Home Auto News Nasib Suzuki Swift Setelah Baleno Hatchback Hadir

Nasib Suzuki Swift Setelah Baleno Hatchback Hadir

0 207

Suzuki Swift, Pasar hatchback di Tanah Air memang tidak begitu besar. Kendati demikian pabrikan mobil tetap memperhatikan segmen tersebut. Salah satunya adalah Suzuki yang berencana untuk menghadirkan mobil hatchback terbarunya di Tanah Air. Merek otomotif ternama berlogo ‘S’ itu akan meluncurkan Suzuki Baleno hatchback.

Nantinya mobil ini akan diimpor utuh dari India. Hal yang cukup menarik perhatian, di Indonesia sendiri sebenarnya Suzuki sudah memiliki Swift untuk terjun di segmen hatchback. Menurut informasi Suzuki Baleno versi hatchback akan bersaing dengan Honda Jazz, Yaris dan rival sekelas lainnya yang ada di Tanah Air. Selain itu harga mobil baru ini dipastikan bersaing dengan kompetitor.

Menurut informasi dari seorang sumber yang dikutip dari Otomania, disebutkan bahwa harga Suzuki Baleno hatchback ini akan mencapai di bawah Rp 200 juta untuk varian paling murah. Mobil ini nantinya akan dijual dalam dua pilihan transmsi, yaitu manual dan otomatis. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana nasib Suzuki Swift yang saat ini diposisikan sebagai rival Jazz dan Yaris?

Untuk para penggemar Swift tidak perlu risau. Sebab PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ternyata mempunyai kejutan untuk mobil tersebut. Hal ini disampaikan oleh Direktur Pemasaran SIS, Donny Saputra.

“Tunggu informasi selengkapnya nanti, kita punya kejutan,” jelasnya.

Suzuki Swift 2017

Lebih lanjut, bila Baleno hatchback resmi mengaspal di Indonesia, Suzuki Swift akan naik kelas. Sebab jika dilihat dari penetapan harga sudah di atas Rp 200 juta. Kendati begitu harga mobil tersebut tidak akan melampaui Rp 250 juta.

“Kita tetap jual Swift di bawah Rp 300 juta, kita tidak akan mau jual hatchback yang harganya sudah menyentuh Rp 300 juta lebih,” jelas Donny.

Sebagai informasi, saat ini harga Suzuki Swift di Indonesia mencapai Rp 211,5 juta untuk tipe GL 1.4 M/T sampai dengan Rp 235,6 juta.

Baca juga: Suzuki Swift 2017 Kapan Hadir di Indonesia?

Perlu diketahui Suzuki beberapa waktu lalu meluncurkan Swift terbaru di Jepang dan Eropa. Mobil ini menyapa dengan desain yang lebih segar dan menarik. Perubahan cukup mencolok terdapat pada bagian wajah. Suzuki Swift 2017 dibekali dengan grille depan berkuran besar yang memperkuat kesan ketangguhan.

Hatchback terbaru ini diklaim memiliki handling yang sporty dan baik. Selain itu pengemudi juga dimanjakan dengan pengalaman berkendara yang mewah dan canggih. Sederet fitur menarik turut hadir agar perjalanan menjadi lebih nyaman.

Di sektor mesin, Swift terbaru punya beberapa varian. Di antaranya mesin naturally aspirated berkapasitas 1.2 liter dan mesin 1.0 liter turbo injeksi langsung. Khusus mesin naturally aspirated 1.2 liter terdapat sistem hybrid ringan yang mengombinasikan ISG dan baterai lithium ion khusus. Berkat perpaduan tersebut Suzuki Swift bermesin 1.2 liter ini dapat melesat 27 km dengan satu liter bahan bakar (JC08 mode).

Sementara Swift bermesin turbo dengan kapasitas sebesar 1.0 liter dapat mengeluarkan tenaga puncak sebesar 102 PS dan torsi maksimum 150 Nm. Menariknya performanya tersebut setara dengan mesin 1.5 liter naturally aspirated.

Fitur keselamatan juga turut hadir pada mobil terbaru ini. Di antaranya adalah enam kantong udara atau airbags, serta ESP dan ABS yang menjadi fitur standar. Juga tersedia fitur kamera dan sensor laser untuk membantu fungsi brake assist, cruise control adaptive, lane departure warning dan autonomous emergency braking.

Dengan dukungan mesin dan fitur yang cukup lengkap, tidak mengherankan bila Suzuki Swift nantinya akan naik kelas. Hanya saja belum diketahui seperti apa fitur dan spesifikasi yang diberikan pada Swift terbaru bila meluncur di Indonesia.

Source: bagaimana nasib suzuki swift di indonesia, nasib suzuki swift, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply