Home Auto News Motor Sport Suzuki 250cc Kapan Hadir di Indonesia?

Motor Sport Suzuki 250cc Kapan Hadir di Indonesia?

Motor Sport Suzuki, Walaupun umumnya dibanderol di atas Rp 20 juta, segmen motor sport tampak tidak pernah sepi pembeli. Selain sport 150 cc, kelas sport 250 cc juga tak kalah memanas. Itulah mengapa sejumlah produsen kendaraan roda dua yang ada di Indonesia menawarkan produk untuk mencuri hati peminat motor sport 250 cc.

Salah satunya yang belum memiliki model sport 250 cc adalah Suzuki. Lantas apakah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mempunyai rencana untuk menghadirkan motor sport berdapur pacu seperempat liter di Tanah Air?

“Kalau nanti kebanyakan tahun ini saya bingung tahun depan mau ngapain,” kata Yohan Yahya, Saes & Marketing 2W Department Head PT SIS, dikutip dari DetikOto.

Terkait apakah motor sport fairing 250 cc Suzuki akan hadir tahun depan Yohan juga tidak memberikan keterangan pasti. “Enggak tahu juga sih,” jawabnya.

Sementara itu di China Suzuki menghadirkan motor sport fairing dengan nama GSX-250R. Untuk sektor mesin motor baru Suzuki ini mengandalkan mesin yang serupa dengan Suzuki Inazuma.

“Yang di China kan GSX-250R. Tinggal kita mau pakai itu atau yang lain. Kalau pakai yang itu kan kita tinggal narik, apa susahnya. Kita lihat dulu lah. Kita mau kasih yang terbaik. Kalau di sana (China) 250 cc engine-nya Inazuma, pertanyaannya kita mau pakai engine Inazuma atau nggak,” jelas Yohan.

Sebagai gambaran, Suzuki GSX-250R hadir dengan dimensi yang tidak terlalu tinggi. Ketinggian joknya mencapai 780 mm, lebih rendah 5 mm dari Kawasaki Ninja 250 yang mencapai 785. Sedangkan tampilannya terlihat cukup sporty dan sedikit mirip dengan Suzuki GSX-R150 yang dijual di Indonesia.

Motor sport Suzuki ini juga dilengkapi dengan panel spidometer full digital, mirip dengan Suzuki Satria F150 injeksi. Untuk takometer berada di bar paling atas. Juga disematkan penunjuk kecepatan, odometer, fuelmeter, tripmeter, jam digital, posisi gigi dan indikator konsumsi bensin yang ditampilkan secara real time. Selain itu dibenamkan pula indikator interval servis dan pengingat waktu penggantian oli.

Hanya saja Suzuki GSX-250R belum dilengkapi dengan lampu LED, alias masih mengusung bohlam H4 dengan spesifikasi 55/60W pada bagian headlamp. Begitu juga lampu sein yang masih mengusung bohlam. Akan tetapi berbeda dengan stop lamp yang sudah memakai LED dengan 12 titik lampu.

Di bagian kaki-kaki terdapat suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang monoshock yang dipadukan swing arm besi kotak. Sedangkan sistem pengereman mengandalkan produk Nissin yang ditemani anti-lock braking system (ABS). Profil bannya 110/80-17 di bagian depan dan 140/70-17 di belakang.

Baca juga: Harga Suzuki GSX 250R 2017

Melirik dapur pacunya, Suzuki GSX-250R dipersenjatai dengan mesin dua silinder parallel berkapasitas 248 cc. Tenaga yang dihembuskan mesin ini mencapai 24,6 dk pada putaran 8.000 rpm dengan torsi puncak sebesar 23,4 Nm pada putaran mesin 6.500 rpm. Tenaga mesin ini disalurkan ke roda melalui transmisi 6-percepatan.

Selain itu terdapat teknologi roller rocker arm yang dirancang untuk meminimalisir gesekan. Juga terdapat piston dengan desain khusus supaya minim friksi. Lalu katup pada throttle body digerakkan dengan kabel gas konvensional. Ada dua kabel tipe push dan pull seingga dapat lebih presisi.

Rumah kunci motor sport Suzuki ini tidak dilengkapi penutup pengaman bermagnet. Akan tetapi sebagai gantinya hadir kunci kontak immobilizer. Alhasil mesin motor tidak dapat hidup jika tidak memakai kunci asli. Hal ini dimungkinkan karena adanya chip yang hanya terhubung antara anak kunci dan rumah kunci. Fitur keamanan ini akan melindungi motor dari tindak kejahatan.

Source: oli terbaik untuk motor di indonesi, suzuki gsxr 250, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply