Home Mobil Tips Mudik, Cek 10 Komponen Mobil Ini Sebelum Pergi

Tips Mudik, Cek 10 Komponen Mobil Ini Sebelum Pergi

0 264

Tips Mudik, Apakah Anda saat ini sedang bersiap-siap untuk mudik? Di Indonesia mudik memang menjadi salah satu kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun. Biasanya mudik atau pulang ke kampung halaman dilakukan bertepatan dengan hari Lebaran. Bahkan sebelum lebaran tiba juga ada masyarakat yang mudik agar bisa berkumpul dengan keluarga tercinta.

Biasanya banyak orang yang memakai mobil untuk mudik. Alasannya mudik dengan mobil dinilai lebih nyaman karena pengguna bebas beraktivitas tanpa merasa terganggu privasinya. Selain itu pemudik juga bisa membawa banyak barang bawaan atau banyak anggota keluarga sekaligus.

Memang mudik dengan mobil terlihat lebih nyaman daripada memakai motor. Akan tetapi jangan lupakan masakan perawatan mobil. Mobil yang digunakan untuk mudik akan melewati perjalanan yang jauh dan penuh dengan kemacetan. Biasanya di saat mudik mobil akan menyala sekitar 8-10 jam sehari, bahkan juga bisa mencapai 20-24 jam.

Dengan kata lain mobil yang dipakai untuk mudik akan dipaksa ke tahap maksimal. Sehingga perlu bagi pemilik untuk memastikan setiap komponen mobil berfungsi sebagaimana mestinya. Tentunya Anda tidak ingin ada permasalahan pada mobil kesayangan saat di tengah jalan nanti yang justru menghambat perjalanan Anda.

Maka dari itu perawatan pada mobil sebelum pergi mudik menjadi hal yang tak boleh terlewatkan. Memang ada dana yang dikeluarkan untuk hal tersebut. Akan tetapi hal ini juga untuk kenyamanan Anda dan keluarga. Sehingga Anda bisa tiba di kampung halaman sesuai jadwal tanpa kendala apapun.

Untuk itu sebelum bepergian ada baiknya untuk menyimak beberapa poin pengecekan mobil. Berikut adalah tips selengkapnya yang dikutip dari DetikOto.

Ban

Untuk sektor roda, ada beberapa pemeriksaan yang perlu dilakukan. Antara lain:

  • Lakukan pengecekan alur ban dan kebocoran.
  • Pastikan tekanan angin sesuai dengan rekomendasi pabrik. Stiker rekomendasi tekanan angin ban biasanya bisa dijumpai di pintu driver.
  • Lakukan rotasi ban jika dibutuhkan.
  • Lakukan spooring dan balancing jika perlu.
  • Pastikan ban cadangan dalam keadaan bagus.
  • Sebagai langkah antisipasi, Anda dapat mengisi cairan penambal otomatis di setiap ban. Cairan ini bisa dibeli di toko otomotif.

Rem

Sistem pengereman pada mobil juga tak boleh dilupakan. Sebab komponen ini menjadi salah satu bagian penting yang berfungsi memperlambat laju kendaraan. Ada beberapa pemeriksaan yang perlu dilakukan, yakni:

  • Pemeriksaan oli rem untuk jumlah oli dan kelayakan pakai olinya.
  • Cek kampas rem mobil. Untuk ini serahkan pada tenaga ahli.

Suspensi

Pengecekan berikutnya adalah di sektor suspensi. Berikut adalah yang perlu dilakukan:

  • Pemeriksaan dudukan karet suspensi.
  • Pengecekan untuk kebocoran damper.

Oli mesin

Khusus untuk oli mesin, Anda harus menggantinya dengan oli berkualitas tinggi dan than panas. Alasannya kondisi jalanan yang umumnya macet akan membuat kinerja mesin lebih keras dan menjadi lebih panas. Jika memakai oli berkualitas rendah akan mudah menguap dan merusak kadar olinya. Apabila Anda ingin mengetahui lebih jauh seputar perbedaan oli berkualitas tinggi dan oli biasa Anda bisa mencarinya di situs streaming video.

Air radiator (coolant)

Perjalanan mudik yang panjang biasanya dibayangi dengan permasalahan di sektor mesin. Lantaran kinerja mesin mobil yang lebih ekstra, permasalahan mesin over heating bisa saja terjadi. Hal ini juga dialami beberapa pemudik di tahun sebelumnya. Mesin yang over heating dapat menyebabkan tekanan di dalam radiator meningkat hingga akhirnya ada komponen yang jebol.

Perlu diketahui, penyebab utama overheating adalah air radiator yang diisi dengan air biasa (air kondensasi AC). Sebenarnya hal tersebut tidak akan menjadi masalah ketika mobil berjalan. Akan tetapi ketika mobil terjebak kemacetan panjang air tersebut tidak akan cukup untuk mendinginkan mesin dengan cepat.

Baca juga: Tips Mudik Bersama Balita

Selain itu penyebab overheating lainnya adalah motor fan yang rusak. Kerusakan pada motor fan belum tentu motor fannya mati total. Kadangkala kipasnya tetap berjalan tetapi menjadi lebih pelan. Alhasil angin yang didorong kurang kencang.

Oleh karena itu cek sistem pendinginan secara menyeluruh. Pastikan kondisinya baik dan bebas masalah. Apabila mobil Anda masih memakai air bisa untuk mendinginkan, maka segera ganti dengan coolant sebelum terlambat. Hal ini semata-mata agar mobil terhindar dari permasalahan dan membuat perjalanan Anda nyaman tanpa hambatan.

Tune up

Tune up untuk mobil modern lebih fokus ke proses pembersihan sistem pembakaran mobil. Baik untuk mobil bermesin diesel maupun bensin memerlukan tune up secara berkala. Dengan melakukan tune up dapat mengembalikan tenaga mesin yang hilang lantaran pembakaran yang tidak efisien.

Di samping itu juga dapat menghilangkan permasalahan mengelitik pada mesin bensin dan mengurangi asap hitam pada mesin diesel. Selain itu dapat membuat konsumsi bahan bakar mobil menjadi tidak berlebihan.

Busi

Walaupun komponen ini kecil, jangan pernah diremehkan. Busi pada mesin bensin harus diperiksa dan diganti jika memang sudah tidak layak pakai.

Filter udara dan filter bensin/solar

Selain busi, jangan lupa mengecek semua filter. Dianjurkan untuk menggantinya jika perlu. Tujuannya supaya perjalanan Anda nantinya lebih mulus.

Aki

Selanjutnya adalah memeriksa komponen aki mobil. Untuk hal ini alangkah baiknya untuk membawanya ke bengkel resmi atau terpercaya untuk dilakukan pemeriksaan. Biasanya bengkel mobil mempunyai battery tester yang fungsinya untuk memperoleh persentase battery life yang akurat. Untuk perjalanan jauh, akan lebih baik memakai aki baru jika aki lama memiliki persentase battery life di bawah 50%.

Baca juga: Tips Hadapi Macet Saat Mudik

Air conditioning (AC)

Saat siang hari, cuaca yang terik akan membuat perjalanan terasa lebih panas. Untuk itu ada AC mobil yang dapat mendinginkan kabin sehingga membuat pengguna merasa lebih sejuk. Pastinya Anda tidak ingin terjebak macet dan merasa gerah di saat yang bersamaan. Maka dari itu pemeriksaan komponen AC perlu dilakukan.

Untuk AC mobil perlu dilakukan di bengkel yang berpengalaman. AC mobil harus dingin maksimal dan mempunyai tekanan freon yang normal. Di samping itu hembusan angin blower juga harus dipastikan maksimal dan tidak mengeluarkan bau. Freon harus R134a (untuk mobil baru) murni dan tidak terkontaminasi sebab dapat mengancam kesehatan pengguna.

Tidak cukup sampai di situ, filter AC juga harus bersih dan bebas jamur maupun debu. Sedangkan bagian evaporator juga perlu dibersihkan supaya bisa menghasilkan dingin yang maksimal selama perjalanan nanti.

Jika ingin melakukan servis mobil, pilihlah bengkel resmi atau bengkel terpercaya yang sudah berpengalaman. Dengan begitu Anda akan merasa lebih tenang dan nyaman selama perjalanan. Sebelum mudik, selain kondisi mobil jangan lupa perhatikan kondisi tubuh Anda. Terutama jika Anda yang mengemudi saat mudik nanti.

Jaga kondisi fisik dan juga pikiran sehingga nantinya Anda bisa lebih fokus ketika sedang menyetir. Selain itu jangan terlalu memaksakan diri untuk terus berkendara jika sudah lelah. Cari tempat untuk istirahat sejenak, untuk melepas lelah dan mengembalikan kondisi tubuh. Saat senggang Anda bisa membaca artikel seputar tips mudik.

Kami juga pernah memberikan beberapa tips mudik dengan mobil maupun motor. Anda bisa membacanya pada artikel kami sebelumnya. Sekian informasi dari kami mengenai pengecekan mobil sebelum mudik. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda. Selamat mudik untuk Anda yang melakukan mudik, semoga perjalanan Anda aman, nyaman dan selamat sampai tujuan.

Source: komponen mobil yang perlu di cek rutin, foto didalam bagian mobil sedang mau mudik, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply