Home Mobil Tips Mudik dari Nissan Agar Perjalanan Aman dan Nyaman

Tips Mudik dari Nissan Agar Perjalanan Aman dan Nyaman

0 61

Tips Mudik, Menjelang libur lebaran jalanan di Indonesia biasanya dipadati oleh para pemudik yang hendak pulang ke kampung halaman. Mudik seakan sudah menjadi ritual wajib setiap Lebaran tiba. Apakah tahun ini Anda juga punya rencana untuk pulang kampung?

Jika iya, maka tidak ada salahnya untuk menyimak tips mudik agar perjalanan lebih aman dan nyaman saat menggunakan kendaraan pribadi. Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku agen pemegang merek Nissan di Tanah Air memberikan beberapa tips mengenai persiapan mudik bersama komunitas Nissan-Datsun.

Dikutip dari detikOto, pada workshop tersebut NMI memberikan edukasi mengenai produk dan layanan Nissan-Datsun. Di samping itu produsen mobil asal Negeri Samurai itu juga berbagi informasi yang akan bermanfaat bagi pemudik yang hendak melakukan perjalanan jauh.

“Dengan meningkatnya mobilitas di masa mudik, kami ingin memastikan semua pelanggan kami dapat berkumpul dengan keluarganya di kampung halaman dengan aman dan nyaman. Dengan workshop ini, kami ingin membekali komunitas Nissan-Datsun dengan berbagai tips yang bermanfaat sehingga pengalaman mudik mereka menjadi lebih menyenangkan,” ujar Eiichi Koito, President Director Nissan Motor Indonesia.

Pada kesempatan workshop tersebut, Sugihendi selaku trainer Nissan College memberikan beberapa tips jika mudik menggunakan mobil pribadi. Menurut Sugihendi ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya perjalanan mudik aman dan nyaman. Yang harus diperhatikan meliputi persiapan kendaraan hingga teknik berkendara.

Sugihendi mengatakan ada 10 aspek yang patut diperhatikan ketika mempersiapkan mobil pribadi untuk dipakai mudik. Aspek-aspek tersebut antara lain aki, wiper, rem, periksa ban, oli mesin, lampu, radiator, washer, kotak P3K dan servis rutin secara berkala. Apabila seluruh aspek tersebut dalam kondisi baik, maka perjalanan mudik akan menjadi lebih tenang.

Selain itu keselamatan dalam berkendara juga tak boleh luput dari perhatian. Menurutnya, pemudik harus memperhatikan beban muatan. Jangan sampai mobil kelebihan beban. Di samping itu beristirahatlah setiap mengemudi empat jam dan pastikan kaca belakang mobil tidak tertutup barang bawaan.

Juga penting bagi para pemudik untuk memperhatikan manajemen barang. Pastikan seluruh barang bawaan dalam keadaan terikat atau diberi jaring pengaman. Untuk barang yang berat usahakan diletakkan di posisi bawah untuk menjaga stabilitas. Hindari meletakkan barang bawaan melebihi ketinggian sandaran. Sebab hal tersebut dapat mengakibatkan cedera serius jika terjadi kecelakaan.

Baca juga: Cek 10 Komponen Mobil Ini Sebelum Mudik

Tips mudik lainnya yang juga penting adalah mencermati konsumsi bahan bakar. Mengenai hal ini Sugihendi mempunyai teknik eco-driving yang bisa dicoba untuk membuat efisiensi bahan bakar lebih maksimal lagi. Ia menganjurkan pemudik melakukan akselerasi secara bertahap. Selain itu hindari membebani mesin atau putaran mesin secara berlebihan. Sesuaikan cara berkendara ketika menghadapi kemacetan guna mencegah konsumsi BBM yang boros.

Sedangkan jalanan macet stop and go, injaklah pedal gas dengan sangat halus. Jika memungkinkan gunakanlah hanya pedal rem saja untuk transmisi automatic dan CVT. Tujuannya adalah untuk meminimalisir pemakaian bahan bakar.

Pada kesempatan yang sama NMI juga menyampaikan program purna jual saat libur Lebaran. Di antaranya 7 Nissan-Datsun Rest Point (NDRP), 5 unit Nissan-Datsun Mobil Siaga dan 17 bengkel Nissan-Datsun Siaga Plus yang terus beroperasi seperti biasa di musim liburan Lebaran. Masih ada lagi 26 bengkel siaga Nissan-Datsun dan Nissan ERA (Emergency Road Assistance) yang beroperasi seperti biasa selama 24 jam sehari di 8 kota pada musim libur Lebaran.

Itulah tips mudik dari Nissan agar perjalanan lebih aman dan menyenangkan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply