Home Auto News Motor Honda PCX Versi Lokal Kapan Meluncur?

Motor Honda PCX Versi Lokal Kapan Meluncur?

0 151

Motor Honda PCX, Sampai detik ini PT Astra Honda Motor (AHM) hanya mengandalkan Honda PCX untuk terjun di segmen motor matic bongsor bermesin 150 cc. Dengan model yang ada saat ini, rasanya kurang bila di kubu Yamaha memiliki NMAX. Alasan sederhana, yakni harga Honda PCX yang terlalu tinggi. Perlu diketahui, motor matic ini didatangkan utuh dari Vietnam dengan banderol Rp 40 jutaan.

Jauh lebih mahal dari harga Yamaha NMAX yang mencapai Rp 25,7 juta untuk varian standar dan Rp 29,6 juta untuk varian ABS. Harga motor Honda itu pastinya akan jauh lebih terjangkau bila dirakit lokal seperti halnya NMAX. Sebenarnya isu Honda PCX akan dirakit lokal sudah berhembus sejak lama. Akan tetapi hingga saat ini belum juga hadir.

Bila Anda menanti kehadiran motor matic Honda versi yang terjangkau, Anda harus sedikit bersabar. Sebab pihak Honda sendiri masih belum memastikan kapan Honda PCX lokal akan hadir.

“Saya selalu ditanya itu kan, Saya bilang tunggu tanggal mainnya. Rakitan lokal tunggu tangal mainnya,” kata Johannes Loman, Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor (AHM), dikutip dari DetikOto.

Thomas Wijaya, Direktur Marketing AHM mengatakan bahwa sampai saat ini AHM masih dalam proses pembelajaran terkait rencana merakit Honda PCX secara lokal. Memang penjualan Honda PCX di Indonesia terlihat kurang bergairah. Akan tetapi Thomas menyampaikan pihaknya tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Sebab agen pemegang merek Honda di Indonesia itu masih memiliki Vario 150 cc.

“Kita masih study lah, yang penting kita masih punya Vario Techno, kita kembangkan terus,” jelasnya.

Sebagai informasi, menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan Honda Vario Techno pada bulan Mei 2017 menembus 45.295 unit. Sementara itu Honda PCX hanya berhasil terjual 718 unit.

Baca juga: Spesifikasi Yamaha NMAX vs Honda PCX

“Sejauh ini dengan Vario Techno kita cukup baik, dan cukup berkembang. Saat ini kita masih fokus dengan Vario Techno,” ungkap Thomas.

Honda PCX yang dijual di Indonesia mengusung sederet fitur yang menarik. Seperti lampu full LED dengan lampu hazard, volume bagasi lapang dengan kapasitas 25 liter, power charger di konsol boks depan dan answer back system dengan kemampuan anti-theft alarm. Selain itu juga disematkan kaliper rem dengan 3 piston berteknologi CBS pada peranti penghenti lajunya.

Dimensi skuter matik bongsor ini mencapai 1.931 mm untuk panjangnya, dengan lebar 737 mm dan tinggi 1.103 mm. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 1.315 mm dan ground clearance 138 mm.

Motor matic Honda ini mengusung rangka tulang punggung, dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang lengan ayun yang ditemani peredam kejut ganda. Sisi depan terdapat ban berukuran 90/90 – 14 M/C 46P dan bagian belakang 100/90 – 14 M/C 57P.

Melirik sektor dapur pacu, motor Honda PCX ini mengandalkan mesin berkapasitas 153 cc yang mempunyai bore 58 mm dan stroke 57,9 mm. Rasio kompresinya mencapai 10,6 : 1. Berbekal mesin ini, Honda PCX dapat mengeluarkan daya sebesar 13,5 PS pada putaran mesin 8.500 rpm dengan torsi maksimum 13,7 Nm pada 5.500 rpm. Untuk mendukung perjalanan penggunanya, terdapat teknologi eSP, ACG starter dan ISS pada skutik ini.

Semoga AHM segera menghadirakan Honda PCX versi lokal sehingga bisa menjadi pilihan baru bagi konsumen yang ingin memiliki motor matic bongsor. Seperti yang diketahui, skutik berdimensi besar tengah diminati oleh masyarakat Tanah Air. Kita nantikan kabar selanjutnya dari Honda Indonesia.

Source: pcx lokal kapan, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply