Home Mobil 10 Bagian Mesin Mobil yang Perlu Diperiksa Sebelum Mudik

10 Bagian Mesin Mobil yang Perlu Diperiksa Sebelum Mudik

0 271

Mesin Mobil, Di samping memperhatikan dan menjaga kondisi fisik, para pemudik juga patut mengecek kondisi kendaraan yang akan dipakai mudik bila ingin memakai kendaraan pribadi. Sebab perjalanan mudik biasanya memakan waktu yang cukup panjang. Selain karena jarak tempuh yang jauh, kemacetan yang kerap melanda ketika musim lebaran tiba menjadi faktor yang membuat perjalanan Anda menjadi lebih lama.

Tak jarang mobil mengalami permasalahan di situasi seperti itu. Misalnya adalah mesin overheat atau mogok tanpa alasan yang jelas. Jika sudah begitu tentunya akan menghambat perjalanan Anda dan mengganggu kenyamanan mudik Anda bersama keluarga.

Untuk itu, supaya tidak terjadi permasalahan perlu melakukan pemeriksaan menyeluruh pada kendaraan yang akan digunakan. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima dan terbebas dari masalah. Jika Anda menggunakan mobil, Anda bisa melakukan pemeriksaan area mesin.

Tidak perlu khawatir, tidak semua pengecekan harus dilakukan dengan membawanya ke bengkel. Ada beberapa bagian yang mudah dipahami dan dapat Anda periksa sendiri. Setidaknya ada 10 bagian yang dapat Anda periksa sendiri di rumah. Bahkan pemeriksaannya tergolong mudah, karena beberapa bagian tidak membutuhkan alat atau pengetahuan khusus untuk mengontrolnya.

Berikut adalah bagian mesin mobil yang bisa Anda periksa sendiri, sebagaimana dilansir dari laman Otomotif:

  1. Washer

Untuk tabung washer, tidak cukup jika Anda hanya mengisikan air saja. Sebab beberapa kotoran yang menempel pada kaca mobil tidak mudah dibersihkan dengan wiper dan air biasa. Oleh karenanya Anda bisa menambahkan cairan khusus sehingga dapat membersihkan kaca secara maksimal.

Cairan khusus ini dicampur dengan air yang sudah diisikan dalam tabung. Saat pengisian pastikan campuran air dengan cairan khusus tersebut terisi hingga level maksimal yang tertera pada tabung.

  1. Filter udara

Komponen mobil yang satu ini rentan kotor seiring pemakaian. Kotoran yang menempel bisa mengganggu performa mesin. Sebab udara yang masuk tidak mengalir dengan lancar. Untuk membersihkan debu atau kotoran pada filter udara, Anda bisa memanfaatkan semprotan angin dari kompresor.

Hanya saja tidak semua orang mempunyai kompresor. Solusi alternatifnya adalah mengeluarkan filter udara dari boksnya dan menjatuhkan part tersebut. Bukan asal menjatuhkan, pastikan pada posisi yang banyak kotorannya. Posisi tepatnya persis dengan saluran udara masuk.

  1. Minyak rem

Jika dicermati, pada tabung penyimpanan minyak rem terdapat penanda minimum dan maksimum. Untuk mengisi minyak rem pastikan berada di level maksimum. Jika berada di level minimum jangan tunda untuk melakukan pengisian.

Pada mobil standar seperti Daihatsu Xenia, pastikan minyak rem yang dipakai DOT 3. Untuk mengetahui jenis minyak rem yang sesuai Anda bisa membaca buku manual. Anda juga bisa melihat pada bagian tutup tabung penyimpanan.

  1. Boks sekring

Pemeriksaan sektor mesin mobil berlanjut ke boks sekring. Komponen ini memang jarang mengalami permasalahan. Kendati begitu tidak ada salahnya untuk memeriksa kondisinya. Perhatikan ketersediaan cadangan sekring. Ada 3 sekring cadangan yang harus Anda siapkan, yakni 7,5, 10 dan 15 ampere.

  1. Oli mesin

Untuk pengecekan oli mesin Anda hanya perlu mengamati kapasitas pelumas di dalam girboks. Saat kondisi mesin mati, tarik dipstick dari rumahnya dan bersihkan dulu dengan lap kering atau tisu. Sesudah itu masukkan kembali ke tempat asalnya sampai mentok dan tarik kembali.

Pastikan ada oli yang menempel pada parameter maksimal yang adanya di bagian atas saat posisi dipstick ditarik. Jika kurang dari itu ada baiknya untuk segera melakukan penambahan sampai sesuai dengan parameter tersebut. Perlu dicatat, jangan kelebihan saat menambahkan oli mesin. Sebab hal tersebut justru membuat kerja mesin lebih berat.

Baca juga:

Pastikan pelumas yang ditambahkan sama dengan waktu melakukan ganti oli terakhir. Selain itu pastikan oli yang dipakai sesuai dengan spesifikasi mesin. Seperti yang diketahui, oli mesin mempunyai spesifikasi yang berbeda sehingga Anda bisa memilih oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin. Untuk mengetahui lebih jauh Anda bisa membaca buku manual atau berselancar di dunia maya.

  1. Busi

Jika Anda merasakan mesin mobil tidak bisa langsam, kemungkinan ada masalah pada busi. Lebih baik segera lakukan penggantian busi mobil. Hanya saja sedikit rumit untuk mengganti busi mobil. Jika Anda tidak begitu paham silakan bawa ke bengkel terdekat untuk dilakukan penggantian.

  1. Belt

Komponen pada mesin mobil ini juga memiliki peran yang penting. Sebab fungsi water pump dan alternator tergantung pada kinerja belt. Jika belt putus, maka kelistrikan akan terganggu dan mesin mobil bisa mengalami overheat.

Di bengkel resmi biasanya ada alat khusus yang bisa dipakai untuk memastikan bagaimana performa belt. Akan tetapi Anda bisa mengeceknya sendiri. Caranya bisa dengan beban yang kurang lebih 10 kg. pastikan jarak main belt tidak lebih dari 5-10 mm.

  1. Minyak power steering

Saat mesin dalam kondisi dingin atau belum dihidupkan, pastikan level minyak power steering pada tabung ataupun dipstick berada di bawah (cold). Sementara untuk indikator di level hot, itu setelah mesin dihidupkan sekitar 15 menit. Pastikan minyak power steering berada di level hot yang atas.

Itu jika tandanya ada di tabung. Jika menggunakan dipstick, saat mesin panas pastikan levelnya ada di hot (atas). Untuk mengeceknya lepas dipstick lalu bersihkan dengan lap bersih dan masukkan kembali. Setelah itu periksa minyak power steering berada di posisi mana.

  1. Aki

Periksa performa aki mobil dengan menstarter mesin. Jika tidak langsung hidup atau seperti ada jeda, kemungkinan performa aki menurun. Pengecekan berikutnya adalah dengan mencermati fisiknya. Biasanya terdapat kotoran berwarna putih. Penguapan dari proses kimia yang ada di dalam aki dan keluar dari lubang hawa akan menyebabkan munculnya kotoran tersebut.

Anda bisa membersihkannya seperti biasa. Jika sudah bersih, periksa ketinggian air aki. Jangan sampai berada di posisi low. Untuk aki mobil tipe kering, cek tanggal pembelian. Anda patut waspada jika usianya sudah lebih dari satu tahun.

Selain itu jangan lupa untuk memeriksa kutup positif dan negatif. Untuk membersihkan bagian ini Anda bisa memakai ampelas atau sikat kawat.

  1. Reservoir

Untuk mengecek air di dalam radiator, Anda tidak perlu membuka tutup radiator. Anda bisa melakukan pemeriksaan pada tabung reservoir yang letaknya tidak jauh dari radiator. Pastikan isi tabung ini sesuai dengan batas maksimal. Jika air atau coolant berlebihan akan menyebabkan sirkulasi dari radiator ke reservoir terganggu.

Itulah tips pengecekan mesin mobil sebelum dipakai mudik. Pemeriksaan menyeluruh pada kendaraan akan membuat Anda lebih nyaman dan tenang selama perjalanan. Di samping itu Anda juga bisa terhindar dari permasalahan di tengah jalan yang biasa disebabkan oleh kondisi kendaraan yang kurang baik. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda.

Source: periksa mobil sebelum mudik, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply