Home Motor Tips Mudik Lebaran, Periksa 15 Komponen Motor Ini Sebelum Berangkat

Tips Mudik Lebaran, Periksa 15 Komponen Motor Ini Sebelum Berangkat

0 163

Tips Mudik Lebaran, Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Di saat seperti ini biasanya masyarakat sudah bersiap-siap untuk melakukan perjalanan mudik atau libur lebaran. Jika Anda juga mempunyai agenda serupa, pastinya sudah memiliki gambaran akan menggunakan apa nantinya saat bepergian. Jika memang harus memakai sepeda motor, maka pastikan kondisinya selalu terjaga dan prima.

Komponen yang tersemat di dalam motor tidak selalu bekerja baik. Ada kalanya terjadi permasalahan sehingga membutuhkan penanganan lebih lanjut. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya lakukan servis dan cek kondisi motor kesayangan. Setidaknya Anda bisa melakukan servis ringan dan penggantian spare part fast moving. Dengan begitu Anda akan terbebas dari tunggangan mogok di tengah kemacetan.

Mengenai pengecekan, ada beberapa part yang perlu Anda periksa. Ini berlaku untuk motor bebek, motor matic maupun motor sport. Penanganannya tidak jauh berbeda antara jenis motor satu dengan lainnya. Baik, langsung saja berikut adalah komponen motor yang perlu diperhatikan sebelum bepergian, dikutip dari Otomotifnet:

  1. Filter oli

Komponen ini biasanya dijumpai pada motor sport. Supaya sirkulasi oli dan pelumasan ke bagian mesin lancar, maka filter oli perlu diperiksa. Jika memang waktunya ganti maka segera ganti komponen tersebut. Biasanya mekanik akan menganjurkan untuk mengganti filter oli setiap 2-3 kali penggantian oli mesin.

  1. Kabel gas dan kopling

Tips mudik lebaran yang berkaitan dengan pengecekan motor berikutnya adalah mengecek kabel gas dan kopling. Kedua part ini juga mempunyai fungsi yang penting. Maka dari itu pastikan selalu bersih dan periksa agar tarikan kabel gas maupun kabel kopling tidak seret. Jika seret karena karat atau kotoran dan dibiarkan, maka tidak menutup kemungkinan kabel cepat putus lantaran gesekan yang terjadi.

  1. CVT

Khusus pemilik motor matic, bagian CVT juga perlu mendapat perhatian. Bersihkan secara berkala dan lakukan pemeriksaan kondisi roller dan v-belt. Jika v-belt sudah retak-retak maka harus segera diganti. Tujuannya supaya tidak putus di tengah jalan yang justru akan menghambat perjalanan Anda.

  1. Rantai dan gir

Perhatikan kondisi gir depan dan belakang dan pastikan masih layak pakai. Apabila gir depan atau belakang sudah lancip, maka itu artinya sudah aus dan perlu diganti dengan yang baru. Lalu untuk rantai motor jika diatur sampai mentok masih kendur, maka ini menandakan Anda harus menggantinya dengan rantai motor baru.

  1. Aki

Sebelum pergi mudik atau libur Lebaran, jangan lupa untuk melakukan pengecekan komponen aki. Peranti ini tak kalah penting, terutama pada motor injeksi. Periksa dan pastikan tegangannya sesuai standar pabrik. Kondisi normal, tegangan aki berkisar antara 12,3 – 12,6 Volt. Di samping itu jangan lupa untuk memeriksa klakson dan pastikan berfungsi dengan baik.

  1. Ban

Pengecekan komponen motor yang satu ini kerap diabaikan. Padahal ban juga memiliki tugas penting demi menjaga keselamatan pengguna motor. Pastikan tekanan ban sesuai dengan standar pabrik. Jika terlalu kempis maka akan berdampak pada kerja motor yang lebih berat dan membuatnya boros bahan bakar. Cek permukaan ban, jika sudah botak maka segera ganti dengan yang baru supaya perjalanan selamat sampai tujuan.

Baca juga: Tips Mudik dengan Motor yang Aman dan Benar

  1. Sistem pengereman

Berikutnya adalah memeriksa kondisi kampas rem, minyak rem dan kaliper. Lakukan penggantian kampas rem baru jika sudah mulai tipis atau aus. Lakukan juga penyetelan rem belakang jika motor masih mengusung rem belakang jenis tromol.

  1. Komstir

Supaya handling tetap nyaman, jangan lupa untuk memperhatikan kondisi setir kemudi. Tak terkecuali bagian komstir. Apabila Anda merasakan gejala oblak maka Anda patut waspada kondisi bearing komstirnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut Anda bisa membawanya ke bengkel terdekat.

  1. Sistem penerangan

Jangan sepelekan sistem pencahayaan motor. Sistem penerangan pada motor penting guna menunjang keselamatan berkendara Anda dan keluarga. Terutama jika Anda bepergian di malam hari. Pastikan kondisi headlamp, stoplamp dan sein baik-baik saja. Cek juga saklar-saklarnya apakah masih berfungsi normal atau seret. Apabila seret Anda bisa memanfaatkan semprotan anti karat.

  1. Busi

Khusus komponen ini, masa pakainya bisa beragam. Ada yang masih terlihat bagus, namun usia pakainya hanya sebentar. Supaya terbebas dari masalah, lebih baik ganti saja dengan busi baru sesuai standar pabrik. Idealnya busi diganti setiap 3 kali servis rutin atau setelah menempuh jarak 7.500 km untuk motor standar.

  1. Oli mesin

Oli bertugas untuk membuat kinerja mesin tetap optimal dan tahan lama. Maka dari itu pengguna perlu melakukan penggantian berkala supaya performa mesin terbebas dari masalah. Jika motor dipakai untuk bepergian jarak jauh, maka sebaiknya ganti lebih awal. Tujuannya agar tarikan motor tetap optimal.

  1. Oli gardan

Pada motor matic alias skuter matic, oli gardan memiliki peran yang sangat penting. Untuk itu lakukan penggantian oli ini sesuai dengan yang disarankan masing-masing pabrikan. Biasanya pabrikan menyarankan untuk mengganti oli gardan setiap 8.000 km.

  1. Karburator atau injektor

Tips mudik lebaran berikutnya adalah dengan memeriksa karburator atau injektor. Cek dan bersihkan jika memang perlu. Sebab jika komponen tersebut kotor akan menghambat suplai bahan bakar ke ruang bakar.

Untuk motor injeksi, perbedaan terletak pada pengecekan saluran bahan bakar tiap 4.000 km untuk memastikan tidak ada kebocoran. Jika tidak ada masalah, malfunction indicator lamp atau MIL tidak berkedip yang menandakan seluruh komponen berfungsi normal. Jadi Anda tidak perlu melakukan apapun. Sementara pada motor karburator perlu membongkar untuk pembersihan dan seting ulang setiap kali servis.

  1. Klep

Selanjutnya berpindah ke bagian klep. Cek kerenggangan klep motor. Apabila terlalu rapat, mesin akan menjadi mudah panas dan akselerasi menjadi lambat. Sedangkan jika setingan klep dipaksa renggang justru akan menimbulkan suara nyaring di sektor mesin karena benturan yang tidak normal antara bagian klep dan rocker arm. Supaya tepat, seting kerenggangan klep dengan memakai feeler gauge dan sesuaikan dengan aturan pabrikan.

  1. Filter udara

Ada kalanya filter udara ini menjadi kotor. Jangan biarkan permasalahan ini berlarut. Alasannya hal tersebut dapat membuat suplai udara ke mesin terhambat.

Perlu diketahui, ada dua tipe filter udara, yakni basah dan kering. Khusus untuk tipe basah Anda tidak dapat membersihkannya. Jika sudah kotor maka filter udara jenis ini harus diganti. Sebagai contoh, filter udara Honda BeAT perlu diganti setiap 15.000 km.

Lain halnya dengan filter udara tipe kering. Anda masih bisa membersihkannya sehingga tidak perlu diganti dengan yang baru. Jangan sampai lupa ya.

Itulah tips mudik lebaran terkait pengecekan komponen motor. Selain memastikan kondisi motor, jangan lupa untuk menjaga kondisi tubuh Anda dan keluarga sebelum berangkat mudik maupun libur lebaran. Pastikan istirahat Anda tercukupi sehingga selama perjalanan Anda bisa lebih fokus dan terhindar dari kecelakaan. Tetap patuhi rambu lalu lintas yang berlaku dan semoga selamat sampai tujuan dengan hati yang senang.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply