Home Mobil Tips Mudik Agar Terhindar dari Kemacetan

Tips Mudik Agar Terhindar dari Kemacetan

0 202

Tips Mudik, Musim mudik Lebaran 2017 telah tiba. Apakah Anda punya rencana untuk pulang ke kampung halaman tahun ini? Jika iya jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan mudik. Perjalanan panjang yang melelahkan kerap dialami oleh para pemudik. Tidak hanya itu, kemacetan yang terjadi setiap musim mudik tiba seolah menjadi momok yang cukup mengganggu pikiran.

Sebab selain membuat waktu tempuh lebih lama, kemacetan bisa menimbulkan permasalahan pada mobil jika tidak diantisipasi. Selain itu kenyamanan selama perjalanan juga menjadi kurang maksimal. Untuk itu tidak ada salahnya untuk melihat apa saja yang perlu dilakukan untuk menghindari kemacetan saat perjalanan mudik.

Berikut akan dibahas tips mudik untuk menghindari macet saat mudik. Silakan simak tiga tips berikut, sebagaimana dilansir dari laman Kumparan.com:

Berangkat lebih awal

Puncak musim mudik Lebaran 2017 diprediksi terjadi pada H-3 atau saat libur cuti bersama yang ditetapkan pemerintah tanggal 23 Juni nanti. Dengan kata lain pada hari Jum’at nanti kemacetan akan terjadi di beberapa jalur utama. Cara untuk menghindari kemacetan parah adalah berangkat lebih awal.

Memang cara ini terdengar sederhana, namun bisa Anda coba. Cara ini juga dilakukan oleh seorang pemudik di salah satu rest area di tol Cikopo Palimanan. Tamani, salah seorang pemudik memilih berangkat lebih awal ke Kediri, Jawa Timur.

“Soalnya untuk menghindari macet, dan juga ngajak anak kecil juga. Biar enggak kayak tempo tahun kemarin kan macet,” ungkap perempuan yang berprofesi sebagai pedagang itu.

Siapkan jalur alternatif

Memasuki musim mudik, sejumlah ruas jalur utama akan dipadati kendaraan yang menimbulkan kemacetan yang panjang. Agar Anda tidak terjebak macet dan bisa tiba di kampung halaman lebih cepat, maka Anda perlu menyiapkan rute yang hendak ditempuh selain memikirkan kapan harus berangkat.

Baca juga: Cek 10 Komponen Mobil Ini Sebelum Mudik

Jika jalur utama sudah mulai padat dan tak bergerak, maka tidak ada salahnya untuk membuka peta digital. Pilihan lainnya adalah menggunakan jalur alternatif yang biasa Anda pilih.

Gunakan kartu elektronik

Loket pembayaran di gerbang tol juga turut menjadi salah satu penyebab macetnya lalu lintas selama mudik. Kemacetan panjang terjadi lantaran pengendara tidak sabaran dan merebut lajur orang lain. Biasanya kemacetan terjadi di loket pembayaran tunai.

Untuk menghindari hal tersebut, akan lebih baik jika Anda memakai Gerbang Tol Otomatis (GTO). Tujuannya tentu saja untuk mempersingkat waktu. Memakai uang elektronik akan memotong waktu transaksi dan menghindarkan Anda dari antrean panjang. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan uang dan menunggu giliran Anda untuk membayar tol.

Itulah tips mudik untuk menghindari kemacetan yang bisa Anda coba. Yang pasti persiapan matang harus Anda lakukan sehingga perjalanan bisa lebih nyaman. Pelajari pula jalur yang hendak dilewati, bagaimana kemacetannya dan di mana lokasi peristirahatan serta SPBU selama perjalanan. Dan jangan lupa untuk mencatat nomor penting guna antisipasi bila terjadi sesuatu di jalan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply