Home Mobil Tips Mudik Lebaran, Antisipasi Kehabisan Bensin Saat Perjalanan

Tips Mudik Lebaran, Antisipasi Kehabisan Bensin Saat Perjalanan

0 103

Tips Mudik Lebaran, Musim mudik sudah di depan mata. Sudah sepatutnya Anda menyiapkan segala sesuatunya jika memang berencana untuk mudik di tahun ini. Seperti yang diketahui, mudik bisa menjadi kegiatan yang sangat melelahkan. Tidak hanya itu, perjalanan mudik juga paling sulit untuk diprediksi.

Sulit untuk mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk pergi ke tempat tujuan. Salah satu alasannya adalah kondisi jalanan yang jauh lebih macet dibandingkan hari biasanya. Maka dari itu ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan, seperti ketersediaan bahan bakar.

Hal ini memang menjadi tantangan tersendiri bagi pengemudi ketika musim mudik. Sebab kemungkinan bensin habis di tengah jalan selalu ada. Tentu akan sangat menyulitkan jika mobil tiba-tiba mogok di dalam tol karena kehabisan bensin. Di sisi lain pada mudik 2016 banyak yang kesulitan mengisi bahan bakar untuk kendaraannya lantaran antrean di SPBU sangat panjang. Maka dari itu perlu dicermati tips mudik lebaran untuk menghindari hal tersebut.

Dikutip dari Liputan6, Kasubbid Operasi dan Pemeliharaan I Badan Pengelola Jalan Tol, Ranto P Rajagukguk memiliki beberapa tips. Ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan pengguna jalan tol mengisi BBM yang cukup selama perjalanan. “Jangan menunggu indikator (bensin) merah baru melakukan isi ulang,” jelasnya.

Baca juga: Tips Mudik dengan Mobil Diesel

Berikutnya, sebelum melakukan perjalanan jangan lupa mencari tahu lokasi-lokasi penjualan BBM yang ada di sepanjang ruas tol. Baik yang terdapat di rest area maupun truk tangki Pertamina atau kios BBM dalam jerigen di jalur fungsional. Dengan mengetahui informasi tersebut, Anda dapat berjaga-jaga dan bisa melakukan kalkulasi kapan akan mengisi ulang bensin kembali.

Selain itu antisipasi juga harus dilakukan pengelola SPBU. Sebab bagaimanapun juga antrean yang panjang juga disebabkan karena petugas yang relatif sedikit. Untuk itu Ranto menyarankan supaya ada petugas yang cukup dan cekatan.

“Pengalaman tahun lalu pada beberapa SPBU, terdapat dua dispenser 6-8 nozzle, hanya dilayani oleh satu orang petugas sehingga waktu isi BBM lebih dari 10 menit. Akibatnya di SPBU macet karena isi BBM dan istirahat,” pungkasnya.

Source: tips lebaran, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply