Home Motor Tips Mudik dengan Motor yang Aman dan Benar

Tips Mudik dengan Motor yang Aman dan Benar

0 69

Tips Mudik dengan Motor, Musim mudik Lebaran sudah tiba di depan mata. Di saat seperti ini ada banyak masyarakat Indonesia yang pulang ke kampung halaman. Mudik dengan motor masih menjadi andalan sebagian besar masyarakat. Walaupun sebenarnya berisiko, tetap ada saja masyarakat yang mengandalkan sepeda motor kesayangan untuk mudik.

Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) mengatakan bahwa faktanya pemudik yang menggunakan motor terus meningkat. Akan tetapi keterlibatan sepeda motor pada kasus kecelakaan saat mudik lebaran terus menurun.

“Kecelakaan yang melibatkan sepeda motor saat mudik lebaran menurun, dari tahun lalu 70,8 persen menjadi 67 persen. Banyak yang mempengaruhi, yaitu saat mudik lakukan manajemen perjalanan, jadikan mekanisme perjalanan sebagai kebutuhan,” ungkapnya, dikutip dari Liputan6.

Edo menambahkan, manajemen perjalanan atau manajemen keselamatan jalan mudik terbagi menjadi beberapa tahapan. Yang pertama adalah persiapan sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran. Persiapan tersebut meliputi fisik pengendara. Edo mengatakan pengendara wajib istirahat tidur minimal delapan jam. Berikutnya adalah memastikan kondisi motor. Cek menyeluruh mulai dari ban, rem, rantai, bahan bakar hingga komponen terkecil seperti tutup pentil.

Jika persiapan sudah selesai dilakukan, tahapan paling penting berikutnya adalah di perjalanan. Edo menjelaskan, yang paling penting adalah ritme istirahat saat melakukan perjalanan jauh. “Istirahat harus dua jam sekali, dengan asumsi tulang belakang manusia itu menanggung beban lebih berat saat riding, ditambah membawa barang,” kata Edo.

Di samping itu, dari segi psikologis manusia tidak dapat mengontrol emosinya ketika melakukan kegiatan yang monoton seperti berkendara. Maka dari itu merupakan hal yang penting untuk melakukan pola istirahat yang benar.

Selain itu usahakan untuk tidak membawa barang berlebihan. Jika bisa lebih baik dikirim saja barang tersebut. Lebih baik mengeluarkan sedikit biaya untuk pengiriman daripada harus menanggung risiko kecelakaan yang lebih besar selama perjalanan.

Sementara itu, Gunadi Sindhuwinata, Penasihat Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyarankan kepada pemilik motor untuk tidak melakukan modifikasi motor sembarangan. Alasannya hal tersebut dapat mengurangi fungsi keselamatan motor.

Baca juga: Persiapan Sebelum Mudik dengan Motor Matik

“Prinsipnya, pabrikan motor selalu memberikan produk yang aman. Buktinya, setiap motor yang dijual telah mengantongi SRUT,” kata Gunadi.

Yuli Kurniawan, Kasubdit Dikmas Kamsel Korlantas Polri mengatakan, penyebab kecelakaan adalah kelalaian dari pengemudi itu sendiri. Seperti kelelahan sehingga terjadi tabrakan depan atau belakang. “Perjalanan mudik harus dipersiapkan dengan matang. Jangan dipaksakan, sampai di tujuan harus tetap menjaga standar keamanan, saat balik mudik juga begitu,” terangnya.

Selain itu selama perjalanan tetap patuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Dengan tertib di jalan raya, maka angka kecelakaan lalu lintas akan dapat dikurangi.

Sekian tips mudik dengan motor yang baik dan aman. Semoga sedikit tips di atas bisa menjadi tambahan wawasan untuk Anda, terutama yang sedang berencana mudik dalam waktu dekat. Selamat jalan, semoga sampai tujuan dengan selamat.

Source: berita mudik lebaran apakah aman saja di jalan, tips mudik dengan motor, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply