Home Auto News Motor Listrik Honda Rilis di Indonesia Tahun Depan

Motor Listrik Honda Rilis di Indonesia Tahun Depan

Motor Listrik Honda, Perkembangan zaman dan teknologi memberikan dampak berarti di dunia otomotif. Jika beberapa tahun lalu kita hanya mengenal kendaraan berbahan bakar fosil, kini sudah beredar di jalanan kendaraan bertenaga listrik. Memang keberadaan kendaraan ini masih cukup terbatas, termasuk di Indonesia. Khusus untuk motor listrik, beberapa merek sudah memperkenalkan produknya.

Hal ini juga dilakukan Astra Honda Motor (AHM) selaku agen pemegang merek Honda di Indonesia. Beberapa waktu yang lalu merek motor berlogo sayap mengepak itu menghadirkan Honda EV Neo yang merupakan motor listrik produksi salah satu pabrikan asal Jepang itu. Hanya saja saat itu hanya sebatas uji coba, bukan untuk dijual.

Sepeda motor listrik Honda ini dihadirkan pada pertengahan tahun lalu. Sebanyak dua unit motor Honda EV Neo didatangkan untuk dites oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan Universitas Indonesia.

Kabar baiknya, AHM berencana untuk memasarkan motor ramah lingkungan ini. Bila tidak ada halangan, sepeda motor listrik Honda ini akan dirilis pada 2018 mendatang.

Johannes Loman, Executive Vice President Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan bahwa motor listrik akan diterima oleh pasar apabila teknologi semakin baik dan mempunyai harga jual yang terjangkau. “Cuma saat ini masih terus dikembangkan, karena menurut saya di motor listrik ini kita harus punya regulasi yang baik,” ujarnya, dikutip dari laman Kumparan.

Ada dua hal yang menjadi pertimbangan AHM dalam menghadirkan motor listrik di Indonesia. Yaitu teknologi motor listrik dan baterai. “Baterai itu tidak seumur hidup dan harus dipikirkan bagaimana cara daur ulangnya. (Katakanlah ada) 2 juta unit sepeda motor listrik yang tiap tiga tahun harus ganti baterai dengan bobot 4-5 kilogram,” jelasnya.

Di samping itu masalah daya jangkau dari sepeda motor listrik juga masih menjadi masalah yang harus dicari jawabannya. “Bisa (saja) dibuat dengan baterai yang banyak. Cuma dari sisi safety-nya bagaimana,” ungkapnya.

Sementara itu, Honda kalah langkah dari Viar yang sudah lebih dulu menghadirkan motor listriknya di Indonesia. Lantas bagaimana tanggapan AHM mengenai hal tersebut?

Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran AHM menyambut baik jika banyak produk motor listrik yang meluncur di pasar. “Semakin banyak pemain yang masuk semakin baik. Sejauh ini sesuai rencana (2018),” jawabnya.

Menghadirkan motor listrik perlu pertimbangan di beberapa aspek supaya tepat sasaran dan sesuai dengan harapan. Selain mencari formulasi yang tepat untuk menjawab isu safety dan durabilitas motor listrik, Thomas mengatakan perlu memperhatikan faktor lain, yakni insentif pajak dan regulasi. Misalnya apakah motor listrik ada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau tidak. Sejauh ini belum ada ketentuan tersebut.

Sementara itu motor listrik Viar yang resmi dipasarkan di Indonesia sudah disertai dengan STNK. Hanya saja pihak AHM belum mempelajari bagaimana Viar mendaftarkan motor listriknya.

Di samping itu AHM juga perlu melakukan investasi tambahan untuk mempersiapkan motor listrik Honda. Akan tetapi Thomas belum bersedia mengatakan berapa dana yang disiapkan untuk meluncurkan sepeda motor listrik di Indonesia. “Tentu ada perubahan teknologi dan ubahan machining, untuk nilainya belum,” jawabnya.

Viar dan Honda bukan satu-satunya merek yang berniat memasarkan motor listrik di Indonesia. Sebelumnya Garasindo bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) juga menghadirkan skuter listrik yang diberi nama Gesits. Hanya saja motor ini belum resmi dipasarkan di Indonesia.

Hadirnya motor listrik Honda, Viar maupun Gesits akan membuat pasar roda dua Tanah Air akan semakin menarik. Produk ini bisa menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin memiliki tunggangan yang berbeda dan bebas BBM.

Source: kapan motor listrik honda resmi di pasarkan di ndo esia, bulan apa motor listrik honda rilis di indonesia, kapan motor listrik murah honda liris 2018, motor listrik rilis di Indonesia, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply