Home Mobil Cek Interior Mobil Sebelum Mudik Supaya Perjalanan Nyaman

Cek Interior Mobil Sebelum Mudik Supaya Perjalanan Nyaman

0 63

Interior Mobil, Mobil menjadi salah satu kendaraan yang cukup banyak dipakai pemudik saat pulang ke kampung halaman. Jika Anda juga menjadi salah satu yang mengandalkan kendaraan pribadi ini, akan lebih baik jika memastikan mobil dalam keadaan prima mulai dari sekarang. Selain memeriksa eksterior dan sektor mesin, pengecekan kabin mobil juga menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan.

Tentunya perjalanan yang panjang mengharuskan Anda dan penumpang betah berada di dalam kabin untuk jangka waktu yang cukup panjang. Maka dari itu pastikan kondisi interior mobil nyaman sehingga perjalanan tidak terasa berat dan melelahkan. Lantas apa saja yang perlu diperhatikan sebelum bepergian?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah tips pengecekan kabin mobil yang dapat Anda simak, sebagaimana dilansir dari laman Otomotifnet:

Safety belt

Sabuk pengaman merupakan salah satu komponen yang dapat melindungi pengguna dari hal yang tidak diinginkan. Lantaran menjadi bagian yang sering dipakai, pastikan kondisi safety belt masih layak. Cek kelancaran pergerakan belt dan fungsi tensionernya. Selain itu pastikan saat dihentak sabuk akan mengunci.

Jika Anda menjumpai pergerakannya tidak lancar atau tidak bisa mengunci, ada solusi yang bisa Anda coba. Silakan tarik habis belt, setelah itu biarkan tergulung habis sampai posisi awal supaya gulungan belt kembali lancar.

Di samping itu anda juga patut memperhatikan belt. Jika mulai menghitam dan kotor ada baiknya membersihkannya dengan memakai sikat kecil yang telah dibasahi dengan air sabun. Sesudah itu segera keringkan dengan kain bersih supaya kotoran menghilang. Apabila sering dibersihkan, usia pakai sabuk keselamatan bisa lebih panjang.

Ruang penyimpanan

Biasanya selain bagasi mobil dilengkapi dengan ruang penyimpanan tambahan di dalam kabin. Bentuk, ukuran dan fungsinya juga beragam. Anda bisa memanfaatkan penyimpanan ini untuk menyimpan barang bawaan Anda. Beberapa ruang penyimpanan yang bisa ditemui adalah laci dasbor yang biasanya disebar di beberapa titik.

Di samping itu juga meter cluster di bagian tengah seperti milik Nissan Serena. Atau konsol tengah yang dapat memuat barang-barang berukuran kecil. Selain itu di plafon depan dekat kaca spion dalam biasanya juga terdapat tempat menaruh kaca mata. Dengan memanfaatkan ruang penyimpanan tersebut, barang bawaan Anda akan menjadi lebih tertata sehingga ruang kabin tidak penuh sesak yang berimbas kepada kenyamanan selama perjalanan.

Baca juga: Tips Mudik, Cek 10 Komponen Mobil Ini

Bagian lain yang juga diperlukan adalah cup holder. Biasanya cup holder ini diletakkan di bagian samping pintu atau konsol tengah. Jika mobil Anda tidak dilengkapi dengan cup holder, Anda bisa membelinya di toko aksesori terdekat. Pemasangannya tidak sulit karena hanya perlu ditempel dengan double tape ke dasbor atau dijepit di kisi-kisi AC.

Juga jangan lupa untuk memanfaatkan ruang bagasi tambahan. Untuk MPV berukuran sedang hingga besar, biasanya terletak di ujung belakang di atas ruang bagasi. Ruang ini bisa dimanfaatkan untuk meletakkan tas kecil atau baju kotor selama perjalanan mudik.

Fitur jok

Untuk beberapa mobil biasanya terdapat inovasi pada jok. Inovasi ini memungkinkan pengguna memaksimalkan ruang. Anda bisa memakainya untuk menyimpan bena kecil yang berharga seperti gadget, surat atau dokumen penting. Dengan memanfaatkan fitur ini, benda yang cukup berharga tidak akan terlihat dengan mudah dari luar sehingga Anda terhindar dari tindak kejahatan.

Tombol dan tuas

Setiap mobil mempunyai karakter dan peletakan tombol yang berbeda-beda. Maka dari itu sebelum melakukan perjalanan lebih baik kenali jenis kendaraan yang akan dipakai. Hal ini jangan sampai dilupakan, terlebih jika Anda memilih jasa sewa mobil.

Caranya adalah dengan memperhatikan negeri asal pembuatannya. Pada mobil Eropa dan Amerika, layout tuas lampu sein biasanya terdapat di sisi kiri kolom setir. Sedangkan tuas wiper berada di sebelah kanan. Untuk menghidupkan lampu utama pengemudi tinggal memutar kenop yang biasanya terdapat di bawah kisi AC sebelah pojok kanan.

Lain halnya dengan mobil asal Asia yang lebih praktis. Sebab pengoperasian lampu utama dan sein berada dalam sebuah tuas. Letak tuas juga kebalikan dengan mobil Eropa atau Amerika. Untuk bagian kanan kolom setir biasanya memuat tuas lampu dan tuas wiper berada di sebelah kiri.

Baca juga: Tips Mudik Agar Terhindar dari Kemacetan

Berikutnya silakan perhatikan tata letak fitur lain, misalnya tombol AC, cruise control, kontrol audio, power window, spion retract atau defogger. Cek seluruh fungsi tersebut dan pastikan dalam keadaan baik. Jika ada yang tidak aktif, alangkah baiknya untuk membawa ke bengkel terdekat untuk dilakukan perbaikan.

Karpet tambahan

Anda bisa memberikan karpet tambahan jika khawatir karpet bawaan mobil kotor selama perjalanan. Hanya saja Anda perlu mencermati ukurannya. Jangan sampai memilih karpet yang justru mengganggu perjalanan Anda.

Misal, pemilihan karpet tambahan yang tidak tepat bisa menyebabkan ruang gerak rel jok menjadi terbatas lantaran terhalang. Memasang karpet yang terlalu tebal di sisi pengemudi juga dapat menimbulkan permasalahan. Tidak menutup kemungkinan karpet itu mengganjal injakan pedal gas atau rem.

Indikator

Dengan mengandalkan Multi Information Display (MID) Anda bisa merencanakan perjalanan lebih pesisi seperti memperhatikan kecepatan dan putaran mesin. Hal ini berguna untuk mengatur pemakaian bahan bakar. Untuk mobil terbaru biasanya terdapat parameter lengkap yang akan memudahkan pengemudi melakukan estimasi perjalanan. Contohnya jarak yang masih dapat ditempuh dan gaya berkendara untuk beberapa model.

Selanjutnya adalah melihat panel spidometer. Pada panel ini ada sejumlah logo dan lambang dengan berbagai macam warna. Setiap warna memiliki cara baca yang tak sama. Akan tetapi secara garis besar bila tampak warna hijau atau biru, maka menunjukkan mengenai kondisi mobil.

Warna tersebut cenderung menunjukkan bahwa komponen sedang bekerja normal. Artinya tidak ada permasalahan yang terjadi pada mobil Anda. Berbeda jika yang menyala warna kuning. Biasanya ini disebabkan karena adanya komponen yang diduga mengalami malfungsi seperti check engine, ABS atau airbag.

Walaupun begitu Anda tidak perlu cemas. Meskipun menjumpai nyala lampu indikator seperti ini, mobil tetap bisa dipakai. Akan tetapi lebih baik segera kunjungi bengkel terdekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Apabila warna indikator merah, maka bisa diartikan ada keadaan darurat yang terjadi pada mobil. Misalnya terjadi overheat pada kendaraan Anda. Juga bisa disebabkan karena perangkat keselamatan membutuhkan respon segera seperti pintu yang belum tertutup rapat atau safety belt yang tidak terpasang.

Itulah tips pengecekan interior mobil yang dapat Anda simak. Mengingat perjalanan biasanya membutuhkan waktu yang panjang, maka jangan pernah mengabaikan kondisi mobil secara keseluruhan. Selain itu pastikan kondisi fisik Anda dan keluarga terjaga sehingga perjalanan tidak terasa berat. Manfaatkan rest area yang tersebar di beberapa titik untuk beristirahat dan memulihkan kembali kondisi tubuh.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply