Home Auto News Serba-Serbi Isuzu Panther Terbaru, Kendala dan Nama

Serba-Serbi Isuzu Panther Terbaru, Kendala dan Nama

0 246

Isuzu Panther, Jika melihat beberapa tahun yang lalu, masyarakat tentu sudah mengenal salah satu mobil penumpang dari Isuzu yang diberi nama Panther. Mobil ini sempat laris di pasaran dan menjadi rival tangguh bagi pemain lainnya. Hanya saja masa kejayaan Isuzu Panther meredup seiring waktu. Kabar baiknya, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) tengah mengembangkan generasi penerus dari mobil MPV tersebut.

Tentunya ini menjadi kabar baik untuk para pecinta Panther di Indonesia. Di sisi lain Panther terbaru akan memberikan tambahan pilihan menarik untuk masyarakat yang ingin membeli mobil MPV bermesin diesel yang handal. Seperti diketahui, saat ini tidak terlalu banyak MPV yang menggunakan mesin diesel.

“Mudah-mudahan dalam waktu tidak lama, kita akan undang untuk peluncuran Panther baru,” kata Joen Boediputa, Chief Executive of Isuzu Sales Operation, melansir dari laman Otodetik.

Joen menerangkan, mobil baru Isuzu itu memang sudah dikembangkan dan dipersiapkan untuk diluncurkan. Harapannya model tersebut bisa diperkenalkan dalam waktu dekat. “Memang kita sedang kembangkan. Mudah-mudahan lancar, karena memang R&D (Research & Development) nya sudah lama kita lakukan, jadi mudah-mudahan dalam waktu tidak lama kita akan luncurkan,” ungkapnya.

Isuzu Panther yang menjadi salah satu andalan IAMI mengandalkan mesin diesel yang mempunyai kapasitas sebesar 2.500 cc. Mobil Isuzu ini juga diproduksi di Tanah Air. “Panther ini adalah Isuzunya Astra, karena memang hanya ada di Indonesia, dan kita ekspor ke luar,” ujar Joen.

Kendala

Kehadiran Panther generasi terbaru memang tergolong lama. Hal ini terjadi bukan tanpa sebab. Dijelaskan bahwa kendala utamanya terletak pada emisi gas buang. Nantinya mobil MPV terbaru ini akan dihadirkan secara Completely Built Up (CBU) dari luar negeri. Sehingga kemungkinan spesifikasinya lebih tinggi, termasuk standar emisinya.

“Kebutuhan di luar negeri emisi-nya lebih tinggi, kita kendalanya di sana,” kata Joen.

Ia menerangkan, pihak Isuzu pusat harus membuat Panther terbaru yang sesuai dengan Indonesia. Selain itu pihaknya juga mendesak Isuzu untuk segera membuat Panther khusus pasar Indonesia. Lebih lanjut, Joen mengungkapkan bahwa pihak petinggi-petinggi Isuzu Indonesia tidak ingin bila produk yang digadang-gadang menjadi Isuzu Panther terbaru itu tidak sesuai dengan yang menjadi kebutuhan Indonesia.

“Jadi kalau mereka izinkan kita, maka emisinya akan diturunkan,” katanya.

IAMI berharap Panther generasi terbaru hadir di Indonesia dalam waktu dekat, sejalan dengan rencana perusahaan pada kendaraan penumpang. Di sisi lain agen pemegang merek Isuzu di Indonesia itu juga berharap bisa memberikan sesuatu yang lebih baik di Tanah Air.

Usung Nama Baru

Meskipun belum diketahui bocoran terkait fitur, spesifikasi maupun harga, ada kabar menarik seputar namanya. Joen mengungkapkan generasi penerus Panther ini belum tentu mengusung nama yang sama. Meski demikian mobil baru Isuzu ini nantinya tetap terjun di segmen yang sama dengan Panther.

“Yang pasti kita bilang ya di Indonesia kita akan namakan Panther atau apa, untuk MPV (Multi Purpose Vehicle), mereka sudah melakukan research, dan mereka sudah hampir finish lah,” paparnya.

Untuk informasi, Isuzu Panther mempunyai dimensi panjang 4.535 mm, lebar 1.770 mm dan tinggi mencapai 1.873 mm. Interiornya terbilang lapang dan dapat memuat sampai tujuh orang penumpang. Tampilan eksteriornya terlihat gagah dan berisi.

Di samping itu ada beberapa fitur yang disematkan. Di antaranya DVD monitor yang terhubung dengan pemutar di bagian dashboard dengan fitur CD + MP3, DVD dan radio. Supaya perjalanan menjadi lebih nyaman, Isuzu Panther dibekali air conditioner (AC) double blower.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply