Home Auto News Mobil Suzuki Ignis Versi Lokal, Ada Tambahan Fitur Baru?

Mobil Suzuki Ignis Versi Lokal, Ada Tambahan Fitur Baru?

0 94

Mobil Suzuki Ignis, Suzuki Indomobil Sales (SIS) sukses menarik perhatian konsumen mobil di Tanah Air dengan meluncurkan Suzuki Ignis. Mobil ini terbilang menarik karena beberapa hal. Salah satunya adalah tawaran harga yang terjangkau meskipun bukan tergolong mobil LCGC. Selain itu tampilannya juga cukup menarik, dengan sentuhan ala SUV.

Memang untuk saat ini mobil baru Suzuki itu didatangkan utuh dari India. Banyak yang mempertanyakan dan penasaran kapan city car itu akan diproduksi di Indonesia. Mengenai hal ini, ada kabar baik dari pihak SIS. Donny Saputra, Marketing Director PT SIS mengungkapkan pihaknya sedang berencana untuk merakit Suzuki Ignis secara lokal.

“Ignis sekarang sedang distudi dulu, tapi memang sudah di-confirm,” ungkapnya, dikutip dari DetikOto.

Hanya saja belum diketahui pasti kapan proses perakitan lokal untuk mobil tersebut. “Yang pasti pada saat Ignis kami lokalkan, tidak hanya sekadar dilokalkan saja, enggak asal,” jelasnya.

Donny menerangkan, ketika Suzuki Ignis dirakit lokal maka akan ada tambahan nilai untuk Ignis dari Suzuki. “Karena analoginya begini, saat kami lokalkan kan sudah tidak ada biaya pengiriman, tidak ada bea masuk. Nah, hilangnya biaya pengiriman dan bea masuk itu, kami konversi ke fitur dan perubahan apa,” ujar Donny.

Sayangnya belum dapat diinformasikan lebih rinci mengenai hal tersebut. Akan tetapi kemungkinan mobil Suzuki Ignis versi lokal nantinya akan mendapat fitur kenyamanan atau keamanan tambahan. Informasi ini tentunya menarik. Karena jika memang benar seperti itu maka Ignis akan semakin layak untuk dipertimbangkan calon pembeli mobil baru.

Sebagian masyarakat tentunya tidak ingin membeli mobil murah yang hanya unggul dari segi harga. Pertimbangan lain seperti tawaran fitur dan spesifikasi juga dinilai perlu. Di sisi lain kondisi jalanan di Indonesia yang tidak selalu mulus dan dihiasi kemacetan, terutama di kota besar menuntut pabrikan dapat menghadirkan mobil yang mempunyai fitur kenyamanan mumpuni.

Selain itu calon pembeli biasanya juga mempertimbangkan fitur keamanan apa saja yang ditawarkan. Dengan begitu pertimbangan SIS untuk menambah fitur kenyamanan dan keamanan pada Ignis versi lokal menjadi hal yang tepat.

Baca juga:

Suzuki Ignis Indonesia yang dijual saat ini dibekali dengan fitur auto climate control dan heater di sisi kabin. Juga tersedia fitur start/stop button untuk memudahkan pengemudi menghidupkan mesin mobil. Walaupun dimensi mobil Suzuki ini kecil, baris pertama pengemudi dan penumpang mempunyai ruang kaki dan kepala yang cukup lapang. Begitu pula dengan ruang kursi baris kedua yang juga cukup lega.

Untuk fitur keselamatan, ada dua kantong udara di bagian depan. Selain itu juga tersedia anti-lock braking system (ABS), electronic brakeforce distribution (EBD) dan brake assist.

Di sektor dapur pacu, mobil Suzuki ini dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 1.197 cc DOHC yang diadopsi dari Splash. Tenaga yang dapat dikeluarkan mencapai 83 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak 113 Nm pada 4.200 rpm. Jantung pacu mobil ini ditemani transmisi manual 5-percepatan atau Auto Gear Shift (AGS). Mesin ini diklaim mempunyai konsumsi BBM 23,64 km/liter untuk manual dan 23,44 km/liter versi AGS.

Kenyamanan selama perjalanan akan semakin terjamin dengan ground clearance Ignis yang mencapai 180 mm. Jarak terendah ke tanah ini lebih tinggi dari city car pada umumnya yang berkisar 150 mm sampai 165 mm. Di samping itu air intake mobil Suzuki Ignis ini lebih tinggi, yakni 700 mm. sehingga risiko mesin kemasukan air saat melintasi banjir setinggi 70 cm akan lebih kecil.

Source: harga dan spesifikasi suzuki ignis, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply