Home Mobil Hatchback Honda Civic Hatchback dan Sedan, Serupa Tapi Tak Sama

Honda Civic Hatchback dan Sedan, Serupa Tapi Tak Sama

Honda Civic Hatchback, Setelah dinanti-nanti, PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan Honda Civic Hatchback turbo di Indonesia. Mobil ini merupakan Civic generasi ke-10 versi hatchback. Tampilannya yang modern dan sporty membuat mobil Honda terbaru ini menarik untuk dilihat. Terlebih hadirnya sederet fitur yang siap memanjakan sang pengguna selama perjalanan.

Jika menyandingkan Civic Hatchback dengan Civic sedan, mungkin akan sedikit sulit untuk membedakannya. Terlebih bagi orang yang masih awam seputar mobil. Tampilannya sekilas terlihat sama, terutama di bagian depan dan profil samping.

Hiroshi Ito, New Civic Assistant Project Leader Honda R&D., Ltd. Automobile R&D Center mengungkapkan bahwa Honda Civic sedan sebenarnya diambil dari basis Civic coupe. Lalu Civic Hatchback diambil dari basis sedan. Itulah mengapa tampilannya terlihat mirip

Kendati begitu bukan berarti Civic Hatchback dan sedan tidak mempunyai perbedaan. Tetap ada beberapa hal yang membuat keduanya tidak sama. Berikut adalah ulasan selengkapnya yang dihimpun dari Otomotifnet.

Perbedaan pertama terdapat pada front fascia. Meskipun tampak sama, sebenarnya ada yang sedikit berbeda. Untuk Honda Civic Hatchback mengusung grill berwarna hitam gloss. Lain halnya dengan versi sedan yang dilabur dengan warna krom.

Sementara bagian bawah juga terlihat berbeda. Versi hatchback terdapat rumah foglamp seperti air dam yang lebih bear dan sudah mengusung LED untuk tipe E. Lalu Honda Civic sedan mengandalkan lampu halogen.

Baca juga: Spesifikasi Honda Civic Hatchback

Di bagian samping, Civic hatchback mempunyai dimensi yang lebih pendek 112 mm dari versi sedan. Akan tetapi lebih tinggi 20 mm dari Honda Civic sedan. Sementara pelek keduanya sama, yakni memakai ukuran 17 inci dual tone (untuk varian E).

Melirik bagian samping, sekilas kedua varian Honda Civic 2017 ini tampak sama. Pintu belakang Civic Hatchback terbaru tidak dilengkapi dengan handel di pilar C. berbeda dengan generasi sebelumnya. Alhasil tampilannya tampak sama dengan Civic sedan. Hanya saja lekukan jendela belakang Civic Hatchback dibuat lebih landai dari versi sedan.

Sedangkan bagian buritan keduanya tampak perbedaan yang mencolok. Keduanya sama-sama dibekali dengan lampu LED berbentuk huruf C. Akan tetapi untuk versi hatchback bagian ujung lampu dihubungkan sehingga membentuk spoiler kedua di atas kaca panjangnya.

Sementara lekukan belakang Honda Civic sedan didesain lebih subtle dan hanya terlihat seperti ducktail. Tampilan versi sedan semakin menarik dengan dual muffler yang menghadirkan kesan garang. Berbeda dengan Civic Hatchback yang dipermanis desain bumper belakang dengan air dam lebih besar dan terdapat sentuhan ala diffuser.

Di bagian interior, perbedaan di bangku depan terdapat pada fitur yang dibenamkan. Khusus Honda Civic Hatchback Turbo terdapat pengaturan jok elektrik pada bangku penumpang (varian E).

Sementara bagian belakang, legroom atau kneeroom Civic Hatchback sedikit terpangkas dibandingkan versi sedan. Kendati begitu kelapangan ruang belakang mobil Honda ini tergolong masih baik. Pasalnya Civic sedan yang menjadi basis versi hatchback ini mempunyai ruang belakang yang menjadi salah satu yang terbesar di kelasnya.

Ito menerangkan, alasan legroom Honda Civic Hatchback Turbo berkurang lantaran jok belakang sedikit dimajukan. Tujuannya agar kepala penumpang belakang tidak terlalu terpentok lekukan jendela belakang. Di samping itu alasannya agar memberikan kapasitas bagasi yang lebih luas.

Memang bagasi Civic versi hatchback lebih luas dari versi sedan. Disebutkan bahwa selisih volumenya mencapai 300 liter. Itu pun dengan mekanisme ala liftback, sehingga Civic Hatchback menawarkan fleksibilitas yang lebih baik untuk penyimpanan barang. Perbedaan berikutnya terdapat pada tuning suspensi yang sedikit lebih keras.

Honda Civic versi hatchback dijual dengan dua tambahan pilihan warna dari versi sedan. Yakni Rallye Red dan Sonic Gray Pearl. Untuk Honda Civic Turbo sedan dipatok Rp 480 juta on the road Jabodetabek. Lebih tinggi Rp 30-80 jutaan dari versi hatchback karena adanya pajak yang berbeda. Sementara harga Honda Civic Hatchback Turbo mencapai Rp 399 juta on the road Jabodetabek untuk tipe S dan Rp 438 juta OTR Jabodetabek untuk tipe E.

Itulah beberapa perbedaan antara Honda Civic Hatchback Turbo dengan Civic sedan. Mana yang menjadi pilihan Anda?

Source: perbedaan civic hatchback dan sedan, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply