
Fuel Tank Capacity 13,5 Liters

New KTM Duke 250

Jika Duke 390 mendapat penyegaran desain, New Duke 250 tampak masih mempertahankan desain yang sama dengan model pendahulunya. Hanya saja motor KTM ini mengandalkan frame yang baru. Di samping itu terdapat dua pilihan warna, yaitu oranye dan putih. Tawaran menarik lainnya adalah knalpot yang berada di samping dan dapat mengeluarkan suara yang lebih sporty.

Untuk spidometer, KTM Duke 250 terbaru mengusung panel digital biasa. Jangan berharap model ini dilengkapi dengan fitur ride by wire seperti sang kakak. Sebab motor ini masih mengandalkan kabel biasa. Termasuk handel rem dan kopling model fix yang tidak dapat diatur. Sedangkan sistem pengereman mengandalkan disc brake depan 300 mm, lebih kecil dari Duke 390.

Spesifikasi KTM Duke 250 2017

Engine type373 cc, Single Cylinder, Liquid Cooled
Power43,5 Ps pada 9.000 rpm
Torque37 Nm pada 7.000 rpm
Transmission6 Speed
Brake Front/ RearDual Disc Brakes 320 MM / 230 MM, ABS Dual Channel
FrameSplit Trellis Frame, Powder Coated
Weight159 Kg
Fuel Tank Capacity13,5 Liters

Baik KTM Duke 390 maupun Duke 250 mempunyai spesifikasi yang berbeda. Kendati begitu kedua motor naked sport ini cukup menarik untuk dibeli, terutama jika ingin memiliki motor sport Eropa. Berminat untuk membeli salah satu motor ini? Atau justru ingin membeli kedua motor sport merek pabrikan Austria ini?

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply