Home Honda Modifikasi Honda Rebel 500 Cafe Racer, Bisa Jadi Inspirasi

Modifikasi Honda Rebel 500 Cafe Racer, Bisa Jadi Inspirasi

Honda Rebel 500, Honda CMX500 Rebel resmi hadir di Indonesia. Motor ini cukup menarik perhatian lantaran desainnya yang unik dan klasik. Sebenarnya tampilan moge Honda yang satu ini sudah menarik dengan sentuhan motor custom beraliran bobber modern. Akan tetapi bagaimana jadinya jika dipermanis lagi?

Hal ini rupanya dilakukan oleh Astra Motor. Honda Rebel 500 dimodifikasi sehingga tampilannya terlihat beda dari standarnya. Adrian Suriantio, Big Bike Manager Astra Motor mengatakan bahwa Honda Rebel custom ini bisa dijadikan contoh modifikasi motor bagi konsumen yang berminat.

“Namun rata-rata mereka pemain motor baru, jadi belum kenal dengan bengkel modifikasi. Nah untuk mengakomodasi, kami buatkan contoh Rebel custom ini,” ujarnya, dikutip dari Otomotifnet.

Untuk proses pengerjaan modifikasi motor Honda ini, Astra Motor bekerjasama dengan modifikator Dony Arianto dari bengkel Studio Motor. Honda CMX500 Rebel dipermak menjadi bergaya café racer.

Walaupun tampilannya berubah signifikan, sektor sasis dan mesin tidak mendapat sentuhan alias masih mengusung bawaan pabrik. Tentu ada alasan tersendiri mengapa kedua sektor tersebut dibiarkan standar. Adrian mengungkapkan tujuannya agar mudah untuk dikembalikan ke kondisi standar.

Untuk mendapatkan tampilan modifikasi Honda Rebel 500 seperti ini, waktu yang diperlukan tidak terlalu lama, yakni sekitar 10 hari saja. Tampilan motor gede ini tampak lebih proporsional. Terutama jika mengarahkan pandangan ke sektor tangki bahan bakar. Sang modifikator membuatnya lebih lebar dan juga lebih pipih.

Tidak hanya itu, sepatbor belakang juga tak kalah memikat. Pada Rebel custom ini tampilannya dibuat tipis memanjang ala motor flat track. Posisinya menggantikan sepatbor bawaan yang melengkung dan menutup ban. Selain itu sepatbor depan juga tak luput dari modifikasi. Desainnya juga dibuat lebih mungil sehingga terlihat serasi dengan bagian buritan.

Melirik sektor mesin, ada perubahan yang cukup mencolok. Honda CMX500 Rebel ini dilengkapi dengan undercowl yang menemani radiator. Alhasil sektor dapur pacu terlihat lebih padat. Di samping itu part ini juga membantu aerodinamikan sekaligus mengarahkan angin ke radiator.

Melihat tampilan depan, lampu utama diganti dengan part aftermarket dan ditambahkan kedok custom. Selain itu dudukannya dibuat menyatu di as sokbreker. Bodi custom motor Honda ini memakai bahan plat 1,2 mm yang dicat dengan warna candy red dan dipermanis dengan pin striping.

Selain itu Dony juga menyematkan spion di ujung setang standar. Sedangkan spidometer berpindah posisi ke samping bawah tangki, berdekatan dengan kontak. Lalu untuk sokbreker belakang standar dilepas dan diganti dengan produk Onlins.

Tidak hanya itu saja, sektor roda juga terlihat lebih berisi. Ban standar diganti dengan ukuran lebih besar yang dikombinasikan dengan pelek standar. Untuk ban memakai produk Metzeler Marathon Ultra dengan profil 130/90-16 dan 160/80-16. “Setelah terpasang ternyata 170 juga masih bisa masuk tuh,” ungkap Dony.

Baca juga: Harga Honda Rebel 500 2017 Indonesia

Jika tertarik untuk mendapatkan tampilan Honda Rebel 500 seperti ini, pemilik perlu menyiapkan dana sebesar Rp 35 jutaan.

Untuk informasi tambahan, Honda CMX500 Rebel dilengkapi dengan tangki berkapasitas 11,2 liter. Motor ini diekali dengan lampu depan khas berukuran 135 mm. Selain itu terdapat panel speedometer 100 mm dengan desain yang kompak. Panel ini memakai layar LCD negatif dan backlight biru.

Untuk dapur pacu, Honda Rebel 500 mengandalkan mesin berkapasitas 471 cc, 8 valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder. Mesin yang diadopsi dari CBR500R ini mendapat revisi pemetaan PGM-FI agar mempunyai daya jelajah yang dapat diandalkan. Tenaga yang dihasilkan diklaim mencapai 35,2 kW pada 8.500 rpm dengan torsi maksimum 45,8 Nm pada 5.500 rpm. Mesin ini diklaim mempunyai karakter output bottom-end torsi padat dengan penyaluran halus dan linear di seluruh rentang putaran.

Source: modifikasi honda rebel 500, rebel 500 cafe racer, honda rebel 500 cafe racer, modifikasi rebel500, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply