Home Mobil Persiapan Sebelum Perjalanan Arus Balik, Cek Mobil Hingga Bawa Bekal

Persiapan Sebelum Perjalanan Arus Balik, Cek Mobil Hingga Bawa Bekal

0 74

Arus Balik, Setelah selesai mudik untuk bersilaturahmi dengan keluarga atau teman, maka saatnya untuk kembali ke tempat tinggal. Jika Anda menggunakan mobil pribadi, perlu melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum pulang. Sama halnya seperti ketika hendak pergi mudik.

Terlebih lagi biasanya setelah pulang ke kampung halaman masyarakat membawa banyak oleh-oleh untuk dibawa. Membawa buah tangan dalam jumlah besar tentu akan mempengaruhi beban yang ditanggung mobil. Maka dari itu pemeriksaan beberapa komponen perlu dilakukan supaya mobil tetap dalam kondisi baik selama perjalanan pulang ke rumah.

Andri Ismanto, pemilik usaha bengkel mempunyai beberapa tips perawatan mobil sebelum menempuh perjalanan arus balik. “Sebelum perjalanan, tentu harus ada penyesuaian terhadap kendaraan. Supaya perjalanan bisa tetap aman bagi semua pihak,” jelasnya, dilansir dari Otomotifnet.

Pria yang memiliki sapaan akrab Anto itu mengungkapkan setidaknya ada 3 komponen yang patut diperhatikan. Komponen ini memang sederhana, tetapi bisa fatal bila diabaikan. Untuk selengkapnya silakan simak selengkapnya.

Tekanan Angin

Sebelum mengangkut penumpang dan seluruh barang bawaan maupun oleh-oleh, terlebih dahulu lakukan pengecekan tekanan angin ban. Ban bisa terlihat kempis karena membawa beban. Jika dirasa kurang tambahkan tekanannya agar lebih aman.

Menurut Anto tekanan angin yang lebih tinggi akan lebih aman. Sebab ban tidak mudah meledak. Berbeda halnya jika tekanan angin ban kurang. Hal ini bisa menyebabkan ban mudah meledak.

Arah Lampu

Jika bobot bertambah maka akan membuat mobil cenderung mendongak. Alhasil sinar lampu menjadi lebih tinggi. Oleh karenanya sebelum melakukan perjalanan arus balik atur ketinggian lampu. Jangan sampai menyorot ke mata pengendara dari arah berlawanan.

Untuk mengaturnya, pastikan tidak ada barang bawaan yang ditaruh di dalam mobil. Setelah itu turunkan beberapa derajat. Dengan begitu, ketika beban penuh sinar lampu mobil akan tetap pas dan tidak menyilaukan pengendara lainnya. Ketika menyetel, pantulkan lampu ke bidang atau tembok yang datar.

Baca juga: 10 Bagian Mesin Mobil yang Perlu Diperiksa Sebelum Mudik

Air Wiper

Cuaca yang tidak menentu mengharuskan pengendara untuk melakukan persiapan dan pengecekan sebelum bepergian. Salah satu yang perlu diperiksa adalah air wiper. Alasannya beberapa wilayah di Indonesia masih diguyur hujan.

Maka dari itu pastikan bahwa air wiper selalu dalam keadaan penuh. Dengan begitu kaca akan tetap bersih meskipun terkena air hujan.

Tambahan

Selain memastikan kondisi mobil dalam keadaan baik, jangan lupa untuk menjaga fisik Anda, terutama bila Anda yang mengemudi. Maka dari itu siapkan fisik Anda dengan istirahat cukup. Di samping itu simpan nomor telepon darurat, seperti nomor telepon polisi, jasa derek maupun pelayanan kesehatan.

Jangan lupa untuk menyiapkan makanan, minuman dan juga obat-obatan. Biasanya saat puncak arus balik beberapa jalanan akan macet. Maka dari itu menjadi hal yang penting untuk membawa konsumsi sehingga Anda bisa menyantapnya meskipun terjebak macet parah.

Jika ada rest area, sempatkan mampir untuk istirahat sejenak. Selain untuk melepas lelah, beristirahat sejenak juga bermanfaat untuk mendinginkan mesin. Tentunya Anda tidak ingin mesin kepanasan hingga menyebabkan mogok di tengah jalan.

Itulah beberapa persiapan sebelum perjalanan arus balik yang bisa Anda simak. Ingat, jangan memaksakan diri jika Anda merasa lelah untuk mengemudi. Akan lebih baik jika mencari tempat terdekat untuk beristirahat. Lebih baik terlambat pulang ke rumah daripada terjadi hal yang tidak diinginkan di jalan. Sekian, semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply